Pengembangan Variasi Keterampilan Passing Bebentuk Multimedia Interaktif Untuk Ekstrakurikuler Futsal di SMA Negeri 02 Batu

Authors

  • Elisa Bella Widiarti Universitas Negeri Malang
  • Eko Hariyanto Universitas Negeri Malang
  • Hariyoko Hariyoko Universitas Negeri Malang
  • Lokananta Teguh Hari Wiguno Universitas Negeri Malang

Keywords:

variation of passing, futsal, interactive multimedia, multimedia interaktif

Abstract

Abstract: Fustal is a sport that requires accuracy, speed and teamwork, this is due to the small number of players and the relatively small size of the field. The purpose of this research is to develop variations in passing skills for futsal extracurricular students in the form of interactive multimedia in the form of the Articulate Storyline application. So that with the development of this variety of passing skills it can help students learn and practice the material independently and help futsal extracurricular trainers deliver material effectively. This study used development research methods, the data obtained in this study produced qualitative data and quantitative data. The results showed that the average results obtained from media expert validation were 94.6%, futsal expert validation was 86%, and product trials were 88.6%. From this study it can be concluded that the development of variations in passing skills in the form of interactive multimedia for futsal extracurricular students at SMA Negeri 02 Batu is feasible to use without revision.

Abstrak: Fustal merupakan olahraga yang membutuhkan ketepatan, kecepatan, dan kerjasama tim, hal itu disebabkan sedikitnya jumlah pemain serta ukuran lapangan yang relatif kecil. Adapun tujuan dengan adanya penelitian ini adalah untuk mengembangkan variasi keterampilan passing pada siswa ekstrakurikuler futsal dalam bentuk multimedia interaktif berupa aplikasi Articulate Storyline. Sehingga dengan adanya pengembangan variasi keterampilan passing ini dapat membantu siswa untuk mempelajari serta mempraktikkan materi tersebut secara mandiri serta membantu pelatih ekstrakurikuler futsal dalam menyampaikan materi secara efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan, data yang diperoleh pada penelitian ini menghasilkan data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil rata-rata yang diperoleh dari validasi ahli media yaitu 94,6%, validasi ahli futsal yaitu 86%, dan uji coba produk yaitu 88,6%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan variasi keterampilan passing berbentuk multimedia interaktif untuk siswa ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 02 Batu layak untuk digunakan tanpa adanya revisi.

References

Akbar, S., & Sriwiyana, H. (2011). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan (IPS). Yogyakarta: Cipta Media.

Andika, S. G., Kusnadi, K., & Sokibi, P. (2020). SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK SISWA SMA MENGGUNAKAN METODE SIMPLE MULTI ATTRIBUTE RATING TECHNIQUE (STUDI KASUS : SMA SANTA MARIA CIREBON). Jurnal Digit, 9(1). https://doi.org/10.51920/jd.v9i1.133

Arjun Fetru. (2020). MODEL LATIHAN PASSING FUTSAL UNTUK PUTRI TINGKAT SEKOLAH MENENGAH ATAS. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 11(02).

Daulay, B., & Daulay, S. S. (2018). Pengembangan Variasi Latihan Kombinasi Passing dan Smash dalam Bola Voli. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 20(1). https://doi.org/10.24114/jptk.v20i1.11040

Hadza, C., Sesrita, A., & Suherman, I. (2020). DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA BASED ON ARTICULATE STORYLINE. Indonesian Journal of Applied Research (IJAR), 1(2). https://doi.org/10.30997/ijar.v1i2.54

Hambali, M., & Yulianti, E. (2018). Ekstrakurikuler Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik Di Kota Majapahit. Pedagogik, 5(2), 193–208.

Hamzah, B., Hadiana, O., & Muhammadiyah Kuningan, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Passing Dalam Permainan Futsal. JUARA : Jurnal Olahraga, 3(1), 1–7.

Indirawati, L. (2021). Articulate Storyline; Interactive Teaching Tools. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 24–35.

Istiqlal, M. (2017). PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. JIPMat, 2(1).

