Profil Usaha Industri Garmen “Vandev” di Kota Malang (Studi Usaha Industri Garmen “Vandev” di Kota Malang)

Authors

  • Riska Marianti Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nur Endah Purwaningsih Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Idah Hadijah Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/UM068v1n4p309-314

Keywords:

business studies, garment industry

Abstract

Managing a business such as a garment must have clear organizational structure, financial management, and production implementation so that company goals can be achieved according to the targets set by a company. The purpose of this research is to describe the business studies in "Vandev" Garments, especially in the production implementation section, which includes the manufacturing process of 3 products, namely jackets, jersey products, and shirt products. In this study, researchers used a descriptive research design with a qualitative approach. Checking the validity of the findings using source triangulation and triangulation techniques Based on the results of the researcher's findings that, all implementation of the production section is in accordance with the Indonesian National Work Competency Standards starting from the process of preparing product samples, the pattern making process, the process of spreading cloth, the process of cutting cloth, the process of numbering the materials, grouping the materials that have been given number, screen printing / embroidery, sewing process, finishing, cleaning clothes from thread remnants (trimming), packaging ironing process. The production implementation process is carried out in each worker's home, so that quality control is carried out every 2 days. Even though production is carried out in each worker's house, it does not change the quality of the product. When the trimming process uses the manual method instead of using a metal detector machine, you must be more careful in checking the product. The product marketing process is not only from within the country but has reached abroad. Suggestions for Garments "Vandev" regarding production management as input to further improve the skills of production employees. The last suggestion is for other researchers that this research can be an input and a reference for similar research but with a more detailed and more detailed discussion of the garment business study, so that it can add new insights for other researchers.

Mengelola suatu usaha seperti garmen harus jelas struktur organisasinya, pengelolaan keuangan, serta pelaksanaan produksinya agar tujuan perusahaan bisa tercapai sesuai target yang ditentukan suatu perusahaan tersebut. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan studi usaha yang ada di Garmen “Vandev” terutama pada bagian pelaksanaan produksi meliputi proses pembuatan 3 produk yaitu jaket, produk jersey, dan produk kemeja. Pada penelitian ini peneliti menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang diperoleh peneliti mulai dari proses wawancara 2 karyawan dan 1 pemilik garmen, observasi saat proses produksi berlangsung, serta dokumentasi saat proses produksi. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil temuan penelti bahwa, semua pelaksanaan bagian produksi telah sesuai dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia mulai dari proses menyiapkan contoh produk (sample), proses pembuatan pola, proses mengelar kain, proses memotong kain, proses penomeran pada bahan, pengelompokkan bahan yang sudah diberi nomer, sablon/bordir, proses menjahit, finishing, membersihkan pakaian dari sisa-sisa benang (trimming), proses penyetrikaan pengemasan. Proses pelaksanan produksi dilakukan di rumah masing-masing pekerja, sehingga quality control dilakukan setiap 2 hari sekali. Meskipun produksi dilakukan di masing-masing rumah pekerja tidak merubah kualitas produk tersebut. Saat proses trimming  menggunakan cara manual bukan menggunakan mesin metal detector sehingga harus lebih teliti dalam memeriksa produknya. Proses pemasaran produk bukan hanya dari dalam negeri melainkan sudah sampai ke luar negeri. Saran bagi  Garmen “Vandev” mengenai pengelolaan produksi sebagai masukan untuk lebih meningkatkan keterampilan para karyawan bagian produksi. Saran yang terakhir yaitu bagi peneliti lain bahwa penelitian ini bisa menjadi masukan serta menjadi referensi untuk penelitian sejenisnya namun dengan pembahasan yang lebih diperinci dan lebih detail mengenai studi usaha garmen, sehingga dapat menambah wawasan baru bagi peneliti lainnya.

References

Amirulloh, A. (2015). Pengantar Manajemen Fungsi Proses Pengendalian. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Arikunto, S. (2002). Proses Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arifin, R & Muhammad, H. (2016). Pengantar Manajemen. Malang: Empatdua.

Astuti, A.(2010). Modul Mata Kuliah Busana Pria. Jakarta : Universitas Pendidikan Indonesia.

Departemen Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia. (2015). Penetapan Standart Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Kategori Industri Pengolahan Golongan Pokok Industri Pakaian Jadi Bidang Produksi Pakaian Jadi Massal. Jakarta.

Ekawardhana, A. W. (2013). Pengelolaan dan Pengembangan Bisnis Garment pada Indo Garment Surabaya. Agora, 1(1), 544-553.

Firdaus, A. M. (2012). Metode Penelitian. Tangerang: Jelajah Nusa.

Fuad, A., & Nugroho, K. S. (2014). Panduan praktis penelitian kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hasibuan, M. S. (2009). Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah, Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriastuti, B. (2009). Kajian Tentang Pengelolaan Usaha Pada Industri Kecil Konveksi di Desa Tempursari Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Lindhawati, E. (2008). Pengelolaan Usaha Konveksi di Kecamatan Wedi Kabupaten Klaten. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Kotler, P. (1984). Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan dan Pengendalian, Edisis Kelima. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Manap, A. (2016). Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: mitra wacana media.

Moleong, L.( 2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet.

Sunarto, S. (2003). Pengantar Bisnis. Yogyakarta: AMUS.

Syukron, A. (2014). Pengantar Manajemen Industri, Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wibowo, S. (2009). Pengantar Manajemen Bisnis Introduction To Business Management. Bandung : Politeknik Telkom

Downloads

Published

29-04-2021

Issue

Section

Articles