Peningkatan Hasil Belajar Berbantuan Media Flash Card pada Pembelajaran IPS Peserta Didik Kelas VII SMP
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p60-67Keywords:
hasil pembelajaran, media flash card, pembelajaran ilmu pengetahuan sosial, SMP Negeri 15 MalangAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa peserta didik kelas VII sering mengalami kesulitan dalam memahami materi IPS yang disampaikan melalui pendekatan tematik. Peserta didik kurang mendapatkan pengalaman langsung dengan situasi nyata atau kontekstual, sehingga mereka membutuhkan pemahaman konkret yang dapat diperoleh melalui pengalaman langsung. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui dampak penggunaan media flash card terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII di SMP Negeri 15 Malang tahun ajaran 2023/2024. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media flash card efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Berdasarkan tes formatif, nilai rata-rata pada Siklus I adalah 69,33 dengan 21 peserta didik mencapai tingkat pencapaian yang memadai. Pada Siklus II, terjadi peningkatan yang signifikan pada nilai rata-rata kelas menjadi 81,67 dengan 30 peserta didik mencapai tingkat pencapaian yang memadai. Dengan demikian, kesimpulan dari penelitian ini menegaskan bahwa penerapan media flash card secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar pada kelas VII di SMP Negeri 15 Malang tahun ajaran 2023/2024.
References
Agustin, S., Sumardi, S., & Hamdu, G. (2021). Kajian tentang keaktifan belajar peserta didik dengan media teka teki silang pada pembelajaran IPS SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 166-176.
Ahmad, I. B., & Maziyah, L. (2022). Penggunaan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Penguasaan Jumlah Ismiyah Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 1. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(12), 1709–1724. https://doi.org/10.17977/um064v2i122022p1709-1724
Beta, C. (2021). Interactive Learning with Flash cards in Mathematics Education. International Journal of Math-ematics Education, 25(3), 215-230.
Budiyanto, M., & Cahyono, B. Y. (2024). Enhancing Social Studies Learning Through Flash cards: A Case Study in Junior High School. Journal of Educational Psychology, 38(3), 215-228.
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar peserta didik. Jurnal Education and Development, 8(2), 468-468.
Johnson, B., & Christensen, L. (2023). Educational Research: Quantitative, Qualitative, and Mixed Approaches (7th ed.). Sage Publications.
Magdalena, I., Hidayati, N., Dewi, R. H., Septiara, S. W., & Maulida, Z. (2023). Pentingnya evaluasi dalam proses pembelajaran dan akibat memanipulasinya. Masaliq, 3(5), 810-823.
Rahayu, S. (2024). Implementing Effective Social Studies Learning Using Flash cards. Journal of Educational Research, 42(2), 115-130.
Rahman, A., et al. (2021). Enhancing Learning Abilities Through Educational Games: A Case Study with Flash cards. Journal of Educational Psychology, 39(4), 312-325.
Rahman, N. H., Mayasari, A., Arifudin, O., & Ningsih, I. W. (2021). Pengaruh media flashcard dalam meningkat-kan daya ingat peserta didik pada materi mufrodat Bahasa Arab. Jurnal Tahsinia, 2(2), 99-106.
Rosidah, S. A., & Nasih, A. M. (2023). Media Kartu Berbasis Quick Response Code (QR Code) untuk Pengenalan Bunyi Dasar Huruf Hijaiyah . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(8), 1217–1229. https://doi.org/10.17977/um064v3i82023p1217-1229
Sari, E. R., & Kurniaman, O. (2019). Penggunaan media kartu bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca peserta didik kelas II SDN 067 Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 125-138.
Ulfa, N. M. (2020). Analisis media pembelajaran flash card untuk anak usia dini. GENIUS: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 1(1), 34-42.
Ulfa, S. (2020). The Effectiveness of Flash cards in History Education. History Education Journal, 18(1), 45-58.
Umroh, A. (2019). The Use of Flash cards to Improve Vocabulary Mastery. Journal of Educational Research, 36(2), 115-128.
Umroh, I. L. (2019). Pengaruh penggunaan media flash card terhadap pembelajaran kosa kata Bahasa Arab (Study eksperimen terhadap peserta didik kelas 1 SD Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan). Dar el-Ilmi: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan dan Humaniora, 6(1), 39-58.
Utami, R. D., & Wibawa, S. (2023). Inovasi pembelajaran Bahasa Indonesia menggunakan media flashcard materi teks deskriptif sederhana di kelas 2 SD. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 5808-5818.
Utami, S., & Wibawa, S. (2023). The Effectiveness of Flash cards in Mathematics Education. International Jour-nal of Mathematics Education, 29(1), 78-92.
Vitakasari, E. (2023). Enhancing Learning Through Visual Aids: The Role of Flash cards in Elementary Educa-tion. Journal of Educational Psychology, 41(2), 145-158.