Perilaku Dokter dan Perawat dalam Pelayanan Kesehatan selama Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit PHC Surabaya
Keywords:
Health care behavior, Doctor, Nurse, Perilaku pelayanan kesehatan, Dokter, PerawatAbstract
Abstract: The COVID-19 pandemic has changed everything, including hospitals' attitudes and behavior in providing health services to the community. This study examined PHC Hospital doctors and nurses' COVID-19 pandemic behavior. This cross-sectional descriptive observational study was conducted from May to September 2023. The Robin and Judge seven-parameter theory was used to create this questionnaire. This research found five behaviors doctors and nurses must exhibit: understanding and implementing the profession's primary duties and functions, being fully committed to responsibility and primary duties, innovation, and being brave enough to take risks according to competence, teamwork, and patient health and safety. PHC Hospital's doctors and nurses have these five behaviors with a "High" criteria score. Capacity building is required to maintain the quality of doctors and nurses' five behaviors at PHC Surabaya Hospital. One limitation of this study was communication issues between researchers, stakeholders, and respondents, so data collection took a long time.
Abstrak: Pandemi Covid – 19 telah membawa perubahan yang besar dalam seluruh aspek kehidupan masyarakat, salah satunya yaitu perubahan sikap dan perilaku rumah sakit dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku dokter dan perawat dalam pelayanan kesehatan dimasa pandemi covid-19 di Rumah Sakit PHC. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan cross-sectional, yang dilakukan pada bulan Mei hingga September 2023. Penelitian ini menggunakan kuesioner berdasarkan teori tujuh parameter oleh Robbin dan Judge. Hasil penelitian ini menghasilkan lima jenis perilaku yang wajib dimiliki oleh dokter dan perawat yaitu, memahami dan melaksanakan tupoksi profesi, berkomitmen secara penuh terhadap tanggung jawab dan tupoksi, inovatif dan berani mengambil risiko sesuai kompetensi, teamwork, dan berorientasi terhadap kesehatan dan keselamatan pasien. Dokter dan perawat di Rumah Sakit PHC memiliki lima perilaku tersebut dengan nilai kriteria “Tinggi”. Capacity Building diperlukan untuk mempertahankan kualitas lima perilaku dalam memberikan pelayanan kesehatan oleh dokter dan perawat di Rumah Sakit PHC Surabaya. Keterbatasan dalam penelitian ini adalah adanya kendala komunikasi sehingga pengambilan data berlangsung cukup lama.
References
Anggraini, Zaskia Tristiana, and Elva Nuraina. 2014. “Penerapan Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Harjono Ponorogo.” Assets: Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan 3(2):153–63. doi: 10.25273/jap.v3i2.1220.
Anhar, and Anhar Aprianti. 2022. “Pengaruh Komunikasi dan Teamwork (Kerjasama Tim) terhadap Kinerja Perawat pada Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Bima.” 1–9.
Damayanti, Fitriani Nur, Budi Santosa, and Ta’adi. 2022. “Profesionalisme Tenaga Kesehatan dalam Penanganan Kegawatdaruratan Covid-19.” Jurnal Hukum Kesehatan Indonesia 2(1):30–36.
Depkes RI. 2022. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2021.
Diwanti, Dyah Pikanthi, and Sarifudin Sarifudin. 2021. “Pengaruh Capacity Building Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Kompetensi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Kasus Pegadaian Syariah Wilayah Yogyakarta Dan Sekitarnya).” NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial 8(3):144–57. doi: 10.31604/jips.v8i3.2021.144-157.
Grindle, M. S. 1997. Getting Good Government Capacity Building In The Public Sector of Developing Countries. Boston: Harvard Institute for International Development.
Irnanda, Carissa Putri, and Albert Surya Wanasida. 2022. “Profesionalisme Dokter Dan Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Dan Klinik Kota Malang.” Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo 8(2):287–96. doi: 10.29241/jmk.v8i2.1026.
Jaghargh, F. Z., H. Ghorbanpanah, S. E. Nabavi, A. Saboordavoodian, and Z. Farvardin. 2012. “A Survey on Organizational Culture Based on Stephan Robbin’s Theory (Case Study).” 2nd International Conference on Management and Artificial Intelligence IPEDR.
Mangkuprawira, Syafri. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Statistic. Bogor: Ghalian Indonesia.
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2018. “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien.”
Menteri Kesehatan Republik Indonesia. 2019. “Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2019 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit.”
Murdaningsih, D. 2016. “Ini Tantangan SDM yang Dimiliki Indonesia Saat Ini.” REPUBLIKA. Retrieved (https://www.republika.co.id/berita/o8wpc7/ini-tantangan-sdm-yang-dimiliki-indonesia-saat-ini).
Pandelaki, Margotje Treisje. 2018. “Pengaruh Teamwork dan Budaya Kerja terhadap Kinerja Karyawan Yayasan Titian Budi Luhur di Kabupaten Perigi Moutong.” Katalogis 6(5):35–46.
Presiden RI. 2014. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 36 Tahun 2014 Tentang Tenaga Kesehatan.”
Rachmawati, Annisa Mustika. 2017. “Capacity Building Organisasi dalam Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Pucang Sewu Kota Surabaya.” Kebijakan dan Manajemen Publik 5(1):57–67.
Rahma, Audina, and Fuad Mas’ud. 2016. “Pengaruh Penerapan Konsep Teamwork dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Perawat (Studi Pada Rumah Sakit Umum Daerah Sunan Kalijaga Kabupaten Demak).” Diponegoro Journal of Management 5(4):522–32.
Robbins, S. P., and T. A. Judge. 2013. Organizational Behavior 15th Edition. New Jersey: Pearson Education Inc.
Salawati, Liza. 2020. “Penerapan Keselamatan Pasien Rumah Sakit.” AVERROUS: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh 6(1):98–107. doi: 10.29103/averrous.v6i1.2665.
Salsabila, Miranda Gracia, Sapto Adi, Erianto Fanani, and Anindya Hapsari. 2023. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pasien Umum Memilih Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Wava Husada Selama Masa Pandemi Covid-19.” Sport Science and Health 5(3):310–29. doi: 10.17977/um062v5i32023p310-329.
Solichin, Much Riyadus, and Kabul Trifiyanto. 2020. “Pengaruh Motivasi Intrinsik, Motivasi Ekstrinsik Dan Komitmen Pelayanan Tenaga Kesehatan Terhadap Kualitas Pelayanan BPJS Kesehatan.” Fokus Bisnis : Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi 19(1):19–26. doi: 10.32639/fokusbisnis.v19i1.407.
Sriningsih, Nining, and Endang Marlina. 2020. “Pengetahuan Penerapan Keselamatan Pasien (Patient Safety) pada Petugas Kesehatan.” Jurnal Kesehatan 9(1). doi: 10.37048/kesehatan.v9i1.120.
Soeprapto, Riyadi. 2006. Banking Assets and Liability Management. 3rd ed. Jakarta: Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Tahir, Muchlas M., and Ahmad Harakan. 2017. “Inovasi Program Kesehatan 24 Jam dalam Mewujudkan Good Health Care Governance di Kabupaten Bantaeng.” Jurnal Ilmiah Muqoddimah 2(1):13–22.
Telaumbanua, Ruth Faeriani. 2020. “Peran Tenaga Kesehatan Dalam Melaksanakan Pelayanan Kesehatan WBP Rutan.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada 9(1):205–12. doi: 10.35816/jiskh.v11i1.247.
Downloads
Published
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.