Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Pada Masa Society 5.0

Penulis

  • Fatma Yuniardini Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Harits Ar Rosyid Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v2i62022p298-293

Kata Kunci:

gadget, pengaruh sosial, society 5.0

Abstrak

This article discusses the influence of gadgets on children's social development during society 5.0. During society 5.0, many changes occurred, including the use of gadgets. The use of gadgets can change human life during Society 5.0. The influence of gadgets can be grouped into positive and negative influences.Direction from article to examine gadget cause for society 5.0. The method chosen for this article is the literature study method, which involves acquiring data from dependable sources relating to the subjects covered. The findings of this article aim to examine how youngsters use devices, the nature of their inability to socialize, and their inability to communicate. However, the presence of gadgets has several positive implications for kids in the era of society 5.0, could even help expand children's perspectives, change children to be more innovative, and even contribute to making children productive. It can be concluded that gadgets have positive and negative influences on children's social development during Society 5.0

Artikel ini membahas tentang Pengaruh gadget terhadap perkembangan sosial anak pada masa society 5.0. Pada masa society 5.0 terdapat perubahan termasuk dengan penggunaan gadget. Penggunaan gadget dapat merubah kehidupan manusia di era Society 5.0. Pengaruh gadget dapat menjadi dua yaitu pengaruh negatif dan positif. Tujuan artikel ini yaitu mengetahui pengaruh gadget bagi perkembangan sosial anak pada masa society 5.0. Metode yang dipilih untuk artikel ini menggunakan metode studi literatur dengan cara mengumpulkan informasi dari sumber terpercaya dan selaras dengan pembahasan topik. Hasil dari artikel ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari gadget oleh anak, sifat kurangnya sosialisasi dan kurang nya komunikasi pada anak.Namun pengaruh gadget juga banyak berdampak positif bagi anak-anak pada masa society 5.0 bisa menambah pengetahuan anak semakin luas, anak semakin kreatif, dan juga bisa membuat anak produktif. Dapat disimpulkan bahwa gadget mempunyai efek positif dan negatif pada pertumbuhan sosial putra putri pada masa Society 5.0

Referensi

ALHEFEITI, F. S. O. (2018). Society 5.0 A human-centered society that balances economic advancement with the resolution of social problems by a system that highly integrates cyberspace and physical space (Doctoral dissertation, The British University in Dubai (BUiD)).

Izza, H. (2020). Meningkatkan perkembangan sosial anak usia dini melalui metode proyek. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 951-961.

Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti, N. (2021). Revolusi industri 4.0: Peran teknologi dalam eksistensi penguasaan bisnis dan implementasinya. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2), 91-98.

Putri, L. D. (2021). Waspadai dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan sosial anak usia dini. Jendela PLS: Jurnal Cendekiawan Ilmiah Pendidikan Luar Sekolah, 6(1), 58-66.

Sadiyoko, A., & Naa, C. F. Industry 4.0: Pengaruhnya terhadap Rencana Strategis Pengembangan Jangka Panjang Teknik Mekatronika UNPAR. Jurnal Otomasi Kontrol Dan Instrumentasi, 10(2), 485860.

Salgues, B. (2018). Society 5.0: industry of the future, technologies, methods and tools. John Wiley & Sons.

Susilo, B. (2019). Dampak positif perkembangan teknologi informasi terhadap tumbuh kembang anak. SINDIMAS, 1(1), 139-143.

Talango, S. R. (2020). Konsep perkembangan anak usia dini. Early Childhood Islamic Education Journal, 1(1), 93-107.

Teknowijoyo, F., & Marpelina, L. (2022). Relevansi Industri 4.0 dan Society 5.0 Terhadap Pendidikan Di Indonesia. Educatio, 16(2), 173-184.

Zaini, M., & Soenarto, S. (2019). Persepsi orangtua terhadap hadirnya era teknologi digital di kalangan anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 254-264.

Diterbitkan

2022-06-30

Terbitan

Bagian

Articles