Penerapan Media Interaktif Wordwall pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Authors

  • Rea Destiana PPG Universitas Negeri Malang
  • Purwanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p117-123

Keywords:

media interaktif, Wordwall, ilmu pengetahuan sosial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media interaktif Wordwall dalam pembel­ajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif dengan fokus pada deskripsi fenomena yang ada serta menghasilkan data deskriptif. Data penelitian diperoleh melalui lembar observasi dan wawancara yang dilakukan di sekolah bersama dengan guru kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif Wordwall membantu guru dalam merancang materi pembelajaran yang menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Selain itu, fitur-fitur yang disediakan oleh Wordwall juga memudahkan penggunaan bagi pemula. Namun, dalam pene­rapannya, terdapat beberapa kendala yang dihadapi, termasuk keterbatasan sarana dan prasarana, kurangnya penguasaan teknologi media interaktif oleh guru, dan kurangnya kesadaran siswa akan pentingnya memperhatikan guru selama proses pembelajaran, yang dapat mengganggu kelancaran pembelajaran.

Kata kunci: media interaktif; Wordwall; ilmu pengetahuan sosial

Application of Wordwall Interactive Media in Social Studies Learning

The objective of this study is to analyze the utilization of Wordwall interactive media in the context of learning Social Studies. The research employs a qualitative approach, with a focus on the description of existing phenomena and the generation of descriptive data. The research data was obtained through the utilization of observation sheets and interviews conducted at the educational establishment, in conjunction with the seventh-grade teacher. The findings indicated that the utilization of Wordwall interactive media assists teachers in the design of learning materials that are both interesting and easily comprehensible for students. Furthermore, the features provided by Wordwall also facilitate the use of the platform for novice users. However, in its implementation, several obstacles have been identified, including limited facilities and infrastructure, a lack of mastery of interactive media technology by teachers, and a lack of student awareness of the importance of paying attention to teachers during the learning process, which can disrupt the smooth running of learning.

Keyword: interactive media; Wordwall; social science

References

Aidah, N., & Nurafni, N. (2022). Analisis penggunaan aplikasi Wordwall pada pembelajaran IPA kelas IV di SDN ciracas 05 pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2).

Auna, H. (2024). Development of interactive learning media based on Wordwall games to increase motivation and elementary school students'learning interests. Journal Of Education and Culture (Jeac), 4(1), 84-102.

Azizah, H. N. (2020). Peningkatan penguasaan kosakata bahasa arab melalui penggunaan media word wall. ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 1(1), 1-16.

Bachry, H., Yuwono, J., & Utami, Y. T. (2018). Penggunaan media word wall untuk meningkatkan kemampuan menulis tegak bersambung (Studi single subject research pada siswa tunarungu kelas III Di SKh Negeri 02 Kota Serang Banten). Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa, 3(1).

Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi teknologi pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Wordwall website pada mata pelajaran PAI di masa penerapan pembelajaran jarak jauh: tinjauan pustaka. Tarbiyah Wa Ta'lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 192-205.

Lestari, S. R., Saleh, A. R., & Muchtar, M. (2023). Penggunaan media pembelajaran berbasis game Wordwall untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI SMA. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 399-407.

Miasari, R. S., Indar, C., Pratiwi, P., Purwoto, P., Salsabila, U. H., Amalia, U., & Romli, S. (2022). Teknologi pendidikan sebagai jembatan reformasi pembelajaran di Indonesia lebih maju. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 2(1), 53-61.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan media pembelajaran Wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860.

Olisna, O., Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). pengembangan game interaktif Wordwall untuk meningkatkan akhlak terpuji siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133-4143.

Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran Wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452-457.

Putra, L. D., Arlinsyah, N. D., Ridho, F. R., Syafiqa, A. N., & Annisa, K. (2024). Pemanfaatan Wordwall pada model game-based learning terhadap digitalisasi pendidikan sekolah dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 81-95.

Salim, B. S., Ivander, F., & Cahyadi, A. (2023). Kesiapan dan dampak penggunaan teknologi metaverse dalam pendidikan. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer dan Manajemen), 4(1), 48-57.

Widianto, E. (2021). Pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213-224.

Downloads

Published

05/31/2024

How to Cite

Destiana, R. ., & Purwanto, P. (2024). Penerapan Media Interaktif Wordwall pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(2), 117–123. https://doi.org/10.17977/um084v2i22024p117-123

Issue

Section

Articles