MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS KARYA MANDIRI DALAM MEMBANGUN KREATIVITAS ANAK DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.17977/um065.v4.i10.2024.7Keywords:
curriculum management, independent work, student creativityAbstract
Abstract: This study aims to determine independent work-based curriculum management,
efforts to build students' creativity and student characteristics. This study uses a
qualitative method with a type of case study. Data collection was carried out by
interview, observation, and documentation. The findings of this study include the
curriculum management process of independent work, independent work
produced by students and the characteristics or creativity of early childhood
References
Adipratama, Z. dkk. 2018. Manajemen Kurikulum Terpadu Di Sekolah Alam Berciri Khas Islam. Jurnal Administrasi Dan
Manajemen Pendidikan. (Online),1(3), 372–380, (http://journal2.um.ac.id/index.php/jamp/), diakses pada 16 Juni
Aisyah, D. S. 2017. Strategi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini dalam Menciptakan Produk (Hasta Karya) (Studi
Kualitatif di PAUD Harapan Kecamatan Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang). Jurnal Pendidikan Islam Rabbani. 1(1),
(https://journal.unsika.ac.id/index.php/rabbani/article/view/773), diakses pada 10 Agustus 2020
Larasaty, A.R, dkk. 2015. Manajemen Kurikulum Pada Sekolah Dasar Plus Rahmat Di Kota Kediri. Jurnal Administrasi Dana
Manajemen Pendidikan. (Online), 1-14, (http://karyailmiah.um.ac.id/index.php/ASP/article/view/39166) diakses
pada 16 Juni 2020
Mulyasa, E., & Mulyasa.H.E. 2014. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Pamadhi, H. 2017. Ruang Lingkup Seni Rupa Anak. Modul 1. (Online), (http://repository.ut.ac.id/4712/1/PAUD4403-M1.pdf),
diakses pada 10 Agustus 2020.
Permendikbud RI Nomor 146 TahunTentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. (Online).
http://paud.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2016/04/Permendikbud-146-Tahun-2014.pdf , dikases pada 22
Juni 2020.
Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 4(10), 2024
Permendikbud RI Nomor 15 Tahun 2018 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah.
permendikbud. (Online). http://simpuh.kemenag.go.id/regulasi/permendikbud_15_18.pdf diakses p ada 28 Februari
Permendikbud RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Pendidikan.pelayanan.jakarta.(Online).https://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/peraturan-pemerintahnomor-19-tahun-2005-tentang-standar-pendidikan-nasional.pdf diakses pada 28 Februari 2020
Rachmawati. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: PT Fajar Interpratama
Offset.
Suryana, D. D. M. P. 2014. Hakikat Anak Usia Dini.Jurnal Dasar-Dasar Pendidikan TK. (Online), 1, 1–65,
(http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/PAUD4107-M1.pdf), diakses pada 5 Juli 2020.
Suyadi., & Dahlia. 2015. Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013 Program Pembelajaran Berbasis Multiple
Intelligences. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Triwiyanto. 2015. Manajemen Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Ulfatin, N. 2015. Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.
Undang-undangnomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. kelembagaanristekdikti.(Online).
http://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wpcontent/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf diakses pada 28 Februari
Wedan, M. 2016. Penyusunan Program Semester PAUD.Silabus.mpi Media Pendidikan Indonesia. (Online).
(https://silabus.org/penyusunan-program-semester-paud/), diakses pada 21 Juni 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.