Studi Komparatif Pengaruh Metode Bagian dan Keseluruhan Terhadap Keterampilan Servis Kaki Bagian Dalam Bolavoli Gandu Level II

Authors

  • Agung Setyawan Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia
  • Asim Asim Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i22022p136-140

Keywords:

servis kaki bagian dalam, metode bagian dan keseluruhan, bolavoli gandu level ii

Abstract

Physical education is a science in which there are aspects of knowledge, attitude, and movement. Volley ball learning at SMPN 3 Panggul is quite difficult to understand and do. Especially for service material, this can hinder students' motor development and mastery of volleyball skills. The aim of this study was to see the differences in the learning outcomes of the part method with the overall method on the inner leg service skills of Gandu volleyball level II for grade VII students of SMPN 3 Panggul Trenggalek. Researchers used the experimental method, where data analysis used the technique one way ANOVA with significance sign equal 0.05. The division of the randomly selected groups into 2 groups, performance tests and results tests which were taken by pretest and posttest. The results of the research in the section method group got an average pretest score, then the average score posttest of 61.33 was 106.267 and in the overall method group had an average score of pretest 61.73 and a score of posttest 102.93, it can be concluded that learning foot service The part in the section method group was superior to the overall method group in the learning process of Gandu volleyball level II for students in class VII SMP Negeri 3 Panggul Trenggalek.

Pendidikan Jasmani merupakan ilmu pengetahuan yang di dalamnya terdapat aspek pengetahuan, sikap, dan gerak. Pembelajaran bolavoli di SMPN 3 Panggul cukup sulit dipahami dan dilakukan. Khususnya materi servis, hal ini dapat menghambat perkembangan motorik siswa, dan penguasaan keterampilan bolavoli. Adapun penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil pembelajaran metode bagian dengan metode keseluruhan pada keterampilan servis kaki bagian dalam bolavoli gandu level II siswa kelas VII SMPN 3 Panggul Trenggalek. Peneliti menggunakan metode eksperimen, dimana analisis data menggunakan teknik one-way anova dengan signifikasi alpha sama dengan 0,05. Pembagian kelompok yang dipilih secara acak menjadi 2 kelompok, tes kinerja dan tes hasil yang pengambilannya dengan pretest dan posttest. Hasil penelitian kelompok metode bagian mendapatkan skor rata-rata pretest 61,33, kemudian skor rata-rata posttest sebesar 106,267 dan pada kelompok metode keseluruhan memiliki rata-rata skor prestest 61,73 dan skor posttest 102,93, maka dapat disimpulkan pembelajaran servis kaki bagian dalam kelompok metode bagian lebih unggul dibandingkan dengan kelompok metode keseluruhan dalam proses pembelajaran bolavoli gandu level II untuk siswa di kelas VII SMP Negeri 3 Panggul Trenggalek.

References

Asim, A. (2001.) Pola Pembelajaran Bolavoli Gandu Untuk Kesegaran Jasmani: Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri Desa Karanggandu. Cet. I. Malang: Wineka Media

Aslan, S. (2016). An Evaluation of Fine and Gross Motor Skills in Adolescents with Down Syndromes. International Journal of Science Culture and Sport, 4(16), 187–187.

Firdaus, H. (2014). Perbandingan Metode Pembelajaran Bagian (Part-Method) Dan Metode Pembelajaran Keseluruhan (Whole-Method) Terhadap Kemampuan Siswa Dalam Melakukan Smash Bolavoli (Studi Pada Kegiatan Ekstrakulikuler Di SMA Negeri 1 Kamal). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(2).

Herdiyana, A., & Prakoso, G. P. W. (2016). Pembelajaran Pendidikan Jasmani Yang Mengacu Pada Pembiasaan Sikap Fair Play Dan Kepercayaan Pada Peserta Didik. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).

Mustafa, P. S. (2015). Panduan Variasi Latihan Service Atas Permainan Bolavoli untuk Peserta Ekstrakurikuler Bolavoli di SMK Negeri 4 Malang. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang.

Depdiknas. (2006). Permendiknas No. 22 Tentang Tujuan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Depdiknas.

Piek, J. P., Dawson, L., Smith, L. M., & Gasson, N. (2008). The Role of Early Fine and Gross Motor Development on Later Motor and Cognitive Ability. Human Movement Science, 27(5), 668–681.

Prastowo, G. (2014). Pengaruh Metode Pembelajaran Part Practice Terhadap Hasil Belajar Shooting Bola Basket (Studi Pada Siswa Kelas XI-IPS SMA Negeri 1 Cerme). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 2(3).

Rianto, H. (2016). Perbandingan Metode Pembelajaran Part Practice dan Whole Practice Terhadap Hasil Belajar Service Bawah Bolavoli (Studi Pada Siswa kelas VII SMPN 2 Arjasa Sumenep Tahun Ajaran 2014 – 2015). Jurnal Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, 3(3).

Tohidi, H., & Jabbari, M. M. (2012). The Effects of Motivation in Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31, 820–824.

Winarno, M. E. 2010. Evaluasi Dalam Pendidikan Jasmani. (Cet. 1). Jakarta: Center for Human Capacity Development.

Downloads

Published

13-02-2022

Issue

Section

Articles