Upaya Untuk Meningkatkan Pemahaman Peraturan Permainan Futsal Melalui Pembelajaran Daring Untuk Siswa Esktrakurikuler Futsal

Authors

  • Akhmad Jimmy Subarkah Universitas Negeri Malang
  • Eko Hariyanto Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v3i112021p909-920

Keywords:

futsal, regulation, online learning, permainan futsal, peraturan futsal, pembelajaran daring

Abstract

Abstract: Futsal players need to know the rules in futsal game because by knowing detailed and detailed rules about futsal rules, players can play futsal games using farplay. The results of the researchers' observations showed that the extra-curricular soccer students at SMA Negeri 1 Bangil did not fully understand the rules of indoor soccer. The aim of this study was to improve the understanding of futsal rules through online learning for outdoor futsal students at SMA Negeri 1 Bangil. This study used a quantitative descriptive analysis using PTO methods and a test instrument. The subject of this study was 20 students from extracurricular classroom activities at SMA Negeri 1 Bangil. The results of this study indicate an increase that on the first observation, 12 students scored less than 40 (less / very less) and 8 students scored higher than 41 (sufficient), while at the end of the course, 14 students scored a good score and 6 students scored In the right category. Thus, by conducting the research, it can be concluded that learning via the Internet can improve the understanding of the rules of futsal game.

Abstrak: Pemain futsal perlu mengetahui peraturan dalam permainan futsal karena dengan mengetahui aturan secara terperinci dan secara detail tentang peraturan permainan futsal maka pemain akan bisa menjalankan permainan futsal dengan farplay. Hasil observasi peneliti menunjukkan bahwa siswa ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 1 Bangil belum sepenuhnya memahami peraturan futsal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang peraturan futsal melalui pembelajaran online pada siswa ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 1 Bangil. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian tindakan olahraga (PTO) dan menggunakan alat bantu berupa tes. Subjek penelitian ini adalah 20 siswa dari kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMA Negeri 1 Bangil. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan bahwa pada observasi pertama 12 siswa mendapatkan nilai kurang dari 40 (kurang/sangat kurang) dan 8 siswa mendapatkan nilai diatas 41 (cukup), sedangkan pada akhir siklus terdapat 14 siswa mendapat nilai di kategori sangat baik dan 6 siswa mendapat nilai di kategori baik. Maka pelaksanaan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran daring dapat meningkatkan pemahaman peraturan permainan futsal.

References

Arikunto dkk. (2015). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dewi, N. P. S. dkk. (2020). Covid-19: Perspektif Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Dimyati & Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Faizah, S. N. (2017). Hakikat belajar dan pembelajaran. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 176–185.

Giriwijoyo, H. Y. S. S. dan D. Z. S. (2013). Ilmu Faal Olahraga Fisiologi Olahraga): Fungsi Tubuh Manusia Pada Olahraga Untuk Kesehatan dan Prestasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Halim, S. (2012). 1 Hari Pintar Main Futsal. Yogyakarta: MedPress Digital.

Hasugian, H., & Shidiq, A. N. (2012). Rancang Bangun Sistem Informasi Industri Kreatif Bidang Penyewaan Sarana Olahraga. Jurnal Semantik, 2(1), 606–612.

Husamah dkk. (2016). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Indonesia, R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Lhaksana, J. (2011). Taktik dan Strategi Futsal Modern. Depok: Be Champion.

Manajemen Pendidikan Kompri. (2015). Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Jakarta: Ar-Ruz Media.

Mulyono, M. A. (2014). Buku pintar panduan futsal. Jakarta: Laskar Aksara.

Murhananto. (2006). Dasar-Dasar Permainan Futsal. Jakarta: PT Kawan Pustaka.

Nugroho, W. B. (2016). Kebijakan Pemerintah Daerah Tentang Pembinaan Sumber Daya Manusia Bidang Olahraga Prestasi (Studi Deskriptif Tentang Pembinaan Atlet, Pelatih, dan Pengurus Organisasi Olahraga di Kabupaten Sukoharjo). Universitas Sebelas Maret.

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Prakoso, D. B. dkk. (2013). Minat Bermain Futsal Di Jenis Lapangan Vinyil, Parquette, Rumput Sintetis Dan Semen Pada Pengguna Lapangan di Semarang. Journal of Sport Sciences and Fitness, 5(2), 104.

Putro, R. D. T. (2017). Tingkat Pengetahuan Peraturan Futsal Peserta Ekstrakurikuler Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, VI(11), 1–11.

Republik Indonesia. (2015). Undang-Undang Republik Indonesia No 3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Jakarta.

Roesdiani, D. (2012). Model Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Rusman. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sahu, P. (2020). Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Journal Cureus, 12(4), 2–6.

Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.

Setyowati, O. L. (2015). Pemahaman atlet polo air DIY terhadap peraturan permainan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Sintema, E. J. (2020). Effect of COVID-19 on the performance of grade 12 students: Implications for STEM education. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(7), 1–6. https://doi.org/10.29333/EJMSTE/7893

Sopiatin, P. (2010). Manajemen belajar berbasis kepuasan siswa. Bogor: Ghalia Indonesia.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Susanto, P. (2018). Belajar Tuntas: Filosofi, Konsep, dan Implementasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakarya.

Varkiani, M. E., Alizadeh, M. H., & Pourkazemi, L. (2013). The Epidemiology of Futsal Injuries Via Sport Medicine Federation Injury Surveillance System of Iran in 2010. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 82, 946–951. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.001

Winantaputra dkk. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Zhou, G., Chen, S., & Chen, Z. (2020). Back to the Spring of Wuhan: Facts and Hope of COVID-19 Outbreak. Frontiers of Medicine,. Journal Frontiers of Medicine, 14(2), 113–116.

Downloads

Published

30-11-2021

Issue

Section

Articles