Implementasi SCRUM pada Pengembangan Aplikasi Sistem ADI STETSA SMAN 4 Malang: Bidang Adiwiyata

Authors

  • Khafit Zaman Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Aji Wibawa Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Ilham Zaeni Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Ivatus Sunaifah Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Malang, Jl. Tugu No.1 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/um068v1i72021p508-517

Keywords:

sistem informasi, ; adiwiyata, scrum, adi stetsa

Abstract

The digitization of SMAN 4 Malang by developing the ADI STETSA system, including adiwiyata, aims to make it easier for adiwiyata staff to process data on adiwiyata activities. As well as making it easier for school residents to find information on adiwiyata activities. The method applied in this research is the SCRUM method. This method contains six stages, namely product backlog, sprint planning, sprint backlog, daily SCRUM, sprint review and sprint retrospective. The sprint planning stage to the sprint retrospective stage is called a sprint, which is done repeatedly. The SCRUM method has advantages in the process of checking and changes that can be made as needed. During the development of the information system, discussions were held with Mrs. Ivatus Sunaivah, as the person in charge of the adiwiyata field at SMAN 4 Malang.  The ADI STETSA application was resolved during five sprints. Adiwiyata in the development of the ADI STETSA information system consists of 14 features that are in accordance with the school's request. The information system can be accessed by students, teachers, and employees on a mobile application. Meanwhile, Adiwiyata staff can access it through the web admin.

Digitalisasi SMAN 4 Malang dengan mengembangkan sistem ADI STETSA, termasuk bidang adiwiyata, bertujuan untuk mempermudah staf adiwiyata mengolah data kegiatan adiwiyata. Serta memudahkan warga sekolah untuk mengetahui informasi kegiatan adiwiyata. Metode yang diterapkan pada penelitian ini adalah metode SCRUM. Metode ini berisi enam tahapan, yaitu product backlog, sprint planning, sprint backlog, daily SCRUM, sprint review dan sprint retrospective. Tahap sprint planning hingga sprint retrospective disebut sprint, yang dilakukan secara berulang. Metode SCRUM memiliki kelebihan pada proses pengecekan dan perubahan yang dapat dilakukan sesuai kebutuhan. Selama pengembangan sistem informasi, diskusi dilakukan bersama Ibu Ivatus Sunaifah, selaku penanggung jawab bidang adiwiyata SMAN 4 Malang. Penelitian ini menghasilkan aplikasi ADI STETSA dengan pengerjaan selama lima sprint. Bidang adiwiyata pada pengembangan sistem informasi ADI STETSA terdiri dari 14 fitur yang telah sesuai dengan permintaan sekolah. Sistem informasi dapat diakses oleh siswa, guru, dan karyawan pada aplikasi mobile. Sedangkan staf adiwiyata dapat mengakses melalui web admin.

References

Afandy, M. N., Widodo, & Adhi, B. P. (2020). Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di SMK Bakti Idhata Jakarta. PINTER: Jurnal Pendidikan Teknik Informatika Dan Komputer, 4(2), 19–26. https://doi.org/10.21009/pinter.4.2.4

Agarina, M., & Sutedi. (2021). Implementasi Scrum Agile Development pada Sistem Informasi E-Mentor di Kemahasiswaan IIB Darmajaya. Teknika, 15(02), 281–288.

Alifarchan, A., & Wahyuni, E. G. (2021). Adopsi Metode Rapid Application Development (RAD) dalam Rancang Bangun Sistem Kalografi. Prosiding Automata, 2(2), 4.

Anam, K., & Muharram, A. T. (2018). Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Mi Al-Mursyidiyyah Al- ‘Asyirotussyafi’Iyyah. Jurnal Teknik Informatika, 11(2), 207–217. https://doi.org/10.15408/jti.v11i2.8867

Firdaus, M. A. (2017). Implementasi Kerangka Kerja Scrum pada Manajemen Pengembangan Sistem Informasi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia 2017, 283–288.

Firmansyah, Y., & Udi, U. (2018). Penerapan Metode SDLC Waterfall dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 4(1). https://doi.org/10.26905/jtmi.v4i1.1605

Ginanjar, O., Sholahudin, A., & Paulus, E. (2017). Analisis dan Desain Pengembangan Program Aplikasi DMS dengan Metodologi Scrum Framework. Seminar Nasional Informatika Dan Aplikasinya (SNIA), (September), 47–52. Retrieved from http://repository.unjani.ac.id/¬repository/9ec¬3721¬ead4¬4366-806¬75214b6fc56247.pdf

Gustina, D., & Chandra, Y. I. (2015). Aplikasi Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Penyakit Paru pada Anak Menggunakan Metode Rapid Application Development (RAD). Jurnal UMJ, 4(sistem pakar), 3. Retrieved from https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnastek/article/download/522/488

Hadji, S., Taufik, M., & Mulyono, S. (2019). Implementasi Metode Scrum pada Pengembangan Aplikasi Delivery Order Berbasis Website (Studi Kasus pada Rumah Makan Lombok Idjo Semarang). Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (Kimu) 2, 32–43.

