Pengaruh Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan E-LKPD Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p19-27Keywords:
Teams Games Tournament (TGT), crossword puzzle, hasil belajar, model pembelajaran IPA, E-LKPDAbstract
Tujuan penelitian ini adalah menuangkan hasil pengalaman praktik mengajar mandiri selama PPL PPG peneliti dalam meningkatkan hasil belajar IPA melalui model kooperatif tipe TGT berbantuan E-LKPD crossword puzzle. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 5 Malang dengan jumlah 32 orang dan objek penelitiannya hasil belajar peserta didik materi senyawa. Instrumen yang digunakan meliputi 1) pretest-posttest, 2) Lembar Kerja Peserta Didik, 3) lembar wawancara respon guru dan peserta didik terhadap pembelajaran, 4) lembar observasi, dan 5) dokumentasi. Untuk menjawab rumusan penelitian, analisis data yang digunakan merupakan data kuantitatif yang kemudian di deskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran koopertif tipe TGT berbantuan E-LKPD crossword puzzle yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan sosial mereka melalui kegiatan berkelompok dan meningkatkan keaktifan selama proses pembelajara.
References
Agustina, N. R., Priscylio, G., Rachman, F. A., & Effendi. (2020). The Use of TGT Cooperative Learning for Chemistry Learning On-Tenth-Grade Students. Unnes Science Education Journal, 9(1), 40–47. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/usej.v9i1.35761
Aisyah, N., Sasongko, P., & Fatkhurrohman, M. A. (2019). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Teka-Teki Silang (TTS) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Cakrawala, 13(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.24905/cakrawala.v13i2.200
Andung, H. K., Studi, P., Biologi, P., Keguruan, F., Ilmu, D., Kristen, U., Wacana, W., Silang, T., & Belajar, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Dilengkapi LKPD Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Tabundung. Best Journal (Biology Education, Science, Technology), 7(1), 239–245. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8564
Arifin, A. Y., & Khasairi, M. (2023). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Menggunakan Kartu Kata dan Teka-Teki Silang pada Siswa Kelas IX. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(11), 1559–1573. https://doi.org/10.17977/um064v3i112023p1559-1573
Ayaturrahman, A., & Karkono, K. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Jaring Laba-Laba Diksi Berbasis E-LKPD Aplikasi Canva pada Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas VIII. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(2), 137–145. https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p137-145
Ledia, S., & Bustam, B. M. R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 790–806. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.2708
Lusiana, D., & Rahayuningtyas, W. (2024). Kontradiksi Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 4 Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(3), 217–224. https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p217-224
Manasikana, O. A., Af’ida, N., Mayasari, A., & Siswant, M. B. E. (2022). Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran untuk Guru IPA SMP. in A. W. Wijayadi (Ed.), Экономика Региона (1st ed.). LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.
Maulidiawati, T., & Darmawan, P. (2024). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 150–156. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p150-156
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685
Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118–9126. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430
Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Della (ed.); 1st ed., Issue september 2016). Pascal Books.
Purba, D. B., Simanjuntak, H., Pardede, L., & Pardede, D. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3513–3523. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5206
Subechina, C., & Ratnawati, N. (2024). Integrasi Budaya Islam pada Pendekatan Culturally Relevant Teaching dalam Kurikulum Merdeka. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(5), 496–502. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p496-502
Syafruddin, M. A., & Herman, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Group Tournament) terhadap Kecerdasan Emosi Siswa MAN 2 Makassar. Jendela Olahraga, 5(1), 52–58. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.4267
Tangio, J. S., Said, A., & Paputungan, M. (2021). Perbedaan Hasil Belajar antara Siswa yang Diajar dengan Media Teka- Teki Silang (TTS) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Pada Materi Sistem Koloid. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(2), 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.34312/jjec.v3i2.10435
Wiji, S., Wadud, A. J., Saputra, H., & Nurul, I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 241–247. https://doi.org/https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.176