Memahami Kebutuhan Belajar Generasi Z melalui Asesmen Personal Berbasis Artificial Intelegence
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p182-188Keywords:
Generasi Z, asesmen, AI ChatGPT, gaya belajar, Gen-ZAbstract
Penggunaan teknologi yang telah memasuki era AI menuntut pendidikan di Indonesia juga perlu ditingkatkan juga sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga perlu adanya pembahasan terkait penggunaan AI dalam proses belajar mengajar. Artikel ini bertujuan untuk memahami kebutuhan belajar Generasi Z secara umum dan membahas asesmen personal berbasis AI untuk Generasi Z. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan. Disebutkan bahwa bahwa Generasi Z memiliki kebutuhan belajar yang unik dan berbeda dengan generasi sebelumnya. Mereka menyukai pembelajaran interaktif, menggunakan teknologi, dan belajar hal-hal yang relevan dengan kehidupan mereka. Asesmen personal berbasis AI yang akan dibahas terdiri dari kuesioner, tes, dan analisis data dengan menggunakan AI ChatGPT. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data tentang kebutuhan belajar, gaya belajar, dan bakat. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan peserta didik terkait pengetahuan IPS. Analisis data menggunakan teknik AI ChatGPT untuk mengidentifikasi pola dan kebutuhan belajar peserta didik. Rekomendasi pembelajaran diberikan berdasarkan hasil analisis data. Uji coba asesmen personal berbasis AI menunjukkan bahwa asesmen ini cukup efektif dalam membantu memahami kebutuhan belajar peserta didik, memahami gaya belajar, maupun bakat peserta didik dan kemudian guru bisa memberikan rekomendasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan mereka berdasarkan data dari hasil assesmen.
References
Hamer, W. (2022). Memahami pola belajar generasi Z sebagai dasar pengembangan media pembelajaran IPS di IAIN Metro. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran, 8(1), 175–183. https://doi.org/10.30653/003.202281.231
Hastini, L. Y., Fahmi, R., Lukito, H., Program, M., Ilmu, D., & Unand, M. (2020). Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/JAMIKA.V10I1.2678
Hati, A. P., & Winardi, R. D. (2016). Perbandingan efektivitas antara metode pembelajaran berbasis masalah dengan metode pembelajaran tradisional terhadap tingkat pemahaman dan motivasi mahasiswa dalam perkuliahan pengauditan II. Repository UGM. https://etd.repository.ugm.ac.id/home/detail_pencarian/100985
Hidayatulloh, F. S. (2023). The relationship between workload, human resources planning, and teacher performance. Journal of Education and Teaching (JET), 4(1), 128–139. https://doi.org/10.51454/JET.V4I1.231
Kusumaningtyas, R., Sholehah, I. M., & Kholifah, N. (2020). Peningkatan kualitas pembelajaran guru melalui model dan media pembelajaran bagi generasi Z. Warta LPM, 23(1), 54–62. https://doi.org/10.23917/WARTA.V23I1.9106
Liah, A. N., Maulana, F. S., Aulia, G. N., Syahira, S., Nurhaliza, S., Rozak, R. W. A., & Insani, N. N. (2023). Pengaruh media sosial terhadap degradasi moral generasi Z. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(1), 68–73. https://doi.org/10.55904/NAUTICAL.V2I1.677
Lingga, R. A., Andriani, D. N., & Wirawan, Y. R. (2022). Pengaruh literasi digital terhadap hasil belajar mahasiswa Gen-Z di masa pandemi COVID-19. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1(1), 87–96. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA/article/view/2310
Marlin, K., Tantrisna, E., Mardikawati, B., Anggraini, R., Susilawati, E., Proses, T., Etika, P., Mahasiswa, K., Perguruan, D., Khairul, T., Yunus Batusangkar, M., Transportasi, P., & Bali, D. (2023). Manfaat dan tantangan penggunaan artificial intelligence (AI) Chat GPT terhadap proses pendidikan etika dan kompetensi mahasiswa di perguruan tinggi. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 5192–5201. https://doi.org/10.31004/INNOVATIVE.V3I6.7119
Mira Lestari, Kurnia, M., Zakir, S., Aulia Gusli, R., Gurun Aua, J., Putiah, K., Banuhampu, K., & Bukittinggi, K. (2024). Penerapan AI dalam pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 3 Bukittinggi. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan dan Bahasa, 2(1), 277–289. https://doi.org/10.61132/YUDISTIRA.V2I1.434
Mustika, A. Y., Amalia, M. R., Aulia, M. H., Putri, N. M., Alam, N. G., Amri, S. A., Syifani, S. S., Azzahra, S. P., & Aisyah, U. K. (2024). Penggunaan artificial intelligence (AI) dalam proses kegiatan belajar di mata kuliah IPA dasar mahasiswa pendidikan IPA Universitas Negeri Semarang. Jurnal Analis, 3(1), 112–122. https://jurnalilmiah.org/journal/index.php/analis/article/view/703
Mutaqin, F. M., Jubaedah, I., Koestianto, H., & Setiabudi, D. I. (2022). Efektif artificial intelligence (AI) dalam belajar dan mengajar. Seroja: Jurnal Pendidikan, 1(2), 128–138. https://doi.org/10.572349/SEROJA.V1I2.582
Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi media sosial dalam pembelajaran generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 80–86.
Nawawi, M. I. (2020). Pengaruh media pembelajaran terhadap motivasi belajar: Tinjauan berdasarkan karakter generasi Z. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: e-Saintika, 4(2), 197–210. https://doi.org/10.36312/E-SAINTIKA.V4I2.216
Oktavianus, A. J. E., Naibaho, L., & Rantung, D. A. (2023). Pemanfaatan artificial intelligence pada pembelajaran dan asesmen di era digitalisasi. Jurnal Kridatama Sains dan Teknologi, 5(02), 473–486. https://doi.org/10.53863/KST.V5I02.975
Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541–544. https://doi.org/10.33087/JIUBJ.V20I2.932
Putra, R. K. T., Saputro, F. R., Hakim, L., Ramadhan, Y., & Fuadin, A. (2023). Fenomena ChatGPT: Peningkatkan civic skill digital native generation. Nautical: Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 2(2), 140–147. https://doi.org/10.55904/NAUTICAL.V2I2.744
Rakhmah, D. N. (2020). Memahami generasi pasca millenial: Sebuah tinjauan praktik pembelajaran siswa. Masyarakat Indonesia, 46(1), 49–64. https://doi.org/10.14203/JMI.V46I1.866
Rosidah, C. T. (2018). Penerapan model problem based learning untuk menumbuhkembangkan higher order thinking skill siswa sekolah dasar. INVENTA: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 62–71. https://doi.org/10.36456/INVENTA.2.1.A1627
Suhelayanti, Emna, A., Misbah, Oviana Wati, & Ilahi, R. (2024). Pemanfaatan AI dalam pembuatan media dan asesmen pembelajaran IPAS. Jurnal Kolaborasi Akademika. https://bansigom.org/Jurnal/index.php/Bansigom_JKA/article/view/8/5
Tonis, Y. A., Busa, C., Ngra, M., Lalu, S. C., Putu, A. A., & Sugiantari, W. (2022). Identifikasi pendidikan karakter bagi generasi Z pada era Society 5.0. Prosiding Pekan Ilmiah Pelajar (PILAR), 2, 370–385. https://e-journal.unmas.ac.id/index.php/pilar/article/view/4454