Peningkatan Keterampilan Dasar Passing Futsal Memakai Metode Drill Bervariasi

Authors

  • Mohammad Dwi Ardiyanto Universitas Negeri Malang
  • Oni Bagus Januarto Universitas Negeri Malang
  • Dona Sandy Yudasmara Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v3i112021p921-928

Keywords:

futsal, basic techniques passing, varied drill methods, teknik dasar passing, metode drill bervariasi

Abstract

Abstract: The purpose of this study was to improve the basic techniques of passing futsal skills at the UM Lab Junior High School by using the drill method. This research is sports action research using qualitative descriptive and quantitative descriptive methods. This research was conducted using two cycles and each cycle consisting of 4 stages. The subjects of this study were junior high school extracurricular members, totaling 20 students. The technique of collecting data is using observation. The results showed the success of the participants in carrying out basic passing techniques in the futsal game after being given actions from cycle 1 and cycle 2. The result was that for each indicator there was an increase from the preparation indicator increasing to 95,83 percent, implementation 82,5 percent, and movement final 91,25 percent. The conclusion of this study is that the varied drill method can improve the basic futsal passing technique skills of the futsal extracurricular members of the UM Lab Junior High School. The suggestion of the results of this study is that an extracurricular trainer can use a variety of drill methods and can be used by futsal extracurricular participants as new knowledge about the forms of basic passing technique training in futsal games.

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk “meningkatkan teknik dasar keterampilan passing futsal di Sekolah Menengah Pertama Lab UM dengan menggunakan metode drill. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan olahraga dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap. Subjek penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler Sekolah Menengah Pertama yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan observasi. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan peserta dalam melakukan teknik dasar passing dalam permainan futsal setelah diberikan tindakan dari siklus 1 dan siklus 2. Hasilnya pada tiap-tiap indikator sudah terjadi peningkatan dari indikator persiapan meningkat menjadi 95,83 persen, pelaksanaan 82,5 persen, dan gerakan akhir 91,25 persen. Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode drill bervariasi dapat memperbaiki keterampilan teknik dasar passing futsal peserta ekstrakurikuler futsal Sekolah Menengah Pertama Lab UM. Saran hasil penelitian ini, pelatih ekstrakurikuler dapat menggunakan metode drill bervariasi serta dapat digunakan peserta ekstrakurikuler futsal sebagai pengetahuan baru mengenai bentuk-bentuk latihan teknik dasar passing pada permainan futsal.

References

Abidin, A. M. (2018). Ekstrakurikuler Melalui Metode Pembiasaan. Kependidikan, 12(1978--0214), 183–196.

Anindhika, A. B. (2016). Kontribusi Konsentrasi Terhadap Ketepatan Passing Lambung Saat Melakukan Tendangan Sudut Pada Pemain Ssb Mitra Surabaya U-14. E-Journal Unesa, 5(2), 35–40.

Ardi Munir, M., Rasyid, M., & Keaktifan Berorganisasi, P. (2019). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Di Fakultas Kedokteran Universitas Tadulako Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Kedokteran, 6(2).

Armanzah, M. M., & Nurrochmah, S. (2020). Perbedaan Kecepatan Gerak dan Daya Ledak Otot Lengan antara Peserta Kegiatan Ekstrakurikuler Bolabasket Sekolah Menengah Atas. Sport Science and Health, 20(7), 376–383.

Asbanu, R., & Triansyah, A. (2011). Pengaruh Metode Bermain Terhadap Hasil Passing Bola Futsal Pada Ekestrakurikuler SMPN 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(4), 1–9.

Deri, A. M., Umar;, & Damrah. (2018). Pengaruh latihan Metode Drill dan Metode Bermain Terhadap Kemampuan Passing Permainan Sepakbola Siswa SBB (Sekolah Sepakbola) Usia 11-12 Tahun. Performa Olahraga, 3(2), 52–63.

