Tinjauan Pengaruh Kecerdasan Buatan terhadap Pembelajaran untuk Menghadapi Masa Society 5.0

Penulis

  • Ahmad Adi Prasetyo Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Harits Ar Rosyid Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v2i62022p267-271

Kata Kunci:

pembelajaran, kecerdasan buatan, society 5.0

Abstrak

The arrival of society 5.0 requires educational readiness so that people can adapt more easily at that time. This study therefore aims to examine how the use of artificial intelligence affects learning and determine its effectiveness and usefulness. A qualitative methodology comprising a literature review on the use of artificial intelligence in education and education in society 5.0 was utilized in this study. The application of an intelligent learning system is one way to welcome the coming of society 5.0. This system applies artificial intelligence so that it can realize personalized learning, assist teachers in knowing differences and mapping the abilities of each student, facilitate teachers in matters of an administrative nature, and become a medium for obtaining information. Therefore, teachers can determine learning methods that match the needs of students. From a student's perspective, it will also be facilitated in terms of obtaining information and doing assignments with this system. But this development must also be accompanied by the ability to think at a higher level and think creatively so that existing educational technology can be utilized to the fullest.

Kedatangan masa society 5.0 memerlukan kesiapan pendidikan sehingga masyarakat dapat beradaptasi lebih mudah pada masa itu. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja dampak penggunaan kecerdasan buatan terhadap pembelajaran dan mengetahui keefektifan dan kebermanfaatannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studi literatur untuk membahas tentang penerapan kecerdasan buatan di pendidikan dan pendidikan pada masa society 5.0. Penerapan sistem pembelajaran cerdas menjadi salah satu cara untuk menyambut datangnya masa society 5.0. Sistem ini menerapkan kecerdasan buatan sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang terpersonalisasi, membantu pengajar dalam mengetahui perbedaan dan memetakan kemampuan setiap pelajar, memudahkan pengajar dalam hal-hal yang sifatnya administratif, serta menjadi media untuk memperoleh informasi. Dengan demikian, pengajar bisa menentukan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pelajar. Dari sisi pelajar, ia akan dimudahkan dalam hal pemerolehan informasi dan pengerjaan tugas dengan adanya sistem tersebut. Tetapi perkembangan ini juga harus diikuti dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi dan berpikir kreatif sehingga teknologi pendidikan yang ada dapat dimanfaatkan dengan maksimal.

Referensi

Ali, S., Payne, B. H., Williams, R., Park, H. W., & Breazeal, C. (2019). Constructionism, ethics, and creativity: Developing primary and middle school artificial intelligence education. International workshop on education in artificial intelligence k-12 (eduai’19) (Vol. 2, pp. 1-4).

Ahmad, S. F., Alam, M. M., Rahmat, M., Mubarik, M. S., & Hyder, S. I. (2022). Academic and administrative role of artificial intelligence in education. Sustainability, 14(3), 1101.

Barakina, E. Y., Popova, A. V., Gorokhova, S. S., & Voskovskaya, A. S. (2021). Digital Technologies and Artificial Intelligence Technologies in Education. European Journal of Contemporary Education, 10(2), 285-296.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi Kelima) [Versi daring]. Diakses dari https://kbbi.kemdikbud.go.id/

Cope, B., Kalantzis, M., & Searsmith, D. (2021). Artificial intelligence for education: Knowledge and its assessment in AI-enabled learning ecologies. Educational Philosophy and Theory, 53(12), 1229-1245.

Devianto, Y., & Dwiasnati, S. (2020). Kerangka kerja sistem kecerdasan buatan dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia Indonesia. InComTech: Jurnal Telekomunikasi dan Komputer, 10(1), 19-24.

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). In Prosiding Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya (No. 1, pp. 1-14).

Holmes, W., Bialik, M., & Fadel, C. (2020). Artificial Intelligence in Education.

Luan, H., Geczy, P., Lai, H., Gobert, J., Yang, S. J., Ogata, H., ... & Tsai, C. C. (2020). Challenges and future directions of big data and artificial intelligence in education. Frontiers in psychology, 11, 580820.

Manongga, D., Rahardja, U., Sembiring, I., Lutfiani, N., & Yadila, A. B. (2022). Dampak Kecerdasan Buatan Bagi Pendidikan. ADI Bisnis Digital Interdisiplin Jurnal, 3(2), 41-55.

Oktradiksa, A., Bhakti, C. P., Kurniawan, S. J., & Rahman, F. A. (2021). Utilization artificial intelligence to improve creativity skills in society 5.0. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1760, No. 1, p. 012032). IOP Publishing.

Ouyang, F., & Jiao, P. (2021). Artificial intelligence in education: The three paradigms. Computers and Education: Artificial Intelligence, 2, 100020.

Pitula, B. (2021). The Teacher and the Idea of Society 5.0-Initial Diagnosis of the Problem. Polish Pol. Sci. YB, 50, 149.

Puspitaningsih, S., Irhadtanto, B., & Puspananda, D. R. (2022). The Role of Artificial Intelligence in Children's Education for A Digital Future. KnE Social Sciences, 642-647.

Ririh, K. R., Laili, N., Wicaksono, A., & Tsurayya, S. (2020). Studi Komparasi Dan Analisis Swot Pada Implementasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) Di Indonesia. Jurnal Teknik Industri, 15(2), 122-133.

Schiff, D. (2021). Out of the laboratory and into the classroom: the future of artificial intelligence in education. AI & society, 36(1), 331-348.

Utami, R. (2020). Integrasi kurikulum di indonesia dalam menghadapi era society 5.0. Proceeding IAIN Batusangkar, 1(3), 213-218.

Diterbitkan

2023-05-05

Terbitan

Bagian

Articles