Pengembangan Domino Adventure dengan Model Teams Games Tournament melalui Pendekatan Design Thinking pada Pembelajaran Perubahan Wujud Zat Kelas VIII

Authors

  • Risca Shintya Putri PPG Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Avida Imatus Solikhah PPG Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Imma Silvia Yustiani PPG Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Mamik Masusil Qoiriyah PPG Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Ririn Setiyani PPG Sekolah Pascasarjana Universitas Negeri Malang
  • Supriyadi SMP Negeri 30 Malang
  • Oktavia Sulistina Universitas Negeri Malang https://orcid.org/0000-0002-6487-2575

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p450-510

Keywords:

Design Thinking, Teams Games Tournament, Domino Adventure, Perubahan Wujud

Abstract

Proses pembelajaran sangat dipengaruhi oleh motivasi siswa, yang berperan penting dalam menentukan efektivitas pembelajaran. Metode pembelajaran yang cenderung membosankan, seperti ceramah atau tugas yang berlebihan, dapat berdampak negatif pada pemahaman siswa. Oleh karena itu, untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa, diperlukan pendekatan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Salah satu model yang bisa diterapkan adalah pembelajaran berbasis game, seperti Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini adalah pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan metode Design Thinking, yang mempertimbangkan aspek emosional, estetika, dan interaksi antara sistem dan pengguna. Tujuan utama penelitian ini adalah mengembangkan media permainan Domino Adventure untuk meningkatkan keaktifan siswa dan hasil belajar mereka dalam topik Pembelajaran Perubahan Wujud. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dan pretest-posttest. Jenis data yang diperoleh berupa kuantitatif, mencakup penilaian dari ahli materi/media, tingkat kepraktisan, serta hasil belajar siswa. Hasil validasi model permainan Domino Adventure menunjukkan persentase rata-rata 84,82 persen, yang menandakan produk tersebut sangat valid. Uji kepraktisan menghasilkan persentase rata-rata 94,48 persen, yang menunjukkan produk ini sangat praktis digunakan, dan hasil n-gain sebesar 68,72 persen, yang menunjukkan bahwa media ini cukup efektif.

References

Akbar, S. (2017). Instrumen perangkat pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Anggoro, B. K., Hubeis, M., & Sailah, I. (2018). Information system interoperability maturity model. Bulletin of Social Informatics Theory and Application, 2(1), 22–33. https://doi.org/10.31763/businta.v2i1.103

Arini, A. D., & Sukriono, D. (2025). Peningkatan motivasi dan pemahaman PPKN siswa SMP melalui implementasi model PBL berbasis TGT. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(2), 248–259. https://doi.org/10.17977/um084v3i22025p248-259

Fauzi, A. H., & Sukoco, I. (2019). Konsep design thinking pada lembaga bimbingan belajar Smart Nesia Educa. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 37–45. https://doi.org/10.35138/organum.v2i1.50

Hanafi, Y., Taufiq, A., Saefi, M., Ikhsan, M. A., Diyana, T. N., Thoriquttyas, T., & Anam, F. K. (2021). The new identity of Indonesian Islamic boarding schools in the “new normal”: The education leadership response to COVID-19. Heliyon, 7(3). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e06549

Health and Safety in Employment Act 1992. (2013, December 16). Retrieved from http://www.legislation.govt.nz

Ilma, I. N., Sutrisno, S., & Lestari, L. P. (2025). Pengaruh model kooperatif tipe TGT berbantuan E-LKPD crossword puzzle terhadap hasil belajar IPA kelas VIII. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 19–27. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p19-27

Lastia, I. N. (2021). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS. Journal of Education Action Research, 5(1), 74–79.

Makrifah, A. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Kalikutuk. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3.

Ministry of Health. (2017). Looking at long-term residential care in a rest home or hospital: What you need to know. Wellington, New Zealand: Author.

Naimah, J., Winarni, D. S., & Widiyawati, Y. (2019). Pengembangan game edukasi Science Adventure untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7, 91–100. https://doi.org/10.24815/jpsi.v7i2.14462

Ni’matuzzuriyah, N. (2025). Implementasi model pembelajaran berbasis games TGT dalam meningkatkan partisipasi peserta didik pada mata pelajaran IPS. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 28–33. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p28-33

Pratiwi, W. R. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 4 pada Materi Perubahan Wujud Zat. Jurnal Citra Pendidikan, 4(4), 2129–2138. https://doi.org/10.38048/jcp.v4i4.4557

Stefanie. (2019, October 8). What a tangled web: Website versus webpage [Blog post]. Retrieved from http://blog.apastyle.org/apastyle/2014/10/what-a-tangled-web-website-versus-webpage.html

Sudimahayasa, N. (2015). Penerapan model pembelajaran TGT untuk meningkatkan hasil belajar, partisipasi, dan sikap siswa. Pendidikan dan Pengajaran, (1–3), 45–53.

Sugiata, I. W. (2018). Penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(2), 78–87.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sumarni, R. A., Kumala, S. A., & Widiyatun, F. (2022). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan kartu domino pada pokok bahasan fisika gerak. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 227–236.

Suwarno. (2019). Model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Psychology, 3(2), 110–122. https://doi.org/10.26623/philanthropy.v3i2.1622

Widayanti, W., Yuberti, Y., Irwandani, I., & Hamid, A. (2018). Pengembangan lembar kerja praktikum percobaan Melde berbasis project-based learning. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(1), 24–31. https://doi.org/10.24815/jpsi.v6i1.10908

Zen, E. L., & Starr, R. L. (2021). Variation and contact-induced change in Javanese phonology among multilingual children in Indonesia. Asia-Pacific Language Variation, 7(2), 295–119. https://doi.org/10.1075/aplv.20005.zen

Downloads

Published

02/11/2025

How to Cite

Putri, R. S., Solikhah, A. I., Yustiani, I. S., Qoiriyah, M. M., Setiyani, R., Supriyadi, S., & Sulistina, O. (2025). Pengembangan Domino Adventure dengan Model Teams Games Tournament melalui Pendekatan Design Thinking pada Pembelajaran Perubahan Wujud Zat Kelas VIII. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(3), 450–510. https://doi.org/10.17977/um084v3i32025p450-510

Issue

Section

Articles