Kesesuaian Asesmen dengan Tahapan Perkembangan dan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p966-971Keywords:
tahapan perkembangan, kemampuan kognitif, asesmenAbstract
Proses pembelajaran melibatkan berbagai kegiatan pengukuran atau penilaian yang sistematis, yang digunakan untuk mengukur perkembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik. Agar penilaian bermakna, seorang guru harus memahami bahwa penilaian harus sesuai dengan tahapan perkembangan dan kemampuan kognitif peserta didik. Kesesuaian asesmen dengan tahapan perkembangan dan kemampuan peserta didik merupakan faktor penting yang mempengaruhi pencapaian hasil belajar mereka. Selain itu, umpan balik yang konstruktif sangat penting dalam proses penilaian karena dapat memotivasi peserta didik untuk memperbaiki kelemahan mereka baik dalam aspek pengetahuan maupun keterampilan, sehingga asesmen menjadi lebih bermakna dan terfokus pada peserta didik. Dalam menghadapi tantangan pendidikan saat ini, guru perlu menuangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam asesmen mereka. Penilaian yang menarik dan berdiferensiasi dapat mengakomodasi perkembangan dan kemampuan peserta didik dengan sistematis dan berkelanjutan.
References
Almadani, R., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan kognitif pada siswa sekolah dasar dengan literatur harian. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i1.72
Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044
Bazeley, P. (2013). Qualitative data analysis: Practical strategies. SAGE Publications.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. SAGE Publications.
Ilhami, A. (2022). Implikasi teori perkembangan kognitif Piaget pada anak usia sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Education, 7(1), 1–8.
Julrissani, A. (2020). Metodologi penelitian kualitatif: Teori dan praktik. Universitas Malang Press.
Julrissani, J. (2020). Karakteristik perkembangan bahasa dalam berkomunikasi siswa sekolah dasar di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 72–87. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.296
Magdalene, I., Sutrisno, B. T., Jabbar, H. A., Romahi, M. A., Al–Azis, M. M., & Darmadi, N. (2023). Perkembangan anak usia sekolah dasar untuk siswa kelas rendah sampai kelas tinggi. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(06), 2221–2229. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i06.999
Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2015). Qualitative research: A guide to design and implementation. Jossey-Bass.
Saldana, J. (2021). The coding manual for qualitative researchers. SAGE Publications.
Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6–7 tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.
Suwartini, Y., Boeriwati, E., & Rafli, Z. (2022). Pemahaman makna bahasa anak kelas 1 SD dalam pembelajaran online: Kajian psikolinguistik. Risenologi, 7(1), 16–23. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2022.71.266
Suhasri, H. A., Astuti, N. J., & A. (2023). Perkembangan bahasa dan sosial pada fase anak usia sekolah. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 120–126. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.38437
Swihadayani, N. (2023). Karakteristik siswa kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Sosial Teknologi, 3(6), 488–493. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.810
Syaprizal, M. P. (2021). Proses pemerolehan bahasa pada anak. Jurnal Al Hikmah, 10(4), 75–86.
Tracy, S. J. (2020). Qualitative research methods: Collecting evidence, crafting analysis, communicating impact. Wiley-Blackwell.
Yegidis, B. L., Weinberg, M., & Myers, L. L. (2020). Research methods for social workers. Columbia University Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.