KESESUAIAN ASESMEN DENGAN TAHAPAN PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK, KARAKTERISTIK LINGKUNGAN DAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DI KELAS VIII-A SMPN 15 MALANG

Penulis

  • Novi Mardiningrum Program Studi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Malang, Malang, Indonesia

Kata Kunci:

Penilaian Pembelajaran, Kesesuaian Penilaian, Pengembangan Siswa

Abstrak

Suatu proses pembelajaran dapat berlangsung secara efektif apabila seorang pendidik dapat menentukan penilaian yang tepat. Penilaian sangat penting karena memberikan umpan balik antara guru dan siswa untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran. Oleh karena itu, penting untuk memahami fungsi dan kebutuhan penilaian sebelum menentukannya. Di SMPN 15 Malang, guru memerlukan penilaian yang tepat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penilaian tersebut hendaknya selaras dengan tahapan perkembangan peserta didik, karakteristik lingkungan, dan kemampuan peserta didik. Hal ini mendorong peneliti untuk mengamati penilaian yang digunakan oleh rekannya yaitu Ibu Shalsabila Kharisma pada kelompok PPL SMPN 15 Malang selama siklus berlangsung. Peneliti melakukan observasi pada kegiatan siklus untuk mengevaluasi kesesuaian penilaian tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penilaian selaras dengan tahapan perkembangan peserta didik, karakteristik lingkungan, dan kemampuan siswa kelas VIII A SMPN 15 Malang. Namun mengenai indikator kesesuaian penilaian berdasarkan kemampuan siswa, Ibu Shalsabila telah memperoleh gambaran mengenai tingkat kemampuan awal siswanya. Meski demikian, ia tidak menerapkan penilaian formatif yang membedakan berdasarkan tingkat kemampuan siswa

Referensi

Febriani, A. & Siti S. (2023). Pemahaman Tentang Peserta Didik dan Pembelajarannya. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Azwar, S. (2010). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sukmadinata, N. S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Chaerunisa, F. D. (2019). Membangun Kreatifitas dan Inovatif Peserta Didik Melalui Internet Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 684.

Muis, A. A., Salmiati, Arham, M., Aripail, M., & Djollong, A. F. (2022). Pengembangan Guru Kreatif dan Inovatif dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Pada Mata Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah Parepare. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 738.

Hamda, N., Nurhasanah, E., & Tasia, F. Erda. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Inovatif. Aufklarung: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 1(2), 133.

Alfan, M, dkk. (2023). Etika dan Profesionalisme Guru. Malang: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Diterbitkan

2024-02-28

Terbitan

Bagian

Articles