Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kejenuhan Belajar Selama Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama Negeri

Authors

  • Ivvatul Ihda Qurrotul Aini Universitas Negeri Malang
  • Djoko Budi Santoso Universitas Negeri Malang
  • Henny Indreswari Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um065v2i52022p410-421

Keywords:

parental social support, learning boredom, online learning, dukungan sosial orang tua, pembelajaran daring, kejenuhan belajar

Abstract

Abstract: This study aims to determine: (1) the level of parental social support at SMP Negeri 1 Jabung, (2) the level of student learning saturation during online learning at SMP Negeri 1 Jabung, (3) the relationship between parental social support and student learning saturation during online learning at SMP Negeri 1 Jabung. This study uses a quantitative approach with the type of descriptive correlational research. The population in this study were all eighth grade students of SMP Negeri 1 Jabung. Sampling using proportional stratified ramdom sampling technique with a total sample of 139 people. The data were obtained using the parental social support scale and the learning saturation scale. The scale has met the validity and reliability tests. The data collected were analyzed with the help of the IBM SPSS Version 26 program. The results showed that: (1) the level of social support from parents of students was in the moderate category with a percentage of 66.9 percent, (2) the level of student learning saturation was in the medium category with the percentage of 82.0 percent, and (3) there is a significant negative relationship between parental social support and student learning saturation, during online learning at SMP Negeri 1 Jabung, with a significance value of 0.000 which means that the significant value is less than 0 0.05 (0.000 less than 0.05) and a correlation value of -0.563.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat dukungan sosial orang tua di SMP Negeri 1 Jabung, (2) tingkat kejenuhan belajar siswa selama pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Jabung, (3) hubungan antara dukungan sosial orang tua dengan kejenuhan belajar siswa selama pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Jabung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII siswa SMP Negeri 1 Jabung. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified ramdom sampling dengan jumlah sampel sebanyak 139 orang. Data diperoleh dengan menggunakan skala dukungan sosial orang tua dan skala kejenuhan belajar. Skala tersebut sudah memenuhi uji validitas dan uji reabilitas. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan program IBM SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat dukungan sosial orang tua siswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 66,9 persen, (2) tingkat kejenuhan belajar siswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 82,0 persen, dan (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan kejenuhan belajar siswa, selama pembelajaran daring di SMP Negeri 1 Jabung, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang dapat diartikan bahwa nilai signifikan lebih kecil dari 0,05 (0,000 kurang dari 0,05) dan nilai kolerasi sebesar -0,563.

References

Agustin, M. (2009). Model Konseling Kognitif-Perilaku untuk Menangani Kejenuhan Belajar Mahasiswa (Studi Pengembangan Model Konseling pada Mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia Tahun Akademik 2008/2009). Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia. Dari http://file.upi.edu/direktori/fip/jur._pgtk/197708282003121-mubiar _agustin/laporan_hibah_doktor-mubiar-/artikel_mubiar.pdf

Agustina, P., Bahri, S., & Bakar, A. (2019). Analisis faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar pada siswa dan usaha guru BK untuk mengatasinya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling. 4(1). 96-102. Dari http://www.jim. unsyiah.ac.id/pbk/article/view/7153.

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara school engagement, academic self-efficacy dan academic burnout pada mahasiswa. Jurnal Psikologi. 1(2). 81-102. Dari https://journal.maranatha. edu/index. php/humanitas/article/view/418.

Fatmawati, F. (2018). Hubungan Antara Kejenuhan Belajar Dengan Stres Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(4). 462-467. DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i4. 4666.

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran. 8(3). 496-503. Dari https://journal. unesa.ac.id/index.php/jpap/article /view/8503.

Kurnia, D. (2021). Dinamika Gejala Kejenuhan Belajar Siswa Pada Proses Belajar Online Faktor Faktor Yang Melatarbelakangi Dan Implikasinya Pada Layanan Bimbingan Keluarga. Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1-10. Dari https://jurnalp4i.com/index.php/teaching/article/view/70.

Kurniawan, D. R., Akbar, S. N., & Rusli, R. (2020). Hubungan Interaksi Teman Sebaya Dengan Kejenuhan Belajar Pada Santri Aliyah Pondok Pesantren Al Falah Putra Banjarbaru. Jurnal Mahasiswa Psikologi Online. 1(1). 48-54. Dari https://ppjp.ulm.ac.id/journals/index.php/ kog/article/download/1388/1119.