Hasanuddin, H., Puryadi, P., & Jayadi, A. (2022). Analisis Kesiapan Digitalisasi Sekolah Jenjang SMP di Kabupaten Sumbawa Barat. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 8(1), 1–13. https://doi.org/10.35326/pencerah.v8i1.1855

Kinasih, D. B. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Kinerja Karyawan ( Studi Kasus : Modena Strategy System ). Jurnal Sains, Nalar, Dan Aplikasi Teknologi Informasi, 1(1), 57–62. Retrieved from https://journal.uii.ac.id/jurnalsnati/article/view/20067

Nadhira, F., Wahyuddin, M. I., & Sari, R. T. K. (2022). Penerapan Metode Agile Scrum pada Rancangan SisIAM4. Jurnal Media Informatika Budidarma, 6, 560–568. https://doi.org/10.30865/mib.v6i1.3525

Prastio, C. E., & Ani, N. (2018). Aplikasi Self Service Menu Menggunakan Metode Scrum Berbasis Android (Case Study: Warkobar Café Cikarang ). Jurnal PETIR, 11(2), 203–220.

Pratasik, S., & Rianto, I. (2020). Pengembangan Aplikasi E-DUK dalam Pengelolaan SDM Menggunakan Metode Agile Development. CogITo Smart Journal, 6(2), 204. https://doi.org/10.31154/cogito.v6i2.267.204-216

Prihandoyo, M. T. (2018). Unified Modeling Language (UML) Model untuk Pengembangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(1), 126–129.

Rahardja, U., Aini, Q., & Putri, D. M. (2018). Pemanfaatan Automated Email System (AEMS) sebagai Media Notifikasi Penilaian Hasil Belajar. Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi Informasi.

Roji, F. F. (2021). Perancangan Sistem Informasi Geografis Pengelolaan Praktik Kerja Industri untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Algoritma, 583–593.

Ruseno, N. (2019). Implementasi Scrum pada Pengembangan Aplikasi Sistem Reservasi Online Menggunakan PHP. Gerbang, 9(1), 8–15. Retrieved from http://jurnal.stmik.banisaleh.¬ac.id/-index.php¬/JIST¬/article/view/61

Saputro, F., & Nainggolan, E. R. (2021). Rancang Bangun Manfaat Sistem Informasi Pelayanan Berbasis Website pada Rukun Warga 005 Kapuk Jakarta Barat. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(2), 212. https://doi.org/10.26418/justin.v9i2.43513

Sauda, S., Oktaviani, N., & Bunyamin, M. (2019). Implementasi Metode Scrum Dalam Pengembangan Test Engine Try Out Sertifikasi. JISKA (Jurnal Informatika Sunan Kalijaga), 3(3), 70. https://doi.org/10.14421/jiska.2019.33-07

Subianto, B., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Implementasi Program Adiwiyata di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1683–1689.

Suharno, H. R., Gunantara, N., & Sudarma, M. (2020). Analisis Penerapan Metode Scrum pada Sistem Informasi Manajemen Proyek dalam Industri & Organisasi Digital. Majalah Ilmiah Teknologi Elektro, 19(2), 203. https://doi.org/10.24843/mite.2020.v19i02.p12

Syakti, F., & Oktaviani, N. (2020). Pengembangan Aplikasi Location Based Service Fasilitas Kesehatan Menggunakan Model Scrum. JUSIM (Jurnal Sistem Informasi Musirawas), 5(02), 144–152. https://doi.org/10.32767/jusim.v5i02.1005

Triatmaja, Y. K., & Sasongko, P. S. (2021). Sistem Pengelolaan Tumbuhan Adiwiyata Berbasis Android di SMA Negeri 2 Semarang. Prosiding SNST Fakultas Teknik, 115–121.

Tristianto, C. (2018). Penggunaan Metode Waterfall untuk Pengembangan Sistem Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Pedesaan. Jurnal Teknologi Informasi ESIT, XII (01), 7–21.

Yunita, T., Rafifah, T., Nurazizah, T. S., & Windayana, H. (2022). Membangun Kualitas Budaya dan Lingkungan Sekolah Melalui Program Adiwiyata. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 320–328. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.244

Yusril, A. N., Larasati, I., & Al Zukri, P. (2021). Analisis Metode Agile dalam Pengembangan Aplikasi Mobile. SISTEMASI: Jurnal Sistem Informasi, 10, 369–380. Retrieved from http://sistemasi.ftik.unisi.ac.id

Downloads

Published

28-07-2021

Issue

Section

Articles