Pengaruh Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan E-LKPD Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII

Authors

  • Izza Nuril Ilma PPG Universitas Negeri Malang
  • Sutrisno Universitas Negeri Malang https://orcid.org/0000-0002-4266-2016
  • Lia Puji Lestari SMP Negeri 5 Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p19-27

Keywords:

Teams Games Tournament (TGT), crossword puzzle, hasil belajar, model pembelajaran IPA, E-LKPD

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menuangkan hasil pengalaman praktik mengajar mandiri selama PPL PPG peneliti dalam meningkatkan hasil belajar IPA melalui model kooperatif tipe TGT berbantuan E-LKPD crossword puzzle. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental dengan desain penelitian One Grup Pretest-Posttest. Penelitian ini menggunakan satu kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 5 Malang dengan jumlah 32 orang dan objek penelitiannya hasil belajar peserta didik materi senyawa. Instrumen yang digunakan meliputi 1) pretest-posttest, 2) Lembar Kerja Peserta Didik, 3) lembar wa­wancara respon guru dan peserta didik terhadap pembelajaran, 4) lembar observasi, dan 5) dokumentasi. Untuk menjawab rumusan penelitian, analisis data yang diguna­kan merupakan data kuantitatif yang kemudian di deskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran koopertif tipe TGT berbantuan E-LKPD crossword puzzle yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Selain itu juga dapat meningkatkan keterampilan sosial mereka melalui kegiatan berkelompok dan meningkatkan keaktifan selama proses pembelajara.

References

Agustina, N. R., Priscylio, G., Rachman, F. A., & Effendi. (2020). The Use of TGT Cooperative Learning for Chemistry Learning On-Tenth-Grade Students. Unnes Science Education Journal, 9(1), 40–47. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/usej.v9i1.35761

Aisyah, N., Sasongko, P., & Fatkhurrohman, M. A. (2019). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Teka-Teki Silang (TTS) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Cakrawala, 13(2), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.24905/cakrawala.v13i2.200

Andung, H. K., Studi, P., Biologi, P., Keguruan, F., Ilmu, D., Kristen, U., Wacana, W., Silang, T., & Belajar, H. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Division Dilengkapi LKPD Teka-Teki Silang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 1 Tabundung. Best Journal (Biology Education, Science, Technology), 7(1), 239–245. https://doi.org/https://doi.org/10.30743/best.v7i1.8564

Arifin, A. Y., & Khasairi, M. (2023). Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Menggunakan Kartu Kata dan Teka-Teki Silang pada Siswa Kelas IX. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(11), 1559–1573. https://doi.org/10.17977/um064v3i112023p1559-1573

Ayaturrahman, A., & Karkono, K. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Jaring Laba-Laba Diksi Berbasis E-LKPD Aplikasi Canva pada Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas VIII. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(2), 137–145. https://doi.org/10.17977/um064v4i22024p137-145

Ledia, S., & Bustam, B. M. R. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Reslaj: Religion Education Social Laa Roiba Journal, 6(1), 790–806. https://doi.org/10.47476/reslaj.v6i1.2708

Lusiana, D., & Rahayuningtyas, W. (2024). Kontradiksi Implementasi Kurikulum Merdeka Di SMP Negeri 4 Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(3), 217–224. https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p217-224

Manasikana, O. A., Af’ida, N., Mayasari, A., & Siswant, M. B. E. (2022). Model Pembelajaran Inovatif dan Rancangan Pembelajaran untuk Guru IPA SMP. in A. W. Wijayadi (Ed.), Экономика Региона (1st ed.). LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.

Maulidiawati, T., & Darmawan, P. (2024). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 150–156. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p150-156

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 659. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2685

Nurhayati, Egok, A. S., & Aswarliansyah. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 9118–9126. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3430

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (Della (ed.); 1st ed., Issue september 2016). Pascal Books.

Purba, D. B., Simanjuntak, H., Pardede, L., & Pardede, D. L. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Dengan Media Teka-Teki Silang (TTS) Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Lubuk Pakam. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3513–3523. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/innovative.v3i5.5206

Subechina, C., & Ratnawati, N. (2024). Integrasi Budaya Islam pada Pendekatan Culturally Relevant Teaching dalam Kurikulum Merdeka. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(5), 496–502. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p496-502

Syafruddin, M. A., & Herman, H. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Group Tournament) terhadap Kecerdasan Emosi Siswa MAN 2 Makassar. Jendela Olahraga, 5(1), 52–58. https://doi.org/10.26877/jo.v5i1.4267

Tangio, J. S., Said, A., & Paputungan, M. (2021). Perbedaan Hasil Belajar antara Siswa yang Diajar dengan Media Teka- Teki Silang (TTS) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Pada Materi Sistem Koloid. Jambura Journal of Educational Chemistry, 3(2), 33–39. https://doi.org/https://doi.org/10.34312/jjec.v3i2.10435

Wiji, S., Wadud, A. J., Saputra, H., & Nurul, I. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Teka Teki Silang Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Perkembangbiakan Tumbuhan. Journal of Instructional and Development Researches, 2(6), 241–247. https://doi.org/https://doi.org/10.53621/jider.v2i6.176

Downloads

Published

07/15/2024

How to Cite

Ilma, I. N. ., Sutrisno, S., & Lestari, L. P. . (2024). Pengaruh Model Kooperatif Tipe TGT Berbantuan E-LKPD Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar IPA Kelas VIII. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 3(1), 19–27. https://doi.org/10.17977/um084v3i12025p19-27

Issue

Section

Articles