Implementasi SCRUM pada Pengembangan Aplikasi Sistem ADI STETSA SMAN 4 Malang : Bidang Sarana Prasarana

Penulis

  • Kevin Raihan Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Aji Wibawa Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Ilham Zaeni Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Afifah Salim Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v1i72021p489-497

Kata Kunci:

sistem informasi, sarana prasarana, scrum

Abstrak

Educational facilities and infrastructure are all equipment/facilities used in the learning process to achieve educational goals. Educational facilities and infrastructure have a function to support the learning process carried out by students and teachers in the classroom. Management of educational facilities and infrastructure is a management activity that begins with planning needs, procurement, inventory, storage, school maintenance efficiently and on target. An example of the implementation of facilities and infrastructure management activities is at SMAN 4 Malang, where the facilities and infrastructure management activities carried out are data collection of goods and rooms catalogs as well as data collection of borrowed goods and rooms. Management of facilities and infrastructure at SMAN 4 Malang is difficult because of the large amount of data that must be managed. The development of the ADI STETSA Information System (Digital Application Studium Et Sapientia) for SMAN 4 Malang was developed using the SCRUM method because in this method everyone can adaptively overcome complex problems while productively and creatively producing high-value products. The process of developing the ADI STETSA information system was carried out in 5 sprints. The resulting information system can be used for infrastructure services at SMAN 4 Malang.

Sarana dan prasarana pendidikan adalah semua perlengkapan/fasilitas yang digunakan dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan. Sarana dan prasarana pendidikan memiliki fungsi untuk mendukung proses pembelajaran yang dilakukan siswa dan guru di dalam kelas. Pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan merupakan kegiatan manajemen yang dimulai dengan perencanaan kebutuhan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, pemeliharaan sekolah secara efisien dan tepat sasaran. Contoh pelaksanaan kegiatan pengelolaan sarana dan prasarana terdapat di SMAN 4 Malang, dimana kegiatan pengelolaan sarana dan prasarana yang dilakukan adalah pendataan katalog barang dan ruangan serta pendataan barang dan ruangan yang dipinjam. Pengelolaan sarana dan prasarana di SMAN 4 Malang sulit dilakukan karena banyaknya data yang harus dikelola. Pengembangan Sistem Informasi ADI STETSA (Aplikasi Digital Studium Et Sapientia) untuk SMAN 4 Malang dikembangkan dengan menggunakan metode SCRUM karena dalam metode ini setiap orang dapat secara adaptif mengatasi masalah kompleks sambil secara produktif dan kreatif menghasilkan produk bernilai tinggi. Proses pengembangan sistem informasi ADI STETSA dilakukan sebanyak 5 sprint. Sistem informasi yang dihasilkan dapat digunakan untuk layanan sarana prasarana di SMAN 4 Malang.

Referensi

Angara, J., Prasad, S., & Sridevi, G. (2020). DevOPs project management tools for sprint planning, estimation and execution maturity. Cybernetics and Information Technologies, 20(2), 79–92. https://doi.org/10.2478/cait-2020-0018

Ardhiyani, R. P., & Mulyono, H. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pariwisata Berbasis Web Sebagai Media Promosi Pada Kabupaten Tebo. Jurnal Manajemen Sistem Informasi, 3(1), 952–972.

Bening Kinasih, D. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Kinerja Karyawan (Studi Kasus: Modena Strategy System). Jurnal SNATi, 1.

Bolloju, N., Gupta, A., Alter, S., Gupta, S., & Jain, S. (2017). Improving scrum user stories and product backlog using work system snapshots. AMCIS 2017 - America’s Conference on Information Systems: A Tradition of Innovation, 2017-Augus(2016), 1–10.

Budi, D. S., Siswa, T. A. Y., & Abijono, H. (2016). Analisis Pemilihan Penerapan Proyek Metodologi Pengembangan Rekayasa Perangkat Lunak. Teknika, 5(1), 24–31. https://doi.org/10¬.34148/-TEKNIKA.V5I1.48

Budiyanto, K. S., Windasari, I. P., Windarto, Y. E., & Ulfiana, D. (2020). Sistem Informasi Geografis berbasis Web untuk Penentuan Prioritas Pembangunan Embung. Jurnal Komputer Terapan , 6(2), 169–181. https://doi.org/10.35143/JKT.V6I2.3642

Connolly-Barker, M., Kliestik, T., Suler, P., & Zvarikova, K. (2020). Real-time decision-making in the information technology-driven economy: Planning, managing, and operating smart sustainable cities. Geopolitics, History, and International Relations, 12(1), 73–79. https://doi.org/10.22381/GHIR12120206

De Cerff, W. S., Van De Vegte, J., Boers, R., Brandsma, T., Haij, M. De, Moosel, W. Van, Noteboom, J. W., Pagani, G. A., & Van Der Schrier, G. (2018). Agile development in meteorological r&d achieving a minimum viable product in a scrum work setting. Bulletin of the American Meteorological Society, 99(12), 2507–2518. https://doi.org/10.1175/BAMS-D-17-0273.1

Dewi, R. D. K., Gumilang, S. F. S., & Adi, T. N. (2015). Membangun Crowdsourcing Diet Sehat Menggunakan Metode Scrum (Sisi Penyedia Exercise). Jurnal Rekayasa Sistem & Industri (JRSI), 2(04), 67. https://doi.org/10.25124/jrsi.v2i04.54

Faulinda, E. N., & Aghni Rizqi Ni’mal, ‘Abdu. (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Edcomtech : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66.

