Pengembangan Materi Bola Basket Tahap Fundamental Pada Klub Hutama Manggala Basketball Yang Dikemas Dalam E-Modul

Authors

  • Nasrullah Fatoni Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia
  • Supriyadi Supriyadi Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia
  • Prisca Widiawati Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i22022p103-111

Keywords:

fundamental, bolabasket, e-modul

Abstract

This research is motivated by the importance of trainers understanding the aspects that need to be given during training, especially at the Fundamental stage. The purpose of this research is to develop material for the fundamental stage of basketball at the Hutama Manggala Basketball club which is packaged in an E-module. The research method used is Research & Development (R&D) from Borg & Gall. In this study using three methods, namely analysis, validation, and group testing. Data collection is done by using a questionnaire or questionnaire. There are several values ​​from the aspect of suitability, attractiveness, convenience, and usefulness. From the test results, the percentage values ​​obtained are media experts 93.75 percent (very valid), basketball experts 82.76 percent (very valid), basketball coaching experts 87.14 percent (very valid), small group trials 88.03 percent(very valid), a large group trial (very valid) and resulted in the Fundamental stage basketball material containing the history of basketball, facilities and infrastructure in basketball, LTAD Basketball, Abcs training, Athletic Movement, Early Childhood Activities, Psychology early childhood, and videos related to motion and basic techniques in basketball. Based on these results, the fundamental stage basketball material packaged in the E-module is feasible to use.

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya pelatih memahami aspek-aspek yang perlu diberikan pada saat latihan khususnya di tahap Fundamental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan materi bola basket tahap fundamental pada klub Hutama Manggala Basketballyang dikemas dalam E-modul. Metode Penelitian yang digunakan yaitu Research & Development (R&D) dari Borg & Gall. Dalam penelitian ini menggunakan tiga metode yaitu analisis, validasi serta uji coba kelompok. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket ataupun kuesioner. Terdapat beberapa nilai dari aspek kesesuaian, kemenarikan, kemudahan dan kebermanfaatan. Dari hasil pengujian diperoleh nilai persentase yaitu ahli media 93,75 persen (sangat valid), ahli bola basket 82,76 persen (sangat valid), ahli kepelatihan bola basket 87,14 persen (sangat valid), uji coba kelompok kecil 88,03 persen (sangat valid), uji coba kelompok besar (sangat valid) dan dihasilkan materi bola basket tahap Fundamental yang berisi Sejarah bola basket, Sarana dan prasaran pada olahraga bola basket, LTAD Basketball, Abcs training, Athletic Movement, Aktivitas Anak Usia dini, Psikologi anak usia dini, dan video terkait gerak dan teknik dasar pada bola basket . Berdasarkan hasil tersebut maka materi bola basket tahap fundamental yang dikemas dalam E-modul layak untuk digunakan.

References

Afrianto, A., & Zulfiati’aini, S. A. (2020, December). Mengoptimalkan Kesejahteraan Psikologis Anak Melalui Permainan Tradisional Dimasa Pandemi COVID-19. In (Webinar) Seminar Nasional Pendidikan 2020 (Vol. 1, No. 1, pp. 007-012).

Akbar, S. (2018). Model Penelitian dan Pengembangan.

Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan UNIGA, 5(1), 70-84.

Apriansyah, B., Sulaiman, S., & Mukarromah, S. B. (2017). Kontribusi motivasi, kerjasama, kepercayaan diri terhadap prestasi atlet sekolah sepakbola Pati Training Center di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 101-107.

Arniansyah, A., Nadhilla, N., Permatasari, R. E., Milani, T., & Putri, Y. W. A. (2018). Pelatihan Empati dan Perilaku Prososial pada Anak Usia 6-12 Tahun di Rptra Anggrek Bintaro. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 2(1), 432-439.

Balyi, I., Way, R., & Higgs, C. (2016). Long threme athlete development. Human Kinetics.

Balyi, I. (2016). We acknowledge the fi nancial support of the Government of Canada through Sport Canada , a branch of the Department of Canadian Heritage . Long-Term Athlete Development December 2008 ISBN 978-0-9811969-0-9.

