Pengembangan Pembelajaran Teknik Dasar Lompat Harimau Dan Meroda Pada Senam Lantai Melalui Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Malang
DOI:
https://doi.org/10.17977/um062v4i72022p616-622Keywords:
gymnastics, tiger sprong and rolling, interactive multimedia, senam lantai, lompat harimau dan meroda, multimedia interaktifAbstract
Abstract: Researchers carried out research aimed at making products to facilitate student learning for basic techniques of tiger jumping and wheeling. Researchers hope that by making products the teacher can share learning methods with students using appropriate media. The use of data in this study is qualitative data and quantitative data. Data analysis techniques use percentage analysis techniques.
Abstrak: Peneliti melaksanakan penelitian bertujuan membuat produk untuk mempermudah belajar siswa untuk teknik dasar lompat harimau dan meroda. Peneliti mengharapkan dengan membuat produk guru dapat membagikan cara belajar kepada siswa menggunakan media yang sesuai. Penggunaan data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif teknik analisis data menggunakan teknik analisi persentase.
References
Ardhana. (2002). Konsep Penelitian Pengembangan Dalam Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang
Arikunto, Suharsini. (1998). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arsa. (). Belajar dan Pembelajaran; Strategi Belajar yang Menyenangkan. Yogyakarta: Media Akademi.
Ashfahany, Fahmi A. Adi, Sapto, & Hariyanto Eko. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan. 2(2). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/8540
Bangun. (2016). Peran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Jurnal Publikasi Pendidikan, 6(3). Dari http://ojs.unm.ac.id/pubpend/article/view/2270
Daulae. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif. Forum Paedagogik, 6 (2). Dari http://jurnal.iain-padangsidimpuan.ac.id/index.php/JP/article/view/181
Dwiyogo, Wasis D. (2008). Aplikasi Teknologi Pembelajaran Media Pembelajaran Penjas & Olahraga. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Edouard, P. Steffen, K. Junge, A. Leglise, M. Soligard, T. & Engebretsen. (2017). Gymnastic injury incidence durung the 2008, 20012 and 2016 Olympic Games: analysis of prospectively colleted surveillace data from 963 registered gymnasts during Olympic Games. Journal Sport Medical. Dari doi: 10. 1136/bjsport-2017-097972
Gunawan. (2015). Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Konsep Listrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1 (1). Dari http://jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPFT/article/view/230
Hidayat, Imam. Panggabean, Pieter. (1980). Senam Lantai 1b Buku Guru. Jakarta Selatan. PT. Abadi.
Ismoko, Anung P., Sukoco, Pamuji. (2013). Pengaruh Metode Latihan Dan Koordinasi Terhadap Power Tungkai Atlet Bola Voli Junior Putri. Jurnal Keolahragaan, 1(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/jolahraga/article/view/2339
Juita, Ardiah. (2013). Kontribusi Daya Ledak Otot Lengan Dan Koordinasi Mata Tangan Terhadap Ketepatan Servis Atas Bolavoli Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga Universitas Riau. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 2(2). Dari https://primary.ejournal.unri.ac.id/index.php/JPFKIP
Kemdikbud. (2016). Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan kesehatan. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Khanifatul. (2014). Pembelajaran Inovatif; Strategi Mengola Kelas Secara Efektif dan Menyenangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Munadi, Yudhi. (2010). Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada Press
Nasution. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11 (1). Dari http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/studiadidaktika/article/view/515
Nurjaya, Dede, R. Mulyana, Dadan. (2010). Mengembangkan Perilaku Asosiatif Siswa SD Melalui Penerapan Pendekatan Bermain Dalam Konteks Pembelajaran Penjas. Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 2(1). Dari http://jurnal.upi.edu/penjasor/view/335
Pane, A. Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 03 (2). Dari http://jurnal.iainpadangsidimpuan.ac.id/index.php/F/article/view/945
Pardjono. (2000). Konsepsi Guru Tentang Belajar dan Mengajar Dalam Perspektif Belajar Aktif. Jurnal Psikologi, 27 (2). Dari https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/view/7000
Penggabean P. (). Senam dan Metodik 1B (Imam H, Ed). Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
Rosdiani. (2015). Kurikulum Pendidikan jasmani. Bandung: Alfabeta, cv.
Saefuddin, H.A. Berdiati, I. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sari. (2016). Pengembangan Pembelajaran Senam Lantai Rangkaian Sederhana Siswa Kelas VIII di Smp Negeri 2 Ngoro Kabupaten Mojokerto. Jurnal Pendidikan Jasmani, 26 (1). Dari http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-jasmani/article/view/7726/0
Setyosari. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1 (1). Dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jinotep/article/view/2103
Sitti, Mu’min. A. (2013). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Jurnal Al-Ta’dib, 6(1). Dari http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/292/0
Sukmadinata. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryobroto. (2004). Peningkatan Kemampuan Manajemen Guru Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(1). Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/issue/view/19
Utama. (2011). Pembentukan Karakter Anak Melalui Aktivitas Bermain Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 8(1). Dari https://journal.uny.ac.id/index.php/jpji/article/view/3477
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 Generic License.