Teknologi Informasi Tentang Sebagai Dasar Transformasi Menjadi Masyarakat Digital Dan Industri 5.0

Penulis

  • Muhammad Younas Darvish Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Anik Nur Handayani Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v2i112022p522-526

Kata Kunci:

teknologi informasi, masyarakat digital, industri 5.0

Abstrak

This abstract will provide an overview of the concept of a digital society and industry 5.0, which is a new paradigm of industry that focuses on the integration of advanced technologies with a human-centric approach. The digital society is an emerging trend where technology is transforming the way people live, work, and interact with each other. The type of factories 5.0 refers to the next phase of industrial revolution, where the focus is not just on automation, but also on empowering and augmenting human labor. The integration of advanced technologies, such as Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), and Big Data, is enabling the creation of intelligent, human-centric systems that can interact with humans in a natural and intuitive way. This transformation is enabled by the advancements in Information Technology (IT), which have made it possible to create more intuitive and interactive systems. However, as we move towards Industry 5.0, it is important to keep in mind the importance of ethical and responsible use of technology to ensure that it benefits society.

Abstrak ini akan memberikan gambaran tentang konsep masyarakat digital dan industri 5.0, yang merupakan paradigma baru industri yang berfokus pada integrasi teknologi canggih dengan pendekatan human centric. Masyarakat digital adalah tren yang muncul di mana teknologi mengubah cara orang hidup, bekerja, dan berinteraksi satu sama lain. Tipe pabrik 5.0 mengacu pada fase revolusi industri berikutnya, di mana fokusnya tidak hanya pada otomatisasi, tetapi juga pada pemberdayaan dan penambahan tenaga kerja manusia. Integrasi teknologi canggih, seperti Artificial Intelligence (AI), Internet of Things (IoT), dan Big Data, memungkinkan terciptanya sistem cerdas yang berpusat pada manusia yang dapat berinteraksi dengan manusia secara alami dan intuitif. Transformasi ini dimungkinkan oleh kemajuan Teknologi Informasi (TI), yang memungkinkan terciptanya sistem yang lebih intuitif dan interaktif. Namun, saat kita bergerak menuju Industri 5.0, penting untuk diingat pentingnya penggunaan teknologi yang etis dan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa teknologi tersebut bermanfaat bagi masyarakat secara keseluruhan..

Referensi

R. Duque, M. Collins, J. Abbate, C.C. Azambuja, M. Snaprud. (2007). History of ICT. In: Shrum, W., Benson, K.R., Bijker, W.E., Brunnstein, K. (eds) Past, Present and Future of Research in the Information Society. (Springer, Boston, MA).

E. Agus & Zulfahmi, “Pengaruh Globalisasi Terhadap Nilai Nasionalisme GenerasiMuda”, IURIS STUDIA: Jurnal Kajian Hukum. 2(1) 26-33 (2021).

A. Deguchi, C. Hirai, H. Matsuoka, T. Nakano, K. Oshima. Society 5.0: A people- centric super-smart Society. (Springer Singapore, 2020).

A.O. Adebayo, M.S. Chaubey & L.P. Numbu. (2019). Industry 4.0: The Fourth Industrial Revolution and How It Relates to The Application of Internet of Things (IoT). Journal of Multidisciplinary Engineering Science Studies (JMESS), 5(2), 2477–2482.

J. Breuilly. The Oxford Handbook of the history of nationalism. (Oxford UniversityPress, 2016)

L. Jensen, ed. The Roots of Nationalism: National Identity Formation in Early Modern Europe, 1600-1815. (Amsterdam University Press, 2016).

G. Hendrastomo. “Nasionalisme Vs Globalisasi ‘Hilangnya’ Semangat Kebangsaan

Dalam Peradaban Modern”. DIMENSIA, 1(1), 1-11 (2007).

D. E. H. Edgerton. “The contradictions of techno-nationalism and techno- globalism:A historical perspective”. New Global Studies, 1(1), 1–32, (2007).

S. Amir. “The regime and the airplane: High Technology and Nationalism in Indonesia”. Bulletin of Science, Technology & Society, 24(2), 107–114 (2004).

R. A. Putrandi. “Fenomena Istilah 'Overproud Indonesians' sebagai Dampak Dari Post-Colonialism Melalui Budaya Populer Film Asing di Indonesia”. Jurnal Tranformasi Global, 1(1), 1–11 (2021).

N. Ainiyah. “Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial”, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia,2(2), 221-236 (2018).

Diterbitkan

2022-11-30

Terbitan

Bagian

Articles