Problem Based Learning pada Materi Pembuatan Pola Busana Pesta Wanita

Authors

  • Kurnia Izati Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nur Endah Purwaningsih Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Endang Prahastuti Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/UM068v1n2p95-97

Keywords:

model pembelajaran, problem based learning, pola busana pesta wanita

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi pembuatan pola busana pesta wanita. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental pretest-postest group design. Populasi penelitian ini berjumlah 62 siswa pada kelas XII TB yang terdiri dari 2 kelas. Sampel penelitian adalah kelas XII TB 1 untuk kelas eksperimen dan XII TB 2 untuk kelas control. Menggunakan tes praktik membuat pola busana pesta wanita. Hasil uji validitas menunjukkan sebesar 0.556 dan 0.969, hasil uji reliabilitasnya sebesar 0.867 dan 0.579. Hasil uji seluruh data bersifat valid dan reliable. Hasil dari pretest pada kelas eksperimen mendapatkan nilai 75.28, untuk meningkatkan pemahaman siswa terkait dengan cara membuat pola. Dikarenakan kebanyakan siswa tidak faham dengan cara membuat pola ketika model busana yang dibuat agak sulit. Setelah peneliti melakukan treatment, peneliti melakukan posttest. Hasil posttest kelas eksperimen meningkat sebesar 85.68, sedangkan tanggapan siswa diperoleh angka 84.02 persen. model yang digunakan membuat peserta didik lebih paham tentang konsep pembelajaran. sedangkan pada kelas control didapatkan nilai rata-rata posttest sebesar 80.9. dikarenakan peserta didik hanya secara pasif menerima pengetahuan dari guru dan merasa sulit untuk mengembangkan konsep dan pemahaman. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu, model pembelajaran Problem Based Learning sangat baik penerapannya, serta dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Arikunto, S. (2003). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara Cipta

Kurniasih, I & Sani B. (2015). Implementasi Kurikulum 2013Konsep dan Penerapannya. Surabaya: Kata Pena

Nafiah, Y. N. (2014). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Peningkatan Keterampilan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125 143. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv. v4il.2540

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Downloads

Published

25-02-2021

Issue

Section

Articles