Tingkat Kecakapan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah Siswa SMK Program Keahlian Tata Boga se-Kota Malang

Authors

  • Yuyun Nailufar Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Teti Setiawati Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Rina Rifqie Mariana Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/UM068v1n2p118-122

Keywords:

siswa SMK, kecakapan berpikir kritis, pemecahan masalah

Abstract

This study aims to describe the level of critical thinking skills and problem solving in Culinary Vocational School students in Malang City. This research is a descriptive study with a quantitative approach. The technique of collecting data used a questionnaire aimed at students of Malang Vocational High School 3, Malang Vocational High School 7, and Malang Kartika IV-I Vocational School. The results showed the level of critical thinking skills and problem solving had an average score of 3 with quite good criteria. Some indicators of this skill, namely: 1) using several types of reasoning types that are appropriate to the situation and conditions have an average score of 2.5 with fairly good criteria; 2) effectively process and analyze data to determine decisions through arguments, have an average score of 3 with fairly good criteria; 3) testing information that has been processed and interpreted with the best analysis through the initial conclusion has an average score of 3.5 with good criteria; and 4) identify, analyze, and solve a problem and have an average score of 2.8 with quite good criteria.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah pada siswa SMK Tata Boga se-Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang ditujukan kepada siswa SMKN 3 Malang, SMKN 7 Malang, dan SMK Kartika IV-I Malang.Hasil penelitian menunjukkan tingkat kecakapan berpikir kritis dan pemecahan masalah memiliki rata-rata skor 3 dengan kriteria cukup baik. Beberapa indikator dari kecakapan ini, yaitu: 1) menggunakan beberapa jenis tipe penalaran dengan tepat yang sesuai dengan situasi dan kondisi memiliki rata-rata skor 2.5 dengan kriteria cukup baik; 2) mengolah dan menganalisis data dengan efektif untuk menentukan keputusan melalui argumen, memiliki rata-rata skor 3 dengan kriteria cukup baik; 3) menguji informasi yang sudah diolah dan diinterpretasi dengan analisis terbaik melalui simpulan awal memiliki rata-rata skor 3.5 dengan kriteria baik; dan 4) mengidentifikasi, menganalisis, dan memecahkan suatu masalah dan memiliki rata-rata skor 2.8 dengan kriteria cukup baik.

References

AbidIn, A. (2014). Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refka Adtama.

Abdullah, A. & Rahma, E. (2008). Ilmu Alamah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arafah, S. E. (2017). Pendidikan akal dalam persektif Al-Qur’an (analisis Tafsir Tahlili Al Qur’an Surat Ali Imran ayat 190-191). Skripsi: UIN Walsongo.

Bimo, W. (1980). Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM

Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking. New Jersey: Prentice-Hall

Enns, R. (1991). Critical Tanking: A Streamlined Conception. Teaching Philosophy, 14 (1), 5-24.

Faiz, F. (2012). Thinking Skill: Pengantar Berpikir Kritis. Yogyakarta: SUKA Press.

Fisher, A. (2009). Berpikir Kritis: Sebuah Pengantar. Jakarta: Erlangga.

Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical thinking skill: Konsep dan indikator penilaian. Jurnal Taman Cendekia, 1(2), 127-133.

Martono, N. (2012). Sosiologi Perubahan Sosial: Perspektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Poskolonial (Sampel halaman). RajaGrafindo Persada Jakarta.

Mukhadi, A. (2013). Sosok Manusia Indonesia Unggul dan Berkarakter dalam Bidang Teknologi sebagai Tuntutan Hidup di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 115-136.

Myers, B. E., & Dyer, J. E. (2006). The influence of student learning style on critical thinking skill. Journal of Agricultural Education, 47(1), 43-52.

Paul, R., & Elder, L. (2006). Critical thinking: The nature of critical and creative thought. Journal of Developmental Education, 30(2), 34-35.

Syaifudin, A., & Pratama, H. (2013). Pengembangan buku teks menulis argumentasi berdasarkan pola penalaran argumentatif. Jurnal Penelitian Pendidikan, 30(1).1-10.

Triling, B., & Fadel, C. (2009). 21st century skills: learning for life in our times. San Fransisco: Joey-Bass.

Downloads

Published

26-02-2021

Issue

Section

Articles