Profil Segmentasi Demografis Butik ‘Mas Freddy Kebaya’ Di Kota Malang

Authors

  • Mustaqiema Mustaqiema Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nurul Aini Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Endang Prahastuti Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/UM068v1n2p106-117

Keywords:

segmentasi, demografis, kebaya

Abstract

The purpose of this study was to describe the profile of the demographic segmentation of the ‘Mas Freddy Kebaya’ boutique in Malang City. The researcher used descriptive research using qualitative methods. Data collection is obtained from the process of observation, interviews, and documentation. Checking the validity of the data using source triangulation and technique triangulation. Based on the findings in the boutique field 'Mas Freddy Kebaya' divided by the market which requires a product or marketing mix that is specifically designed with demographic variables that include: (1) age obtained data on late adulthood: 1 person, early adulthood: 7 people, late adulthood : 1 person, initial elderly period: 1 person (2) sex obtained male data: 2 people, female: 8 people, (3) young life-cycle data obtained: 1 person, married: 1 person, married- have children: 4, married - no children: 2 people, old-unmarried: 1 person. Ever married - no children: 1 person (4) family size data obtained family size 1-3: 7 people, family size 3-4: 2 people, family size 5: 1 person (5) education obtained high school data: 1 person , S1: 9 people, (6) jobs obtained by private employee data: 7 people, entrepreneurs: 3 people (7) income obtained data of more than 5 million: 10 people (8) religion obtained Islamic data: 9 people, Catholics: 1 person (9) race obtained data from Mongoloid Malays, Young Malays: 10 people (10) generations obtained data from babyboomer generation: 1 person, generation X: 1 person, generation Y: 8 people (11) Citizenship obtained data of Indonesian citizens: 10 people.

 

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan profil segmentasi demografis butik‘Mas Freddy Kebaya’ di Kota Malang. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data diperoleh dari proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Berdasarkan temuan di lapangan butik ‘Mas Freddy Kebaya’ membagi pasar yang membutuhkan produk atau bauran pemasaran tersendiri berdasarkan variabel demografis yang meliputi: (1) usia diperoleh data masa dewasa akhir: 1 orang, masa dewasa awal: 7 orang, masa dewasa akhir: 1 orang, masa lansia awal: 1 orang (2) jenis kelamin diperoleh data laki-laki: 2 orang, perempuan: 8 orang, (3) siklus hidup diperoleh data muda-tunggal: 1 orang, menikah: 1 orang, menikah-punya anak: 4, menikah-tidak punya anak: 2 orang, tua-tidak menikah: 1 orang. Pernah menikah-tidak punya anak: 1 orang (4) ukuran keluarga diperoleh data ukuran keluarga 1-3: 7 orang, ukuran keluarga 3-4: 2 orang, ukuran keluarga 5: 1 orang (5) pendidikan diperoleh data SMA: 1 orang, S1: 9 orang, (6) pekerjaan diperoleh data pegawai swasta: 7 orang, wiraswasta: 3 orang (7) pendapatan diperoleh data lebih dari 5 juta: 10 orang (8) agama diperoleh data Islam: 9 orang, Katholik: 1 orang (9) ras diperoleh data Mongoloid Melayu, Melayu Muda : 10 orang (10) generasi diperoleh data generasi babyboomer: 1 orang, generasi X: 1 orang, generasi Y: 8 orang (11) Kewarganegaraan diperoleh data WNI: 10 orang

References

Aggareta, R. (2009). Praktik Industri Iwan Bridal Salon.Makalah tidak diterbitkan.Malang: FT UM

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Badan pengembangan dan pembinaan bahasa, kementrian pendidikan dan kebudayaan republic Indonesia. 2016. KBBI daring. Online. ( https://kbbi.web.id/butik). Diakses pada 3/21/2019

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2009. Kategori Umur Menurut DEPKES. Online (https://yhantiaritra.wordpress.com/2015/06/03/kategori-umur-menurut-depkes/). Diakses pada 4/7/2019

Juni, T.P. (2012). Profil Kondisi Fisik Atlet Anggar Di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Skripsi diterbitkan.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Online (https://eprints.uny.-ac.id/7652/3/BAB%202%20%2008601241081.pdf.). Diakses 16 Januari 2019.

Kotler, P. Amstrong G. (2004). Dasar-dasar Pemasaran .Jakarta: PT Indeks

Lovelock, C. Wirtz J, Mussry J. (2010). Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Startegi. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Mahesa, M. M., & Gusti, I. A. K. (2015). Pengaruh Umur, Pendidikan dan Pendapatan Terhadap Niat Beli Konsumen pada Produk Kosmetik the Body Shop di Kota Denpasar.Online. (https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/10638). Diakses pada 4 Juli 2019

Moleong, L. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rangkuti, F. (2002). Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama,

Rolland, T. (2013) Faktor Yang Memperngaruhi Perilaku Konsumen. Online (http://trifannyroland.-blogspot.com/2013/12/faktor-yang-mempengaruhi-perilaku.html.). Diakses pada 8 Juli 2019

Schiffman, K. (2004). Perilaku Konsumen.Edisi 7. Jakarta: Prentice Hall

Sugiyono, S. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarwan, Uj. (2011). Pengaruh Agama Terhadap Prilaku Konsumen. Online (https://webcache.-googleusercontent.com/search?q=cache:7vmBqW4sGcQJ:https://mmulyana.files.wordpress.com/2011/12/pengaruh-agama.pptx+&cd=3&hl=id&ct=clnk&gl=id). Diakses pada 7/13/2019

Suryani, S. (2015). Sikap Konsumen, Pengaruh Agama Terhadap Perilaku Konsumen, Dan Budaya. Online (http://irmasurryani.blogspot.com/2015/10/sikap-konsumen-pengaruh-agama-terhadap.html). Diakses pada 13 Juli 2019

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Universitas Negeri Malang. (2017). Pedoman Pada Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Universitas Negeri Malang

Downloads

Published

26-02-2021

Issue

Section

Articles