Pengembangan Modul Bola Basket Berbasis Komik untuk Siswa Ekstrakurikuler Bola Basket Sekolah Dasar

Authors

  • Josephine Adelia Putri Agape Universitas Negeri Malang
  • Imam Hariadi Universitas Negeri Malang
  • Prisca Widiawati Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um062v3i112021p863-871

Keywords:

development module, basketball, comics, pengembangan modul, bola basket, komik

Abstract

Abstract: This study aims to develop a comic-based basketball module for basketball extracurricular students at SD Lesanpuro 4 in Malang City. The research model uses a procedural model adapted from the Lee and Owens procedure using 5 steps, namely: (1) needs analysis, (2) carrying out a design, (3) developing or developing a product, (4) implementation or implementation of activities, (5) evaluation or product evaluation. Product trials include: (1) Trial design, the trial design used is descriptive design. (2) Experimental subjects, the subjects used in this study were extracurricular students of SD Lesanpuro 4 Malang City, and the subject of media experts and learning experts was one of the lecturers from the Faculty of Sports Science. The small group trial subjects consisted of 5 students and the large group test subjects consisted of 15 students. (3) The type of data used is descriptive quantitative and descriptive qualitative. (4) The data collection instrument used in conducting this validation is a non-test in the form of a questionnaire. (5) The analysis technique in this study uses qualitative and quantitative descriptive analysis techniques. The results of learning validation are 73 percent, and the results of media expert validation are 81 percent. While the results of small group trials obtained results of 89 percent and large group trials obtained results of 83.75 percent. Thus, the results of developing a comic-based basketball module for extracurricular students at SD Lesanpuro 4 in Malang City are very valid and can be applied to extracurricular basketball students at SD Lesanpuro 4, Malang City.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul bola basket yang berbasis komik untuk siswa ekstrakurikuler bola basket SD Lesanpuro 4 di Kota Malang. Model penelitian menggunakan model prosedural yang diadaptasi dari prosedur Lee dan Owens dengan menggunakan 5 langkah yaitu: (1) analisis kebutuhan, (2) melakukan sebuah desain, (3) development atau pengembangan sebuah produk, (4) implementation atau pelaksanaan kegiatan, (5) evaluation atau evaluasi produk. Uji coba produk meliputi: (1) Desain uji coba, desain uji coba yang digunakan adalah desain deskriptif. (2) Subjek coba, subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler SD Lesanpuro 4 Kota Malang, dan subjek dari ahli media serta ahli pembelajaran merupakan salah satu dosen dari Fakultas Ilmu Keolahragaan. Subjek uji coba kelompok kecil terdiri 5 siswa dan subjek uji coba kelompok besar terdiri 15 siswa. (3) Jenis data yang digunakan berupa deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. (4) Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam melakukan validasi ini yaitu non-tes yang berbentuk angket. (5) Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi pembelajaran sebesar 73 persen, dan hasil validasi ahli media sebesar 81 persen. Sedangkan hasil uji coba kelompok kecil memperoleh hasil sebesar 89 persen dan uji coba kelompok besar memperoleh hasil sebesar 83,75 persen. Sehingga, hasil pengembangan modul bola basket berbasis komik untuk siswa ekstrakurikuler SD Lesanpuro 4 di Kota Malang sangat valid dan dapat diterapkan pada siswa ekstrakurikuler bola basket SD Lesanpuro 4 Kota Malang.

References

Alfiyani, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran dalam Bentuk Komik pada Mata Pelajaran IPS Sub Pokok Bahasan Detik-detik proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia untuk Kelas V SD.

Buchori, A., & Setyawati, R. D. (2015). Development learning model of charactereducation through e-comic in elementary school. International Journal of Education and Research, 3(9), 369-386.

Daryanto, D. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta

Dinata, M. (2013). Konsep dan teknik bermain bola basket. Ciputat: Penerbit Cerdas Jaya.

Dousay, T., & Logan, R. (2011). Analyzing and Evaluating the Phases of ADDIE. In Design, Development and Research Conference, Cape Town: South Africa.

Elra. P, (2017). Bola Basket Dasar. Bengkulu: Universitas Dehasen Bengkulu Press

Kurniawan, F. F., Tangkudung, J., Sulaiman, I., & Jufrianis, J. (2020). Development Model Training Shooting based on Multiple Unit Offense for Basketball Athletes 16-18 Years of Age Groups. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(8), 351-357.

Kostelnik, M. J. (2007). Developmentally Appropriate Curriculum.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (2004). Multimedia-Based Instructional Design, (2nd Ed.). San Francisco: Pfeiffer.

Majid, W., & Roesdiyanto, R. (2018). Meningkatkan Kemampuan Teknik Dasar Shooting Bolabasket Menggunakan Metode Dril. Indonesia performance journal, 2(2), 111-116.

Naz, A. A., & Akbar, R. A. (2008). Use of media for effective instruction its importance: some consideration. Journal of elementary education, 18(1-2), 35-40.

Nugraheni, N. (2017). Penerapan Media Komik Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 111–117. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1587

Wardani, T. K. (2012). Penggunaan media komik dalam pembelajaran sosiologi pada pokok bahasan masyarakat multikultural. Komunitas: International Journal Of Indonesian Society And Culture, 4(2).

Purwanto, D. (2013). Pengembangan Media Komik IPA Terpadu Tema Pencemaran Air Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SMP Kelas VII. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 1(01).

Rasiman, R., & Agnita, S. P. (2014). Development of mathematics learning media e-comic based on flip book maker to increase the critical thinking skill and character of junior high school students. International Journal of Education and Research, 2(11), 535-544.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta

Susanto, A. (2014). Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar Dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Widada, S., Tama, A. K. W., & Surbakti, R. K. Manfaat Mempelajari Dasar-Dasar Perancangan Sebelum Melakukan Pekerjaan Desain Media Komunikasi. Cyberpreneurship Innovative and Creative Exact and Social Science, 1(1), 40-49.

Susanti, K. D., Subiki, S., & Yushardi, Y. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Disertai Komik Fisika Pada Pembelajaran Pokok Bahasan Tekanan Di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(3), 197-204.

Irawan, R., Nurharsono, T., & Raharjo, A. (2017). Pengembangan produk permainan mikro tenis sebagai alternatif keterbatasan ketersediaan fasilitas lapangan tenis. Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia, 1(2), 205-212.

Topkaya, Y. (2016). The impact of instructional comics on the cognitive and affective learning about environmental problems. Egitim ve Bilim, 41(187).

Wibawa, B. (1993). Media Pengajaran. Jakarta: Dirjen PPTK Depdiknas.

Winarno, M. E., Budiwanto, S., & Mardiyanto. (2012). Assesmen Pembelajaran Penjaskes SMA/SMK. Malang: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Negeri Malang

Downloads

Published

29-11-2021

Issue

Section

Articles