MEMPERKUAT MOTIVASI BELAJAR BERBASIS BUDAYA: PENDEKATAN KOMPREHENSIF DALAM MENGGABUNGKAN TEACHING AT THE RIGHT LEVEL DENGAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KEBHINEKAAN GLOBAL SISWA

Penulis

  • Nur Huda Fitrianto Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Kata Kunci:

Pendekatan Komprehensif, Mengajar pada Tingkat yang Tepat, Motivasi Belajar, Responsif Secara Budaya Pengajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode komprehensif penggabungan TaRL dan CRT pada pembelajaran PPKn di Muhammadiyah 01 Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari satu siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII A sebanyak 20 orang. Hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes tertulis. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, penerapan pendekatan komprehensif yang menggabungkan TaRL dan CRT pada pembelajaran PPKn menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa sekitar 1,11 persen

Referensi

Ningari, W. F. (2022). Peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan melalui metode pembelajaran contexstual and learning. Didactica: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 31–37

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan penelitian tindakan kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60.

Rahayu, A. S. (2017). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Bumi Aksara

Setiawan, D. 2014. Kapita Selekta Kewarganegaraan. Medan : Cahaya Ilmu Press.

Somantri, M. N. 2001. Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Diterbitkan

2024-02-28

Terbitan

Bagian

Articles