Efek Komunikasi Massa Terhadap Masyarakat di Era Society 5.0

Authors

  • Roudhotulloh Nazakhan Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Aji Wibawa Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v2i112022p510-515

Keywords:

komunikasi massa, masyarakat 5.0, transformasi digital

Abstract

The rapid advancement of technology and communication brings significant changes to the industrial landscape and society as a whole. The concept 5.0, derived from the Fourth Industrial revolution, focuses on the use of technology and communication to solve social issues and create a better sustainability. Communication is considered cruialin society 5.0, particulary in the context of technologial development and digital transformation. In this era, society 5.0 is changing its methods of communication, and the impact of these changes is evident. This literatur review employs a method of collecting data from various written and electronic sources. The result indicate that mass communication has both negative and positif  effects, and it is essential for individuals to learn about media literature to filter incoming information and understand and identify the quality of the message. With the continued development of technology and digital transformation, it is hoped that society can create a more inclusive, sustainable, and innovative future.

Kemajuan teknologi dan komunikasi yang terus berkembang membawa perubahan besar dalam tatanan industri dan kehidupan masyarakat. Konsep society 5.0 yang dihasilkan dari revolusi industri 4.0 berfokus pada penggunaan teknologi dan komunikasi untuk mneyelesaikan permasalahan sosial dan menciptakan keberlanjutan yang lebih baik. Komunikasi dalam society 5.0 dianggap penting, terutama dalam konteks pengembangan teknologi dan trasnformasi digital. Masyarakat dalam era society 5.0 mulai mengubah metode komunikasi mereka, dan perubahan komunikasi dalam masyarakat dapat dilihat dengan jelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kepustakaan, dengan mencari serta mengumpulkan data dari berbagai dokumen tertulis maupun elektronik. Hasil penelitian menunjukan bahwa komuniikasi massa memiliki efek positif dan negatif, dan tentunya masyarakat harus mempelajari literatur media sehingga dapat memfilter informasi yang diterima agar dapat memahami dan mengindentifikasi kualitas isi pesan yang diterima dan dengan pengembangan teknologi dan transformasi digital diharapkan masyarakat dapat menciptakan masyarakat yang inklusif, berkelanjutan dan inovatif.

References

Hamid, A.H. (2016). Mass Media Effect on Changes in Social Community. Journal of Sciences and Humanities. 11. 214-226.

Kustiawan, W., Siregar, FK, Alwiyah, S., Lubis, RA, Gaja, FZ, & Pakpahan, NS (2022). KOMUNIKASI MASSA. Jurnal Analytica Islamica , 11 (1), 134-142.

Laksono, P. (2019). Kuasa Media Dalam Komunikasi Massa. Al-Tsiqoh : Jurnal Ekonomi Dan Dakwah Islam , 4 (2), 49-61.

Lang, K., & Lang, GE (2009). Masyarakat massa, budaya massa, dan komunikasi massa: Makna massa. Jurnal Komunikasi Internasional , 3. 20.

McQuail, D. (2010). teori komunikasi massa McQuail . Publikasi bijak.

Nurharpani, N. (2022). PENDIDIKAN KOMUNIKASI MASSA KEPADA MASYARAKAT. Ensiklopedia of Journal, 4(2), 106-110.

Setyawati, I. (2008). Peran Komunikasi Massa dalam Perubahan Budaya dan Perilaku Masyarakat. Fokus Ekonomi, 2 (3).

Syaekhu, A. (2018). Effect of personality and interpersonal communication on organizational commitment. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik, 8(1), 61-68.

Thaha, H. (2009). Media Massa Dan Masyarakat. AL TAJDID, 1(1).

Downloads

Published

30-11-2022

Issue

Section

Articles