Kurniawan, F. F. (2019). Pengaruh Konsep Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Kejenuhan Belajar Pada Siswa Di Sma Negeri Se-Wilayah Semarang Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. (Online), (http://lib.unnes. ac.id/34286/).

Mailita, M., Basyir, M. N., & Abdullah, D. (2016). Upaya Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Kejenuhan Belajar Siswa di SMP Negeri Banda Aceh. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 1(2). 14-26. Dari http://www.jim.unsyiah.ac.id/ pbk/article/viewFile/1754/1136.

Maslihah, S. 2011. Studi tentang Hubungan Dukungan Sosial, Penyesuaian Sosial di Lingkungan Sekolah dan Prestasi Akademik Siswa SMPIT Assyfa Boarding School Subang Jawa Barat. Jurnal Psikologi, 10(2), 103-114. Dari https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psiko logi/article/view/2848.

Mauliddya, S. A., & Rustam, A. (2019). Peran Dukungan Sosial Orang Tua terhadap Prestasi Akademis melalui Mediasi Motivasi Belajar Intrinsik. Gadjah Mada Journal of Psychology. 5(2). 166-177. Dari https://journal.ugm.ac.id/gamajop/ article/view/50570.

Muna, N. R. (2016). Efektifitas Teknik Self Regulation Learning Dalam Mereduksi Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa Di Sma Insan Cendekia Sekarkemuning Cirebon. Jurnal Holistik, 14(2). 57-78.

Pantow, P. J., Naharia, M., & Kumaat, T. D. (2020). Psychological Well-Being Penyintas Covid-19 Di Kota Bitung. Psikopedia. 1(1). 37-43. Dari https://ejurnal.unima.ac.id/index.php/psikopedia/article/view/ 1615.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an. 7(2). 297-302. Dari https://journal.upy.ac.id/index.php /es/article/view/768.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2). 214-224. https://repository.unja.ac.id/15758/1/pembela jaran%20daring%202020.pdf

Santoso, D. B. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Malang. Jurusan BK FIP UM.

Sarafino, E. P., & Smith T. W . (2010). Health Psychology Biopsychosocial Interactions. Seventh Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc.

Schaufeli, W. B., dkk. (2002). Burnout and Engagement in Univesity Students: A Cross-National Study. Journal of Cross-Curtural Psychology, 33(5), 464-481. DOI: https://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177 /0022022102033005003.

Siska, M., Solfema, S., & Aini, W. (2018). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Hasil Belajar Santri di MDA Nurul Haq Nagari Cubadak Kecamatan Dua Koto Kabupaten Pasaman. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 6(2) 238-244. Dari http://ejournal. unp.ac.id/index.php/pnfi/article/view/9053.

Suciani, D., & Safitri, S. (2014). Hubungan dukungan sosial dengan motivasi belajar pada mahasiswa Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi Esa Unggul. 12(02). 43-47. Dari https://www.esaunggul.ac.id/ wp-content/uploads/2019/10/UEU-Journal-1073 011_0032.pdf

Vina, M. (2021). Pengaruh Konsep Diri Dan Dukungan Sosial Terhadap Kejenuhan Belajar Dalam Jaringan Pada Mahasiswa Dimasa Pandemi Covid-19. (Online). Dari http://repository. radenintan.ac.id/13364/.

Wahyuni, E. D. (2018). Faktor-Faktor Penyebab Tingkat Kejenuhan Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) pada Jurusan PGSD di Universitas Islam Balitar. Konstruktivisme: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 10(2), 154-162.

Yunus, N. R., & Rezki, A. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lock Down Sebagai Antisipasi Penyebaran Corona Virus Covid-19. Jurnal Sosial dan Budaya Syar-I. 7(3). 227-238.

Zulkarnain, Z., & Ruhaena, L. (2021). Hubungan Motivasi Belajar, Regulasi Diri, Dukungan Sosial dengan Academic Burnout Siswa pada Masa Pandemi Covid-19. Skripsi. (Online), (http://eprints.ums.ac.id /94849/).

Downloads

Published

30-05-2022

How to Cite

Aini, I. I. Q., Santoso, D. B., & Indreswari, H. (2022). Hubungan Dukungan Sosial Orang Tua dengan Kejenuhan Belajar Selama Pembelajaran Daring di Sekolah Menengah Pertama Negeri . Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(5), 410–421. https://doi.org/10.17977/um065v2i52022p410-421

Issue

Section

Articles