Kesesuaian Asesmen dengan Tahapan Perkembangan dan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Authors

  • Susan Amalia Damayanti PPG Universitas Negeri Malang
  • Esti Untari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p966-971

Keywords:

tahapan perkembangan, kemampuan kognitif, asesmen

Abstract

Proses pembelajaran melibatkan berbagai kegiatan pengukuran atau penilaian yang sistematis, yang digunakan untuk mengukur perkembangan pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik. Agar penilaian bermakna, seorang guru harus memahami bahwa penilaian harus sesuai dengan tahapan perkembangan dan kemampuan kognitif peserta didik. Kesesuaian asesmen dengan tahapan perkembangan dan kemampuan peserta didik merupakan faktor penting yang mempengaruhi pencapaian hasil belajar mereka. Selain itu, umpan balik yang konstruktif sangat penting dalam proses penilaian karena dapat memotivasi peserta didik untuk memperbaiki kelemahan mereka baik dalam aspek pengetahuan maupun keterampilan, sehingga asesmen menjadi lebih bermakna dan terfokus pada peserta didik. Dalam menghadapi tantangan pendidikan saat ini, guru perlu menuangkan ide-ide kreatif dan inovatif dalam asesmen mereka. Penilaian yang menarik dan berdiferensiasi dapat mengakomodasi perkembangan dan kemampuan peserta didik dengan sistematis dan berkelanjutan.

References

Almadani, R., & Setiabudi, D. I. (2022). Pengembangan kognitif pada siswa sekolah dasar dengan literatur harian. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(1), 34–42. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i1.72

Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen pembelajaran pada kurikulum merdeka. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 8(1), 109–123. https://doi.org/10.56013/axi.v8i1.2044

Bazeley, P. (2013). Qualitative data analysis: Practical strategies. SAGE Publications.

Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. SAGE Publications.

Ilhami, A. (2022). Implikasi teori perkembangan kognitif Piaget pada anak usia sekolah dasar dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Education, 7(1), 1–8.

Julrissani, A. (2020). Metodologi penelitian kualitatif: Teori dan praktik. Universitas Malang Press.

Julrissani, J. (2020). Karakteristik perkembangan bahasa dalam berkomunikasi siswa sekolah dasar di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 72–87. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v4i1.296

Magdalene, I., Sutrisno, B. T., Jabbar, H. A., Romahi, M. A., Al–Azis, M. M., & Darmadi, N. (2023). Perkembangan anak usia sekolah dasar untuk siswa kelas rendah sampai kelas tinggi. COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 3(06), 2221–2229. https://doi.org/10.59141/comserva.v3i06.999

Merriam, S. B., & Tisdell, E. J. (2015). Qualitative research: A guide to design and implementation. Jossey-Bass.

Saldana, J. (2021). The coding manual for qualitative researchers. SAGE Publications.

Sabani, F. (2019). Perkembangan anak-anak selama masa sekolah dasar (6–7 tahun). Didakta: Jurnal Kependidikan, 8(2), 89–100.

Suwartini, Y., Boeriwati, E., & Rafli, Z. (2022). Pemahaman makna bahasa anak kelas 1 SD dalam pembelajaran online: Kajian psikolinguistik. Risenologi, 7(1), 16–23. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2022.71.266

Suhasri, H. A., Astuti, N. J., & A. (2023). Perkembangan bahasa dan sosial pada fase anak usia sekolah. Inspiratif Pendidikan, 12(1), 120–126. https://doi.org/10.24252/ip.v12i1.38437

Swihadayani, N. (2023). Karakteristik siswa kelas rendah sekolah dasar. Jurnal Sosial Teknologi, 3(6), 488–493. https://doi.org/10.59188/jurnalsostech.v3i6.810

Syaprizal, M. P. (2021). Proses pemerolehan bahasa pada anak. Jurnal Al Hikmah, 10(4), 75–86.

Tracy, S. J. (2020). Qualitative research methods: Collecting evidence, crafting analysis, communicating impact. Wiley-Blackwell.

Yegidis, B. L., Weinberg, M., & Myers, L. L. (2020). Research methods for social workers. Columbia University Press.

Downloads

Published

2024-09-02

How to Cite

Damayanti, S. A. ., & Untari, E. . (2024). Kesesuaian Asesmen dengan Tahapan Perkembangan dan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Journal of Language Literature and Arts, 4(9), 966–971. https://doi.org/10.17977/um064v4i92024p966-971

Issue

Section

Articles