Pengaruh Penggunaan Game Online Terhadap Generasi Muda Society 5.0

Penulis

  • Chalista Yulia Hazizah Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Anik Nur Handayani Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v2i62022p272-276

Kata Kunci:

game online, society 5.0, generasi muda

Abstrak

This article tells about the effects  of online games on the younger generation in the Society 5.0. This article describes the notion in online games, the understanding on younger generation in this era, and the effects when using online games on the younger generation. The method to compile article is library research, where you look for journals or scientific articles from trusted sources related to related discussions. Online games are currently very trendy for younger generation in Society 5.0. Online games are technology that can influence the players. The effects can be positive or negative. As the younger generation, we really need to update and understand trending technology, but we shouldn't be influenced to the point of having a negative impact on ourselves. The younger generation is the successor in the future, who must be firm and wise in processing or sorting existing technology, because technology have a positive and negative impact if we do not sort and limit its use.

Artikel ini membahas tentang Pengaruh game online terhadap generasi muda pada era Society 5.0. Pada artikel ini dipaparkan tentang pengertian game online, pengertian generasi muda pada era society 5.0, dan pengaruh penggunaan game online terhadap generasi muda Society 5.0. Metode pencarian data yang dilakukan yaitu studi kepustakaan, dimana mencari jurnal atau artikel ilmiah dari sumber terpercaya yang berhubungan dengan pembahasan terkait. Game online saat ini sangat trend digunakan oleh generasi muda pada era Society 5.0. Game online adalah teknologi yang bisa memberi pengaruh kepada pemainnya. Pengaruh yang diberikan bisa pengaruh positif maupun negatif. Sebagai generasi muda memang perlu untuk update dan mengerti tentang teknologi yang sedang trend, namun tidak boleh terpengaruh hingga memberikan dampak yang negatif bagi diri sendiri. Generasi muda adalah penerus di masa depan yang harus bisa tegas dan bijak dalam mengolah atau memilih teknologi yang ada, karena teknologi bisa memberi dampak positif juga dampak negatif jika kita tidak memilih dan membatasi penggunaannya.

Referensi

Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa Di Lingkungan Sma Negeri 1 Bayang. Journal Of Civic Education, 3(1), 1-10.

Nasution, M. A., Januri, M. R., & Shodikin, M. A. (2022). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Sosial Siswa Smpn 1 Puncak Sorik Marapi: Sebuah Analisis Fenomenologis [Impact Of Online Games On Social Behavior Of Smpn 1 Puncak Sorik Marapi Students: A Phenomenological Analysis]. Acta Islamica Counsenesia: Counselling Research And Applications, 2(2).

Hadiapurwa, A., Riani, P., Yulianti, M. F., & Yuningsih, E. K. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Untuk Membekali Kompetensi Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Society 5.0. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(1), 115-129.

Transmawati, M., & Sartika, W. (2019, July). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Remaja. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Zatrahadi, M. F., Darmawati, D., & Yusra, N. N. (2021). The Effect Of Online Game Addiction On Adjustment Social In Adolescents. Indonesian Journal Of Creative Counseling, 1(1), 15-19.

Machfiroh, R., Rahmansyah, A., & Budiman, A. (2021, February). The Effect Of Massively Multiplayer Online Game On Player Behaviour. In Journal Of Physics: Conference Series (Vol. 1764, No. 1, P. 012081). Iop Publishing.

Pratiwi, A., & Yusnaldi, E. (2022). Analisis Pengaruh Game Online Terhadap Kegiatan Sosial Dan Minat Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu: Jurnal Of Elementary Education, 6(3), 4524-4530.

Diterbitkan

2022-06-30

Terbitan

Bagian

Articles