Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Games TGT dalam Meningkatkan Partisipasi Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPS
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p28-33Keywords:
TGT, Partisipasi peserta didik, IPS, SMP Negeri 16 MalangAbstract
Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan mata pelajaran wajib dan penting bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Namun, partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran IPS sering kali rendah. Untuk mengatasi permasalahan ini, upaya yang dilakukan adalah dengan menerapkan model pembelajaran berbasis permainan, yaitu Teams Games Tournaments (TGT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil implementasi model pembelajaran berbasis games TGT dalam meningkatkan partisipasi peserta didik pada mata pelajaran IPS. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 8E di SMP Negeri 16 Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, studi dokumentasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran TGT secara signifikan meningkatkan tingkat partisipasi peserta didik dalam pembelajaran IPS. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan dapat meningkatkan minat dan keterlibatan siswa dalam proses belajar mengajar.
References
Andesti, T., & Jamna, J. (2021). The Influence of the Team Games Tournament (TGT) Learning Model on the Participation Level of Santri in Fiqh Subjects In Islamic Boarding Schools. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(1), 114-122.
Armidi, N. L. S. (2022). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD. Journal of Education Action Research, 6(2), 214-220.
Aziza, F. A., & Aliyyah, R. R. (2024). Upaya Peningkatan Kemampuan Mengingat Vocabulary Bahasa Inggris dengan Menggunakan Model Team Games Tournament Pada Siswa Kelas 3 di MI Tarbiyatul Falah. Karimah Tauhid, 3(3), 3646-3659.
Fenanlampir, A. (2021). The Effect of TGT Model on Student Cognitive Learning Outcomes: The Concept of Relay Running. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2595–2606. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1409
Julaeha, S., Erihardiana, M., Miftahul Khoer El-Istohari, Y., & Sunan Gunung Djati Bandung, U. (2022). Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal Model Pembelajaran dan Implementasi Pendidikan HAM Dalam Perspektif Pendidikan Islam dan Pendidikan Nasional.
Kagan, S., & Kagan, S. (1994). Cooperative learning. San Clemente: Kagan.
Li, M. P., & Lam, B. H. (2013). Cooperative learning. The Hong Kong Institute of Education, 1, 33.
Nuraida, I. (2021). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Telagasari Pada Mata Pelajaran Geografi. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 127-132.
Putra, D. W. A., & Wasito, A. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Terhadap Ketuntasan Belajar Shooting Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tulangan Sidoarjo). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 5(1).
Rachman, A. W. N. A., & Kartiko, D. C. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Ketuntasan Belajar Shooting Bola Basket. Jpok, 9(1), 193-203.
Robiatussadiyah, D., Fitriani, A. D., & Kosasih, A. Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar Menggunakan Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT). PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(3), 424-433.
Sahmar, S. W., Idawati, I., & Quraisy, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Motivasi, Keaktifan dan Hasil Belajar IPS pada Siswa Sekolah Dasar. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(4), 890-900.
Slavin, R. E.(2005). Cooperative Learning. Theory, Research and Practice, London: Allymand Bacon.
Wihartanti, A. R. (2022). Partisipasi peserta didik dalam pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar pada blended learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 367-377.