Analisis Penerapan Asesmen Berbasis Daring pada Mata Pelajaran PJOK pada Masa Pandemi

Authors

  • Ahmad Cahyanto Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia
  • Febrita Heynoek Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia
  • Gema Fitriady Universitas Negeri Malang, Jalan Semarang No. 5, Malang, Jawa Timur, 65145, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v4i12022p65-74

Keywords:

asesmen, online, pandemi covid-19

Abstract

The purpose of this study is to determine the application of Assessment which is efficient during online learning on learning in physical education sports and health subjects at State Vocational Schools in Malang City. This study uses a qualitative descriptive method with a survey research design. The sample of this research is 10 teachers from state high schools in Malang, which are taken using a purposive sample technique. Data collection techniques in the form of interviews were then analyzed through three stages, namely reduction, presentation, and conclusion. The results of this study indicate that the majority of teachers use online assessments, with three aspects being assessed, namely the assessment of attitudes, knowledge, and skills by utilizing applications that have been widely used such as google classroom, google forms, and the like, as well as web applications from schools, the use of applications plays an important role in the assessment because it can accessed by students and teachers even though it is limited by time.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Penerapan Asesmen manakah yang efisien pada saat pembelajaran daring pada mata pelajaran PJOK di SMK Negeri Se-Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan desain penelitian survei. Sampel penelitian ini sejumlah 10 orang guru pjok smk negeri se-kota malang yang diambil dengan teknik purposive sample. Teknik pengumpulan data berupa wawancara kemudian dianalisis melalui tiga tahapan yaitu reduksi, penyaian dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan mayoritas guru menggunakan penilaian online, dengan tiga aspek yang dinilai yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan dengan memanfaatkan aplikasi yang telah banyak digunakan seperti google classroom, google form dan sejenisnya, serta aplikasi web dari sekolah, penggunaan aplikasi sangat berperan penting dalam penilaian karena dapat diakses oleh siswa dan guru walaupun terbatas oleh waktu.

References

Astuti, W. P., Prasetyo, A. P. B., & Rahayu, E. S. (2012). Pengembangan instrumen asesmen autentik berbasis literasi sains pada materi sistem ekskresi. Lembaran Ilmu Kependidikan, 41(1).

Bariah, S. K. (2019). Rancangan Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Petik, 5(1), 31–47.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to online education in schools during a SARS-CoV-2 coronavirus (COVID-19) pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4).

Chng, L. S., & Lund, J. (2018). Assessment for learning in physical education: The what, why and how. Journal of Physical Education, Recreation & Dance, 89(8), 29–34.

Fitriady, G., Sugiyanto, S., & Sugiarto, T. (2020). Online Assessment Of Cognitive Aspects In Higher Education. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 4(2), 25–30.

Gikandi, J. W., Morrow, D., & Davis, N. E. (2011). Online formative assessment in higher education: A review of the literature. Computers & Education, 57(4), 2333–2351.

Hewson, C. (2012). Can online course‐based assessment methods be fair and equitable? Relationships between students’ preferences and performance within online and offline assessments. Journal of Computer Assisted Learning, 28(5), 488–498.

Huang, C.-H., Chin, S.-L., Hsin, L.-H., Hung, J. C., & Yu, Y.-P. (2011). A web-based e-learning platform for physical education. Journal of Networks, 6(5), 721.

Kurniawan, O. E. P., & Hariyoko, H. (2020). Survei Motivasi Peserta Didik Dalam Mengikuti Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga Dan Kesehatan Di Sekolah Menengah Pertama. Sport Science and Health, 2(2), 114–118.

Mertasari, N. M. S. (2016). Media Online Untuk Asesmen Pendidikan Karakter Terpadu. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 5(1).

Nasionalita, K., & Nugroho, C. (2020). Indeks Literasi Digital Generasi Milenial di Kabupaten Bandung. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 32–47.

Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemafaatan Teknologi Informasi Dalam Pemeblajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh), 4(2), 30–36.

Pendidikan, M., Kebudayaan, D., & Indonesia, R. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease(Covid-19). Surat Edaran Dari Kemetrian RI, 5(2020), 2013–2015.

Santiago, P., Donaldson, G., & Herman, J. (2011). OECD reviews of evaluation and assessment in education. Notes.

Sari, D. P., & Sutapa, P. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh dengan Daring Selama Pandemi Covid-19 Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK). Seminar Nasional Olahraga, 2(1).

Setiawan, A. (2017). Hubungan Authentic Assessment dengan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. JUARA: Jurnal Olahraga, 2 (2), 143–150.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31–34.

Thamrin, H. (2013). Pengembangan Sistem Penilaian Otomatis Terhadap Jawaban Soal Pendek dan Terbuka dalam Evaluasi Belajar Online Berbahasa Indonesia.

Wijayanti, A. (2014). Pengembangan autentic assesment berbasis proyek dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(2).

Downloads

Published

16-02-2022

Issue

Section

Articles