Fadlilah, S., & Rahil, N. H. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Pencegahan Cidera Muskuloskeletal Pada Pemain Futsal. Jurnal Keperawatan BSI, 7(1), 66–75.

Fatchurrahman, F., Sudijandoko, A., & Widodo, A. (2019). Perbandingan pengaruh latihan ladder drills in out dan ickey shuffle terhadap kecepatan dan kelincahan. SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 5(1).

Ginting, S. S., Syafrial, S., & Defliyanto, D. (2019). Analisis Kemampuan Teknik Control, Heading Dan Passing Siswa Ekstrakurikuler Futsal Smp Negeri 13 Kota Bengkulu. Kinestetik, 3(1), 118–124. https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8820

Magrisa, T., Wardhani, K. D. K., & Saf, M. R. A. (2018). Implementasi Metode SMART pada Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Siswa SMA. Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer, 13(1), 49. https://doi.org/10.30872/jim.v13i1.648

Nurdiati, N. (2018). Upaya Peningkatan Kemampuan Teknik Dasar Passing Dan Stopping Dalam Permainan Sepakbola Melalui Metode Variasi Latihan Siswa Kelas V Sdn 003 Batu Bersurat Kabupaten Kampar. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 2(3), 458. https://doi.org/10.33578/pjr.v2i3.5548

Nuryanto, S. (2017). Manajemen Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Al Irsyad 01 Purwokerto. Jurnal Kependidikan, 5(1), 151–168. https://doi.org/10.24090/jk.v5i1.1260

Prasetyo, P. L., & Rohman, F. (2019). Manfaat Latihan Illionist Agility Test Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Pada Siswa Ekstrakurikuler Futsal di SMAN 7 Surabaya. Jurnal Kesehatan Olahraga, 07(02), 470–473.

Robi Syuhada Istofian, & Amiq, F. (2016). Metode drill untuk meningkatkan teknik menendang Bola ( Shooting ) dalam permainan sepakbola usia 13-14 tahun. Jurnal Kepelatihan Olahraga, 1(1), 105–113.

Sari, T. N., & Appulembang, O. D. (2019). Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Himpunan Kelas Vii Pada Suatu Smp Di Sentani [the Implementation of the Drill Method To Increase Students’ Cognitive Learning Outcomes of Sets in a Grade 7 Class At a Junior High School in Sentani]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 2(2), 131. https://doi.org/10.19166/johme.v2i2.1689

Sudijono. (2017). Analysis and Predictions for Season 8. 1–22.

Susi, B. H. (2016). Pemanfaatan panduan latihan teknik dasar futsal bagi atlet pemula. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Jasmani Dalam Menyangga Interdisipliner Ilmu Keolahragaan, pp. 284–292.

Taufik, M. S. (2019). Hubungan Tingkat Konsentrasi Dengan Keterampilan Bermain Futsal Unit Kegiatan Mahasiswa Futsal Universitas Suryakancana. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 10(02), 68–78. https://doi.org/10.21009/gjik.102.01

Wahyudi, A. (Universitas N. M., Wahyudi, U. (Universitas N. M., & Amiq, F. (Universitas N. M. (2020). Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Passing Futsal Menggunakan Metode Drill dan Metode Bermain pada Ekstrakurikuler Futsal Madrasah Aliyah. Sport Science and Health, 2(1), 24–31.

Wirama, A. N., Yunus, M., & Andiana, O. (2019). Dampak Pemberian Kafein Terhadap Hasil Tes Kecepatan Dan Tes Kelincahan Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Jurnal Sport Science and Health, 9(2), 131. https://doi.org/10.17977/um057v9i2p131-139

Yogatama, R., & Irawadi, H. (2013). Metode Bermain Berpengaruh Terhadap Akurasi Passing Sepakbola. Jurnal Patriout, 53(9), 1689–1699.

Downloads

Published

30-11-2021

Issue

Section

Articles