Proses berpikir siswa kelas X dalam menyelesaikan masalah nilai mutlak berdasarkan teori SWARTZ
DOI:
https://doi.org/10.17977/um067v1i11p844–854Keywords:
proses berpikir, penyelesaian masalah, nilai mutlak, Teori SwartzAbstract
Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa siswa banyak melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah nilai mutlak. Hal ini dapat dilihat di SMA Negeri 7 Malang, bahwa kurang dari 30 persen siswa mendapat nilai di atas 70. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa dalam memecahkan masalah nilai mutlak berdasarkan Teori Swartz. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir siswa dimulai dengan tahap menghasilkan ide,yakni siswa membentuk persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak.Selanjutnya siswa menjelaskan ide yang telah dibuat dengan menyusun ide yang telah dibentuk menjadi langkah-langkah penyelesaian masalah yang urut serta menjelaskan masing-masing tahapan penyelesaian masalah yang telah dibentuk. Selanjutnya, siswa menilai kelayakan ide-ide dengan menguraikan hal-hal yang mendasarinya dalam membentuk ide penyelesaian masalah. Pada tahap berpikir kompleks, siswa menuliskan kesimpulan dengan menentukan himpunan penyelesaian dari masalah nilai mutlak.
References
Akinmola, E. A. (2014). Developing Mathematical Problem Solving Ability: a Panacea for a Sustainable Development in the 21 St Century. International Journal of Education and Research, 2(2), 1-8.
Jesica, A. (2016). Proses berpikir matematis mahasiswa dalam mengonstruksi bukti dengan induksi matematika berdasarkan teori berpikir Swartz (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).
Kirk, PJ & Ward, M.E. (1999). Understanding North Carolina Test: Thinking Skill Level (Volume 6). North Carolina: North Carolina Department of Public Instruction.
NCTM. (2000). Executive Summary: Principles and Standars of School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematcs, Inc.
Supriadi, D., Mardiyana, M., & Subanti, S. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Berdasarkan Langkah Polya Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(2).
Swartz, R. J., Fischer, S. D., & Parks, S. (1998). Infusing the Teaching of Critical and Creative Thinking into Secondary Science: A Lesson Design Handbook. Critical Thinking Books and Software, PO Box 448, Pacific Grove, CA 93950-0448.