Urgensi Mahasiswa dalam Mendalami Literasi Digital dengan Konsep Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Kewarganegaraan sebagai Penguatan Karakter di Era Society 5.0

Penulis

  • Ardi Anugerah Wicaksana Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Harits Ar Rosyid Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v2i102022p441-445

Kata Kunci:

pendidikan, literasi, mahasiswa

Abstrak

In the age of society 4.0, digital literacy is a talent that every student needs to possess. Through digital literacy in online media, pupils can develop their own unique character. But in the current 4.0 age, where technology can alter a person's attitude and perspective, it is very difficult to develop strong student character. With today's lightning-fast technology, any information can be quickly accepted by a person, allowing all foreign cultural material to enter without being filtered first and allowing students to mix up and imitate negative things. The significance of digital literacy for students is discussed in this article, along with how learning about Islamic religious education and citizenship can bolster character when dealing with society 5.0. The author stresses the significance of digital literacy skills for students in a time when reliance on technology is growing. The author also emphasizes the significance of having a strong character when overcoming obstacles in the digital age. The technique that has been suggested is a theoretical investigation of the idea of learning Islamic religious education and citizenship, which can be a useful substitute for building students' moral character and preparing them for the Society 5.0 era.

Literasi digital adalah kemampuan yang pasti dimiliki oleh setiap mahasiswa saat ini di era society 4.0. Dengan literasi digital mahasiswa dapat membangun personal karakternya sendiri melalui literasi digital di media online. Namun membangun karakter mahasiswa yang kuat di era society 4.0 sangatlah rumit, sebab di era 4.0 sekarang ini teknologi mampu merubah sikap dan cara pandang seseorang. Dengan teknologi yang super cepat, semua informasi dapat dengan mudah diterima oleh seseorang sehingga semua konten budaya asing dapat masuk dengan mudah tanpa penyaringan terlebih dahulu, sehingga hal-hal negatif dapat tercampur dan ditiru oleh mahasiswa. Artikel ini membahas tentang pentingnya literasi digital bagi mahasiswa dan bagaimana konsep pembelajaran pendidikan agama Islam dan kewarganegaraan dapat menjadi penguatan karakter ketika menjumpai masa society 5.0. Penulis menekankan bahwa dalam era yang semakin tergantung pada teknologi, kemampuan literasi digital menjadi semakin penting bagi mahasiswa. Selain itu, penulis juga menyoroti pentingnya karakter yang kuat dalam menghadapi tantangan di era digital. Metode yang diusulkan adalah kajian teori tentang konsep pembelajaran pendidikan agama Islam dan kewarganegaraan dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mengembangkan karakter mahasiswa yang tangguh dan mampu menghadapi era Society 5.0.

Referensi

Muyassaroh, I., Arsanti, M., Hasanudin, C. (2022). Urgensi Literasi Digital Bagi Mahasiswa Di Era Society 5.0. Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, dan Pengajarannya Volume 1 (hlm. 81-90). (Protasis) Universitas Sultan Agung Semarang.

Mursyidah, N. (2023). Arah Baru Pembelajaran pada Mahasiswa di Era Society 5.0. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma Volume 9 (hlm. 14-20). Universitas islam Kebangsaan Indonesia Aceh.

Bahri, S. (2022). Konsep Pembelajaran PAI di Era Society 5.0. Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam Volume 2 no. 2. Universitas Ibrahimy Sukorejo Situbondo.

Kirani, A. P., Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan sebagai Pedoman dalam Menghadapi Era Society 5.0 Mendatang. Jurnal Educatio Volume 8 No. 2 (pp. 767-773). Universitas Sebelas Maret.

Yuniarto, B., & Yudha, R. (n.d). Literasi Digital sebagai Penguatan pendidikan Karakter Menuju Era Society 5.0. Diakses 21, Februari 2023, dari https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/8096.

Putra, H. P. (2019). Tantangan Pendidikan Islam dalam Menghadapi Society 5.0. Jurnal islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman Volume 19 No.02 (hlm. 99-110). Institut Agama Islam Negeri Kerinci.

Rahayu, K. N. S. (2021). Sinergi Pendidikan Menyongsong Masa Depan Indonesia DI Era Society 5.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar Volume 2 No. 1 (hlm. 87-100). Universitas Pendidikan Ganesha Indonesia.

Widiatmaka, Pipit., Shofa, Aris. (2022). Strategi Mata Kuliah Pendidikan Pancasila dalam Membentuk Karakterik Nasionalisme Mahasiswa di Era Society 5.0. Jurnal Civic Hukum Volume 7 No. 2 (hlm 110-112). Universitas Muhammadiyah Malang.

Alfikri, Muchsin. (2021). Peluang dan Tantangan Perguruan Tinggi Menghadapi Revolusi DIgital di Era Society 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidkan Volume 3. Universitas Sangga Buana. Diakses dari https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/621

Apriyanto, Frengki. (2022). Peran Generasi Muda Terhadap Perkembangan Teknologi Digital di Era Society 5.0. Media Husada Journal of Community Service Volume 2 No. 2 (hlm. 130-134). STIKES Widya Husada Malang.

Diterbitkan

2022-10-30

Terbitan

Bagian

Articles