Burhaein, E. (2017). Aktivitas Fisik Olahraga untuk Pertumbuhan dan Perkembangan Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 1(1), 51. https://doi.org/10.17509/ijpe.v1i1.7497

Dongoran, M. F., Kalalo, C. N., & Syamsudin. (2020). Profil Psikologis Atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua Menuju PON XX Tahun 2020. Journal Sport Area, 5(1), 13–21. https://doi.org/¬10.¬25299/-sport¬area.¬2020.vol5(1).4621

Erliana, E., & Hartoto, S. (2019). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 7(2), 225–228.

FIBA-International Basketball Federation. (2020). Rules, Basketball Equipment, Basketball. FIBA-International Basketball Federation, v1.0a, 98.

Gall, B. (2016). Education Research.

Gustian, U. (2016). Pentingnya Perhatian dan Konsentrasi dalam Menunjang Penampilan Atlet. Sport Science, 1(01), 89-.

Mahnun, N. (2016). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’.

Moola, F., Faulkner, G. E. J., Kirsh, J. A., & Kilburn, J. (2017). Physical activity and sport participation in youth with congenital heart disease: Perceptions of children and parents. Adapted Physical Activity Quarterly, 25(1), 49–70. https://doi.org/10.1123/apaq.25.1.49

Myer, G. D., Faigenbaum, A. D., Chu, D. A., Falkel, J., Ford, K. R., Best, T. M., & Hewett, T. E. (2020). Integrative training for children and adolescents: techniques and practices for reducing sports-related injuries and enhancing athletic performance. The Physician and Sportsmedicine, 39(1), 74–84. https://¬doi.¬org/¬10.¬3810/psm.2011.02.1864

Olympics. S. I. (2020). Buku Panduan Olaharaga Bola Basket. Special Olympics Indonesia.

Pelajaran, P., Jasmani, P., & Dan, O. (2021). PIOR: Jurnal Pendidikan Olahraga. xxx(xxx), 9–13.

Poczwardowski, A., Barott, J. E., & Jowett, S. (2016). Diversifying approaches to research on athlete-coach relationships. Psychology of Sport and Exercise, 7(2), 125–142. https://doi.org/10.¬1016/¬j.-psychsport.¬2005.08.002

Ramadhan, F. (2019). Pentingnya mengetahui psikologi atlet dalam melakukan pengajaran dan pelatihan. Sport Science.

Rohani, R. (2019). Diktat Media Pembelajaran. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35.

Sayfei, M. (2020). Sayfei, Muhamad, et al. "Identifikasi Keberbakatan Menggunakan Metode Australian Sport Search Terhadap Kesesuaian Cabang Olahraga Pada Anak Sekolah Dasar. Sport Science, Physical A.

Setiawan, A. (2019). Faktor Timbulnya Cedera Olahraga. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.15294/miki.v1i1.1142

Sukamti, E, R. (2017). Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Sebagai Dasar Menuju Prestasi Olah Raga. Sport Science, Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Sebagai Dasar Menuju Prestasi Olah Raga.

Takken, T., Giardini, A., Reybrouck, T., Gewillig, M., Hövels-Gürich, H. H., Longmuir, P. E., McCrindle, B. W., Paridon, S. M., & Hager, A. (2020). Recommendations for physical activity, recreation sport, and exercise training in paediatric patients with congenital heart disease: A report from the Exercise, Basic & Translational Research Section of the European Association of Cardiovascular Preventio. European Journal of Preventive Cardiology, 19(5), 1034–1065. https://doi.org/10.1177/1741826711420000

Tania, L. (2017). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Sebagai Pendukung Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Materi Ayat Jurnal Penyesuaian Perusahaan Jasa Siswa Kelas X Akuntansi Smk Negeri 1 Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 5(2), 1–9.

Wibowo, K., & Hidayatullah, M. F. (2017). Evaluasi Pembinaan Prestasi Olahraga Bola Basket di Kabupaten Magetan. Media Ilmu Keolahragaan Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.15294/miki.v7i1.9520

Yudanto, Y. (2020). Pengaruh model aktivitas jasmani berbasis perseptual motorik terhadap gerak dasar manipulatif anak taman kanak-kanak The influence of physical activity model based on perceptual motor skills on kindergarten students ’ manipulative fundamental motor. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1), 92–104.

Zakariah, M. A., Afriani, V., & Zakariah, K. M. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Action Research, Research and Development (R n D). Yayasan Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka.

Downloads

Published

17-02-2022

Issue

Section

Articles