Jaenudin, J., Rusdiana, A., & Kusmaedi, N. (2018). Pengembangan Media Latihan Passing Berbasis Arduino Uno dalam Cabang Olahraga Futsal. Jurnal Terapan Ilmu Keolahragaan, 3(1). https://doi.org/10.17509/jtikor.v3i1.9925

Khasanah, K., & Rusman, R. (2021). Development of Learning Media Based on Smart Apps Creator. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1006–1016.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-based instructional design : computer-based training, web-based training, distance broadcast training, performance-based solutions. 445.

Magrisa, T., Wardhani, K. D. K., & Saf, M. R. A. (2018). Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 13(1).

Mahardika, A., & Heynoek, F. P. (2019). Proseding FIK-UM 2018 Implementasi Olahraga, Kesehatan dan Pendidikan Jasmani Terhadap Upaya Peningkatan Karakter Anak Bangsa. ResearchGate, (July 2018).

Maruloh. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil. Jurnal Teknik Informatika, II(2), 136–142.

Muarif, M. (2021). Pengembangan Media Audio Visual Latihan Passing dalam Permainan Futsal. Jurnal Cerdas Sifa Pendidikan, 10, 16–23. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id

Nanda. (2006). Jurnal “GEA” Jurusan Pendidikan Geografi Vol. 6, No.1. Jurnal Geografi, Pendidikan Pembelajaran, Dalam Di, Geografi, 6(1), 1–9.

Nurmadiah, N. (2016). MEDIA PENDIDIKAN. Al-Afkar : Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1). https://doi.org/10.28944/afkar.v5i1.109

Pamungkas, I. A., & Dwiyogo, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Learning Untuk Aktifitas Kesegaran Jasmani Siswa kelas X Sekolah Menengah Kejuruhan. Sport Science and Health, 2(5), 272–278. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jfik/article/view/11828

Pradana, J. S., Farhanto, G., & Setiawan, W. (2018). Pengembangan Variasi Latihan Ladder Drill Pada Peserta Ekstrakurikuler Sepakbola Semester Ganjil SDN 1 Cluring Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 3(2).

Praheto, B. E., Andayani, Rohmadi, M., & Wardani, N. E. (2017). Peran Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Di PGSD. The 1st Education and Language International Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula (ELIC 2017).

Putri, W. J., Husen, M., & Nurhasanah. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER (SUATU PENELITIAN KAJIAN LITERATUR). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling.

Ramadhan, A., & Bulqini, A. (2018). Analisis Receive pada Pertandingan Final Sepak Takraw Pomda Jatim 2017. JSES : Journal of Sport and Exercise Science, 1(1). https://doi.org/10.26740/jses.v1n1.p13-19

Ramadhan, C. U., Widiastuti, W., & Samsudin, S. (2019). MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN PASSING FUTSAL BERBASIS PERMAINAN UNTUK SMA. Jurnal Pendidikan Olahraga, 8(1). https://doi.org/10.31571/jpo.v8i1.1219

Septian, D. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains (JPFS), 2(1).

Setiawan, W. A., Festiawan, R., Heza, F. N., Kusuma, I. J., Hidayat, R., & Khurrohman, M. F. (2021). Peningkatan Keterampilan Dasar Futsal Melalui Metode Latihan Passing Aktif dan Pasif. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(2), 270–278. Retrieved from https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/jpkr/article/view/1066

Setyaningsih, S., Rusijono, R., & Wahyudi, A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Kerajaan Hindu Budha di Indonesia. Didaktis: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan, 20(2).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfa Beta.

Syafaruddin, S. (2019). TINJAUAN OLAHRAGA FUTSAL. Altius : Jurnal Ilmu Olahraga Dan Kesehatan, 7(2).

Wijaksono, H., Samodra, Y. T. J., & Gustian, U. (2020). Variasi Latihan Untuk Mengembangkan Kemampuan Passing Dalam Permainan Futsal. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(7).

Downloads

Published

24-11-2023

Issue

Section

Articles