Gutama, R., & Dirgahayu, T. (2021). Implementasi Scrum Pada Manajemen Proyek Pengembangan Aplikasi Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan ( SMEP ). Informatics Departement Universitas Islam Indonesia, Vol 2, 7.

Haryana, K. (2019). Penerapan Agile Development Methods Dengan Framework Scrum Pada Perancangan Perangkat Lunak Kehadiran Rapat Umum Berbasis Qr-Code. Jurnal Computech & Bisnis, 13(2), 70–79.

Imron, M., Sutikno, G. R., & Dazki, I. N. (2020). Implementasi Push Notification Pada Sistem Peminjaman Sarana dan Prasarana Berbasis Website. Jurnal Informatika, 7(2), 174–182. https://doi.org/-10.31294/ji.v7i2.8694

Irmayani, W., & Susyatih, E. (2017). Sistem Informasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa Berorientasi Objek. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(1), 59–59.

Karabulut, A. T., & Ergun, E. (2018). a New Way of Management: a Scrum Management. International Journal of Commerce and Finance, 4(2), 108–117.

Kurniawan, F. F., Shidiq, F. R., & Sutoyo, E. (2020). WeCare Project: Development of Web-based Platform for Online Psychological Consultation using Scrum Framework. Bulletin of Computer Science and Electrical Engineering, 1(1), 33–41. https://doi.org/10.25008/bcsee.v1i1.6

Mahnič, V. (2015). Scrum in software engineering courses: An outline of the literature. Global Journal of Engineering Education, 17(2), 77–83.

Muntean, M., & Surcel, T. (2013). Agile BI – The Future of BI. Informatica Economica, 17(3/2013), 114–124. https://doi.org/10.12948/issn14531305/17.3.2013.10

Pohl, C., & Hof, H.-J. (2015). Secure Scrum: Development of Secure Software with Scrum.

Prandawa, B. L., & Muliawati, A. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Pengaduan Sarana dan Prasarana Berbasis Web (Studi Kasus : Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta). Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer Dan Aplikasinya (SENAMIKA), 123–135.

Prastio, C. E., & Ani, N. (2018). Aplikasi Self Service Menu Menggunakan Metode Scrum Berbasis Android ( Case Study : Warkobar Café Cikarang ). Jurnal PETIR, 11(2), 203–220.

Ramadan, N., & Megahed, S. (2016). Requirements Engineering in Scrum Framework. International Journal of Computer Applications, 149(8), 24–29. https://doi.org/10.5120/ijca2016911530

Risdianto, E. (2019). Analisis pendidikan indonesia di era revolusi industri 4.0. Researchgate.Net.

Riskiono, S. D., & Reginal, U. (2018). Sistem Informasi Pelayanan Jasa Tour Dan Travel Berbasis Web (Studi Kasus Smart Tour). Jurnal Informasi Dan Komputer, 6(2), 51–62. https://doi.org/10.35959/-jik.v6i2.112

Sasmito, G. W., Wibowo, D. S., & Dairoh, D. (2020). Implementation of Rapid Application Development Method in the Development of Geographic Information Systems of Industrial Centers. Journal of Information and Communication Convergence Engineering, 18(3), 194–200. https://doi.org/10.6109/¬jicce.2020.18.3.194

Schwaber, K., & Sutherland, J. (2020). The Scrum Guide. Software in 30 Days, 133–152. https://doi.org/-10.1002/9781119203278.app2

Sholihati, Z. I., & Tahyudin, I. (2022). JURNAL RESTI Pengembangan Aplikasi Tiga-Tingkat Menggunakan Metode Scrum pada. JURNAL RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 6, 169–176.

Tavares, B. G., Da Silva Eduardo, C., & De Souza, A. (2017). Risk management in scrum projects: A bibliometric study. Journal of Communications Software and Systems, 13(1), 1–8. https://doi.org/¬10.-24138/¬jcomss.v13i1.241

Topan, M., Wowor, H. F., & Najoan, X. B. N. (2015). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Berbasis Web Studi Kasus : Rumah Sakit TNI AU Lanud Sam Ratulangi. E - Journal Teknik Informatika, 6(1), 1–6.

Watuseke, Z. N., Kaparang, D. R., & Liando, O. E. S. (2022). Sistem Informasi Manajemen Sarana dan Prasarana Pada Jurusan PTIK Universitas Negeri Manado. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Volume 2 Nomor 1, Februari 2022, 2, 52–64.

Widayati, Y. T., Prihati, Y., Widjaja, S., Prakoso, S. A., & Notobudojo, A. R. (2021). Implementasi Twitter Bootstrap dalam Pengembangan Aplikasi Web E-Commerce (Studi Kasus Toko Putra Reban Kendal). Jurnal Transformatika, 19(1), 26. https://doi.org/10.26623/transformatika.v19i1.3541

Diterbitkan

2021-07-28

Terbitan

Bagian

Articles