Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SD Melalui Pembiasaan pada Pembelajaran Jarak Jauh

Authors

  • Kevinna Risqy Agma Widayat Universitas Negeri Malang
  • Sa’dun Akbar Universitas Negeri Malang
  • Imam Nawawi Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p447-455

Keywords:

strengthening character education, habits, attitudes and behaviors of students, penguatan pendidikan karakter, pembiasaan, sikap dan perilaku peserta didik

Abstract

Abstract: This research focuses on PPK (Strengthening Character Education) activities through habituation in distance learning and to interpreting the role of habituation in the context of PPK (Strengthening Character Education) in distance learning at SDN Kotalama 1 Kota Malang. In order for the results of this study to be more accurate, the researchers used mixed methods. The approach used is a quantitative approach and a qualitative approach. The results of this study are the role of PPK (Strengthening Character Education) activities through habituation in distance learning that is not maximal in seeing the attitudes and behavior of students directly. The role of PPK through habituation in distance learning, namely as a controller and introduction to various daily activities at home for students. The implementation of PPK through habituation is carried out every morning before learning activities begin.

Abstrak: Penelitian ini berfokus pada kegiatan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) melalui pembiasaan pada pembelajaran jarak jauh dan bertujuan untuk memaknai peranan pembiasaan dalam konteks PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) pada pembelajaran jarak jauh di SDN Kotalama 1 Kota Malang. Agar hasil penelitian ini menjadi lebih akurat maka peneliti menggunakan metode penelitian campuran atau mixed methods. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu peranan kegiatan PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) melalui pembiasaan pada pembelajaran jarak jauh kurang maksimal dalam melihat sikap dan perilaku peserta didik secara langsung. Peranan PPK melalui pembiasaan pada pembelajaran jarak jauh yaitu sebagai pengontrol dan pengenalan berbagai kegiatan sehari-hari di rumah bagi peserta didik. Pelaksanaan PPK melalui pembiasaan dilaksanakan setiap pagi sebelum kegiatan pembelajaran dimulai, guru memberikan kegiatan melalui grup whatsapp dan peserta didik mengirimkan bukti berupa foto atau video saat melaksanakan kegiatan PPK kepada guru.

References

Affan, M. Husin, & Maksum, Hafidh. (2016). Mambangun Kembali Sikap Nasionalisme Bangsa Indonesia dalam Menangkal Budaya Asing di Era Globalisasi. Jurnal Pesona Dasar: Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Syiah Kuala. 3(4), 65-72.

Akbar, S. (2011). Revitalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Pidato Pengukuhan Guru Besar Dalam Bidang Ilmu Pendidikan/Pendidikan Dasar. Malang: Universitas Negeri Malang.

Akbar, S. (2016). Best Practices Pendidikan Karakter. Seminar Nasional Jurusan KSDP Prodi S1 PGSD. Malang: Universitas Negeri Malang.

Akbar, S. (2016). Internalisasi Nilai-nilai Kebaikan dalam pembelajaran di Kelas SD. Seminar Nasional Jurusan KSDP Prodi S1 PGSD. Malang: Universitas Negeri Malang.

Akbar, S. (2016). Model Pembelajaran Nilai dan Karakter Berbasis Nilai-nilai Kehidupan di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Jurusan KSDP Prodi S1 PGSD. Malang: Universitas Negeri Malang.

Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Barnawi & Arifin, M. (2012). Strategi & Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Fitri, A. Z. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal.

Samani, M. & Hariyanto. (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Jambi: Pusaka Jambi.

Tim Penulis. (2017). Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang.

Tim PPK. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementrian Republik Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

26-07-2021

How to Cite

Widayat, K. R. A. ., Akbar, S. ., & Nawawi, I. . (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa SD Melalui Pembiasaan pada Pembelajaran Jarak Jauh. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(6), 447–455. https://doi.org/10.17977/um065v1i62021p447-455

Issue

Section

Articles