E-Learning Telah Menjadi Platform Pembelajaran Yang Dominan di Era Society 5.0

Authors

  • Shohwatul Hana Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Aji Wibawa Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v2i102022p481-491

Keywords:

society 5.0, e-learning, pendidikan

Abstract

The fourth industrial revolution is a technological advancement that centers around machine-based systems as a solution to human error, with the aim of improving life on a global scale. While Japan considers society 5.0 as a substitute for technology-driven fourth industrial revolution remains a crucial component in supporting global education, particularly through the implementation of an e-learning system. This study employs a qualitative approach and presents descriptive research, concluding that e-learning is a safe and viable option in the ongoing industrial revolution 4.0. By means of electronic learning, students are able to easily engage in the learning process, while educators such as lecturers and teachers can prepare learning materials and upload them onto the e-learning platform. Such examples of e-learning can effectively enhance the practicality of teaching and learning activities, with students able to produce interactive activities and easily access teaching materials uploaded onto the platform.

Perkembangan adalah hal yang terjadi dalam Jepang menganggap pendekatan "Rakyat 5.0" sebagai alternatif yang mendorong pemanfaatan teknologi dalam Revolusi Industri 4.0, dengan fokus pada pengembangan sistem yang lebih manusiawi dan berkelanjutan, sebagai solusi untuk mengatasi kelemahan manusia dalam memperbaiki kualitas hidup global. teknologi juga bersifat krusial pada menunjang pembelajaran kegiatan global pendidikan. lalu disebut sistem e-learning. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif digunakan untuk menyajikan hasil penelitian secara deskriptif. Temuan dari penelitian menunjukkan bahwa E-learning dapat menjadi opsi pembelajaran yang efektif dan aman pada era Revolusi Industri 4.0. Dengan memanfaatkan E-learning, proses pembelajaran dapat menjadi lebih mudah bagi siswa dan staf pengajar, baik itu dosen atau guru. Staf pengajar hanya perlu menyiapkan materi pembelajaran secara daring yang kemudian dapat diunggah ke platform E-learning. Sebagai contoh, pembelajaran semacam ini dapat membuat kegiatan belajar mengajar lebih praktis. terutama dari siswa yaitu seorang siswa yang mampu dengan praktis menghasilkan aktivitas interaktif dengan pendidik dan siswa bisa dengan simpel mengakses sebuah  materi ajar yang sudah diunggah di e-learning.

References

Al-Fraihat, D., Joy, M., Masa’deh, R., & Sinclair, J. (2020). Evaluating E-learning systems success: An empirical study. Computers in Human Behavior, 102(March 2019), 67–86. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.08.004

Assareh, A., & Hosseini Bidokht, M. (2011). Barriers to E-teaching and E-learning. Procedia Computer Science, 3, 791–795. https://doi.org/10.1016/j.procs.2010.12.129

Chusna, N. L. U. (2019). Pembelajaran E-Learning. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI, 2, 113–117. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.36

Davies, J., & Graff, M. (2005). Student grades. British Journal of Educational Technology, 36(4), 657–663.

Eko Risdianto, M. C. (2019). Analisis Pendidikan Indonesia di Era Revolusi Industri 4.0. Research Gate, April(January), 1–16.

Haryanto, S. (2018). Kelebihan Dan Kekurangan E-Learning Berbasis Schoology. Prosiding Seminar Nasional Geotik, 2, 106–110.

Ratnanenci, C. (2022). Korelasi Dampak Covid-19 Dengan Era Society 5.0 di Bidang Pendidikan. JDMP (Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan), 6(1). https://doi.org/10.26740/jdmp.v6n1.p1-6

Sabri, I. (2019). Peran Pendidikan Seni Di Era Society 5 . 0 untuk Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Pascasarjana 2019, 2(1), 344. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/302

Titra, W., Sekolah, G., Agama, T., Mpu, H. N., & Singaraja, K. (2021). PRAMANA Jurnal Hasil Penelitian E-Learning Menjadi Platform Pembelajaran Era Society 5.0. PRAMANA Jurnal Hasil Penelitian, 1(1), 89.

Sudibjo, N., Idawati, L., & Harsanti, H. R. (2019). Characteristics of Learning in the Era of Industry 4.0 and Society 5.0. International Conference on Education Technology, 372(ICoET), 276–279. http://staffnew.uny.ac.id/upload/130682770/penelitian/ba-32kur-masa-depansemnas-untirta16-2-

Downloads

Published

30-10-2022

Issue

Section

Articles