Metode Design Thinking pada Perancangan Media Pembelajaran Ular Tangga IPA (ULTAPA) sebagai Peluang Peningkatan Literasi dan Numerasi Siswa SMP
DOI:
https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p55-64Keywords:
penerapan Design Thinking, SMPN 28 Malang, literasi dan numerasiAbstract
Rendahnya minat belajar dan kemampuan intelegensi yang kurang berkembang pada peserta didik mencerminkan indikasi lemahnya literasi dan numerasi pada peserta didik. Guru hendaknya mencari tahu kebutuhan belajar siswa yang dapat digunakan untuk menguatkan literasi dan numerasi peserta didik melalui metode Design thinking (DT). DT adalah suatu metodologi desain untuk mengatasi masalah dengan cara memahami kebutuhan manusia yang terlibat dari segi perancangan tatap muka, terdapat lima tahap Design Thinking yaitu, Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. penerapan Design Thinking (DT) yang digunakan untuk mendapatkan media yang paling efektif dalam mengatasi masalah literasi dan numerasi pesertsa didik kelas IX di SMPN 28 Malang. Hasilnya diketahui media Ular Tangga IPA (ULTAPA) memungkinkan diterapkan guru untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi peserta didik kelas IX di SMPN 28 Malang.
Kata kunci: design thinking, media ULTAPA, literasi dan numerasi
Design Thinking Method in the Design of Learning Media Ular Tangga IPA (ULTAPA) as an Opportunity to Improve Literacy and Numeracy of Junior High School Students
Low interest in learning and underdeveloped intelligence abilities in students indicate weak literacy and numeracy in students. Teachers should find out students' learning needs which can be used to strengthen students' literacy and numeracy through the Design Thinking (DT) method. DT is a design methodology for solving problems by understanding the needs of the humans involved in terms of face-to-face design. There are five stages of Design Thinking, namely, Empathize, Define, Ideate, Prototype, and Test. application of Design Thinking (DT) which is used to obtain the most effective media in overcoming the literacy and numeracy problems of class IX students at SMPN 28 Malang. The results show that the Science Snakes and Ladders media (ULTAPA) allows teachers to apply it to improve the literacy and numeracy skills of class IX students at SMPN 28 Malang.
Keyword: design thinking, ULTAPA media, literacy and numeracy
References
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran.
Ayu, T. B., & Wijaya, N. (2023). Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Prototype Aplikasi Payoprint Berbasis Android. MDP Student Conference, 2(1), 68–75.
Blaikie, N., & Priest, J. (2019). Designing social research: The logic of anticipation. John Wiley & Sons.
Camburn, B., Viswanathan, V., Linsey, J., Anderson, D., Jensen, D., Crawford, R., Otto, K., & Wood, K. (2017). Design prototyping methods: state of the art in strategies, techniques, and guidelines. Design Science, 3, e13.
Darwanto, D., & Putri, A. M. (2021). Penguatan literasi, numerasi, dan adaptasi teknologi pada pembelajaran di sekolah:(sebuah Upaya Menghadapi Era Digital dan Disrupsi). Eksponen, 11(2), 25–35.
Dell’Era, C., Magistretti, S., Cautela, C., Verganti, R., & Zurlo, F. (2020). Four kinds of design thinking: From ideating to making, engaging, and criticizing. Creativity and Innovation Management, 29(2), 324–344.
Fazlika, J., Razi, F., & Lefrida, R. (2023). Story Board untuk Menampilkan Aplikasi GeoGebra dengan Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 3205–3215.
Fiqih, M. A. (2022). Peran pesantren dalam menjaga tradisi-budaya dan moral bangsa. PANDAWA, 4(1), 42–65.
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443.
Laksana, K. A., & Salim, I. R. (2023). Design of research reporting and data collection information system at public university using design thinking method. Jurnal Mantik, 7(3), 2775–2789.
Madawara, H. Y., Tanaem, P. F., & Bangkalang, D. H. (2022). Perancangan Ui/Ux Aplikasi Ktm Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 5(2), 111–125.
Maulidia, M., & Sanjani, M. A. F. (2023). Enhancing Educational Impact: Exploring Effective Media and Public Relations Techniques In Educational Institutions. Ar-Rosikhun: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(3), 214–225.
Moon, H., & Han, S. H. (2016). A creative idea generation methodology by future envisioning from the user experience perspective. International Journal of Industrial Ergonomics, 56, 84–96.
Nasution, I. P., & Sari, S. (2022). Peranan Ki Hajar Dewantara dalam Menanamkan Pendidikan Karakter pada Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia Prima (BIP), 4(2), 254–261.
Nguyen, T.-H., Pham, X.-L., & TU, N. T. T. (2021). The Impact of Design Thinking on Problem Solving and Teamwork Mindset in A Flipped Classroom. Eurasian Journal of Educational Research, 96(96), 30–50.
Novita, V., Latifa, S. E. R., Aditya, R., Safitri, R., & Fauzan, H. (2024). Perancangan UI/UX pada Aplikasi Jasa Rentak Motor (Saremo) Menggunakan Metode Design Thinking. Journal of Information Systems Management and Digital Business, 1(2), 123–132.
Putrawangsa, S., & Hasanah, U. (2022). Analisis capaian siswa Indonesia pada PISA dan urgensi kurikulum berorientasi literasi dan numerasi. EDUPEDIKA: Jurnal Studi Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–12.
Rohim, D. C. (2023). Strategi Penguatan Literasi dan Numerasi Siswa Di SDN Jatiroto 01 Kabupaten Pati. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 35–40.
Saragih, E. M., Astuti, D., & Silaen, N. E. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Quiz Team terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa pada SMP. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(3), 826–832.
Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi civitas akademik dalam implementasi merdeka belajar kampus merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915.
Siswadi, G. A. (2023). Konsep Kebebasan dalam Pendidikan Perspektif Rabindranath Tagore dan Relevansinya Bagi Pengembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Padma Sari: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(02), 97–108.
Subarjah, V. A., & Wahyu, A. P. (2022). Analysis and Design of User Interface and User Experience of Regional Tax Enterprise Resources Planning System with Design Thinking Method. Inform: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(2), 96–106.
Walter, S. (2022). User Journey Mapping. SitePoint Pty Ltd.
Wartoyo, F. X. (2022). Menakar korelatifitas merdeka belajar dengan sistem pendidikan nasional undang-undang nomor 20 tahun 2003 dan pancasila. Widya Pranata Hukum: Jurnal Kajian Dan Penelitian Hukum, 4(2), 140–153.
Weller, S. C., Vickers, B., Bernard, H. R., Blackburn, A. M., Borgatti, S., Gravlee, C. C., & Johnson, J. C. (2018). Open-ended interview questions and saturation. PloS One, 13(6), e0198606.
Wijaya, T. T., Cao, Y., Bernard, M., Rahmadi, I. F., Lavicza, Z., & Surjono, H. D. (2022). Factors influencing microgame adoption among secondary school mathematics teachers supported by structural equation modelling-based research. Frontiers in Psychology, 13, 952549.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1).