Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi sistem pencernaan untuk siswa SMP kelas VIII

Authors

  • Ervina Mega Silvia
  • Ibrohim Ibrohim
  • Safwatun Nida

DOI:

https://doi.org/10.17977/um067v1i3p216–225

Keywords:

media pembelajaran, IPA, sistem pencernaan manusia

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yang valid dan layak pada materi sistem pencernaan manusia untuk siswa SMP kelas VIII. Media pembelajaran ini dapat digunakan untuk belajar secara mandiri oleh siswa. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini adalah modifikasi model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan (1974) tanpa tahap penyebaran (Disseminate), karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya. Produk dikemas dalam format apk yang dapat dijalankan pada handphone. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh ahli media dan ahli materi, yang selanjutnya diuji cobakan pada limabelas siswa kelas VIII SMP. Jenis data yang diperoleh bersifat kualitatif dan kuantitatif yaitu berupa angket yang disertai saran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan validasi media oleh validator diperoleh persentase rata-rata sebesar 96,42 persen, artinya media dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan validasi materi oleh validator diperoleh persentase rata-rata sebesar 81,67 persen, artinya materi dinyatakan sangat layak untuk digunakan. berdasarkan validasi RPP oleh validator diperoleh presentase rata-rata sebesar 98,43 persen, artinya RPP dinyatakan sangat layak digunakan. Berdasarkan uji keterbacaan pada limabelas siswa dan seorang guru IPA diperoleh persentase rata-rata sebesar 89,05 persen dan 84,52 persen, artinya media dapat dinyatakan sangat layak untuk digunakan dan dapat diuji cobakan dalam skala yang lebih luas

References

Andoro, I. F. B. (2015). Proses Visualisasi Sistem Operasi Berbasis Multimedia dengan Metode Kognitif Piaget di SMK Ibu Kartini Semarang. Jurnal IC-Tech, 10(2), 52-59.

Arini, Y. D., & Dayani, S. (2013). Visualisasi 3 Dimensi Sistem Peredaran Darah Manusia Menggunakan Teknik Low Poly dan Particle System (Study Kasus: SDN Bintaro 01 Pagi). JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, 6(2).

Bakri, H. (2011). Desain media pembelajaran animasi berbasis adobe flash CS3 pada mata kuliah instalasi listrik 2. Jurnal Medtek, 3(2), 3-4.

Bimo, D. S. (2013). Penerapan lembar kegiatan siswa (LKS) discovery berorientasi keterampilan proses sains untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(2).

Glenn Lauren, Murtiwiyati (2013). Rancang Bangun Aplikasi Pembelajaran Budaya Indonesia Untuk Anak Sekolah Dasar Berbasis Android, 12, 2, 25 December 2013

No, J. S. (2014). Pengembangan media pembelajaran monopoli IPA materi sistem pencernaan makanan untuk siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Malang.

Oktiana, G. D. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis android Dalam bentuk buku saku digital untuk mata pelajaran Akuntansi kompetensi dasar membuat ikhtisar siklus Akuntansi perusahaan jasa di kelas xi man 1 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Skripsi tidak diterbitkan (online). Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta.

SCP, D. I. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Konsep Cahaya Melalui Pembelajaran Science-Edutainment Berbantuan Media Animasi. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).

Pendidikan, K., & Indonesia, K. R. (2016). Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Riduwan, M. B. A. (2006). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Sari, M. (2013). Problematika pembelajaran sains ditinjau dari aspek guru. Al-Ta lim Journal, 20(1), 346-356.

Trianto, M. P. (2012). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi dan Implementasinya.

Vieira, R. M., Tenreiro-Vieira, C., & Martins, I. P. (2011). Critical thinking: Conceptual clarification and its importance in science education. Science education international, 22(1), 43-54.

Wismadi, R. H. (2013). Penggunaan Multimedia Interaktifdalam Pembelajaran Ipa Di SMP. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, (1).

YANURIZNA, M. Y. (2012). Pengembangan Media Interaktif dengan Tema Sistem Pencernaan Manusia Untuk SMP Kelas VIII. Pensa e-jurnal: pendidikan sains, 1(01).

Yuliati, L. (2008). Model-model Pembelajaran Fisika: Teori dan Praktek. Malang: LP3 Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

31-03-2021

How to Cite

Mega Silvia, E. ., Ibrohim, I., & Nida , S. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis android pada materi sistem pencernaan untuk siswa SMP kelas VIII. Jurnal MIPA Dan Pembelajarannya (JMIPAP), 1(3), 216–225. https://doi.org/10.17977/um067v1i3p216–225

Issue

Section

Articles