Pengembangan paket ipa terpadu berbasis learning cycle (LC) 5e untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP/MTs kelas VII tema pemanasan global

Authors

  • Hana Naqiyya Nada
  • Supriyono Koes H
  • Safwatun Nida

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i3p231-238

Keywords:

paket IPA terpadu, learning cycle 5e, berpikir kreatif, pemanasan global

Abstract

Perancangan pembelajaran yang sesuai dengan prinsip pembelajaran IPA membutuhkan bahan ajar untuk menunjang proses pembelajaran. Learning cycle 5e merupakan model pembelajaran yang tepat digunakan dalam pembelajaran IPA karena melibatkan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga mereka lebih mudah mengungkapkan gagasannya. Gagasan yang muncul dapat merangsang kemampuan berpikir kreatif siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa Paket IPA Terpadu berbasis Learning Cycle (LC) 5e untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP/MTs kelas VII Tema Pemanasan Global yang layak dan valid. Model penelitian yang digunakan di dalam penelitian dan pengembangan ini adalah model pengembangan ADDIE. Kelayakan produk yang dikembangkan diperoleh dari uji kelayakan dan uji keterbacaan terbatas. Berdasarkan hasil uji kelayakan Paket IPA Terpadu dan uji keterbacaan terbatas yang dilakukan, produk yang dikembangkan telah memenuhi kriteria sangat layak dan valid untuk diuji keefektivitasannya agar dapat digunakan dalam pembelajaran IPA SMP kelas VII pada tema pemanasan global.

References

Adisendjaja, Y. H., & Romlah, O. (2007). Analisis buku ajar sains berdasarkan literasi ilmiah sebagai dasar untuk memilih buku ajar sains (Biologi). In Disampaikan dalam Seminar Pendidikan Nasional di Jurusan Pendidikan Biologi FMIPA (pp. 25-26).

Asfuriyah, S., & Nuswowati, M. (2015). Pengembangan majalah sains berbasis contextual learning pada tema pemanasan global untuk meningkatkan minat belajar siswa. Unnes Science Education Journal, 4(1).

Astutik, S. (2012). Meningkatkan hasil belajar siswa dengan model siklus belajar (learning cycle 5e) berbasis eksperimen pada pembelajaran sains di sdn patrang i jember. Jurnal Ilmu Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 143-153.

Bahtiar, E. T. (2015, October). Penulisan bahan ajar. In Artikel disajikan dalam kegiatan Conference Paper di Bogor.

Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer Science & Business Media.

Hendri, S., & Defianti, A. (2015). Membentuk Keterampilan Argumentasi Siswa Melalui Isu Sosial Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Prosiding Simposium Inovasi dan Pembelajaran Sains.

Indonesia, P. M. L. H. R. (2019). Nomor 05 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata.

Utami Munandar, S. C. (1999). Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Rahayu, S. (2015). Meningkatkan profesionalisme guru dalam mewujudkan literasi sains siswa melalui pembelajaran kimia/IPA berkonteks isu-isu sosiosaintifik (socioscientific issues). Semnas Pendidikan Kimia & Sains Kimia di Fakultas Pendidikan MIPA FKIP Universitas Negeri Cendana.

Sadia, I. W. (2014). Model-model pembelajaran sains konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Santika, A. M., Gusrayani, D., & Jayadinata, A. K. (2016). Penerapan model pembelajaran learing cycle terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 571-580.

Santoso, B. (2011). Pengembangan materi geografi integrasi pemanasan global (global warming) dengan metode problembased learning pada kelas XI di SMA N 1 Suruh. JPP, 1(2).

Sari, D. P. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Learning Cycle pada Materi Suhu dan Perubahannya untuk Siswa SMP Kelas VII (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Sari, O. N., Soekamto, H., & Astina, I. K. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Online Universitas Negeri Malang (http://jurnal-online. um. ac. id/article/do/detail-article/1/41/1566) diakses, 26-11.

Subiantoro, A. W., Aryanti, N. A., Rifai, M., & Ahmad, J. K. (2012). Socio-Scientific Issues-Based Instruction dalam Pelajaran Biologi Lingkungan dan Pengaruhnya Terhadap Reflective Judgment dan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Laporan Penelitian Dosen Yunior Anggota Pusdi Tahun Anggaran 2012.

Sumarni, W. (2010). Penerapan learning cycle sebagai upaya meningkatkan keterampilan generik sains inferensia logika mahasiswa melalui perkuliahan praktikum kimia dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1).

Yuliani, F. (2015). Pengembangan buku saku materi pemanasan global untuk SMP (Doctoral dissertation, universitas negeri semarang).

Downloads

Published

31-03-2021

How to Cite

Naqiyya Nada, H., Koes H, S. ., & Nida, S. . (2021). Pengembangan paket ipa terpadu berbasis learning cycle (LC) 5e untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa SMP/MTs kelas VII tema pemanasan global. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(3), 231–238. https://doi.org/10.17977/um067v1i3p231-238

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)