Pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan pemahaman konsep matriks siswa kelas X SMKN 2 Singosari
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v1i11p893-899Keywords:
Problem Based Learning, pemahaman konsep matriksAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matriks siswa kelas X SMKN 2 Singosari. Objek penelitian adalah siswa kelas X-RPL 1 di SMKN 2 Singosari semester gasal Tahun ajaran 2013/2014 dengan jumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK ) dan jenis penelitian yang digunakan menurut model yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart. Pembelajaran PBL dapat meningkatkan pemahaman konsep matriks siswa kelas X SMKN 2 Singosari melalui tahapan sebagai berikut: (1) orientasi siswa pada masalah, (2) mengorganisasi siswa untuk belajar, (3) membimbing pengalaman individual/kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan.
References
Arends, Richard. (2012). Learning to teach 9th edition. New York: McGraw-Hill Companies
Arikunto, Suharsimi, dkk. (2009). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: bumi aksara
Departemen Pendidikan Nasional. (2004). Pedoman penulisan karya ilmiah. Malang: UM Press
Fatchan, A. (2009). Metodologi penelitian kualitatif, beserta contoh proposal skripsi (Doctoral dissertation, tesis dan disertasi, Malang: Jenggala Pustaka Utama Universitas Negeri Malang).
Rusman, K., & Riyana, C. (2012). Pembelajaran Berbasis TIK Mengembangkan Profesionalita Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suherman, dkk. (2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung: JICA. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Trianto. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivis konsep: konsep, landasan, teristik-praktis dan implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka.