Tanggapan Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana pada Pemasaran Electronic Commerce Produk Fashion Online

Authors

  • Fenty Hullatuts Tsaniyah Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nurul Aini Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia
  • Nur Endah Purwaningsih Universitas Negeri Malang, Jl. Semarang No. 5 Malang, Jawa Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.17977/UM068v1n2p89-94

Keywords:

pemasaran, electronic commerce, fashion online

Abstract

Perkembangan penggunaan internet yang semakin meningkat memberikan dampak positif terhadap beberapa hal, salah satunya pada usaha komersial atau perdagangan. Istilah perdagangan dalam internet disebut dengan perdagangan elektronik atau electronic commerce (e-commerce).Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tanggapan mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana pada fasilitas pemasaran secara digital.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan kuantitatif.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa, indikator layanan pelanggan berada pada kategori sangat baik dengan hasil 100%.Indikator produk berada pada kategori sangat baik dengan hasil 86,6 persen. Indikator distribusi berada pada kategori sangat baik dengan hasil 100 persen.Indikator harga berada pada kategori sangat baik dengan hasil 100 persen.Indikator promosi berada pada kategori sangat baik dengan hasil 100 persen. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa fasilitas pemasaran secara online memudahkan dalam perukaran informasi serta transaksi perdagangan antara pelanggan dengan pelaku usaha dan mitra usaha.

References

Chandra, D. dkk. (2004). Pemasaran Global: Internasionalisasi dan Internetisasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Irmawati, D. (2011). Pemanfaatan E-Commerce dalam Dunia Bisnis. Jurnal Ilmiah Orasi Bisnis, 2011(6), 95-112. Dari http://www.academia.edu/download/36013991/Pemanfataan_E-Commers_¬Dalam_-Dunia_Bisnis.pdf.

Jamaludin, A., Arifin, Z., & Hidayat, K. (2015). Pengaruh Promosi Online dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis, 21(1), 1-8.

Lee, G. & Lin, H. (2005). Customer Perception of E-Service Quality in Online Shopping. Internasional Journal of Retail & Distribution Management, 33(2), 161-176. DOI: 10.1108/09590550510581485.

Nugroho, A. & Arijanto, A. (2015). Etika Bisnis (Business Ethics) Pemahaman Teori Secara Komprehensif dan Implementasinya. Bogor: Percetakan IPB.

Priansa, D. J. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Setiyaningrum, dkk. (2015). Prinsip-Prinsip Pemasaran – Pengenalan Plus Tren Terkini tentang Pemasaran Global, PemasaranJasa, Green Marketing, Enteprenual Marketing dan E-Marketing. Yogyakarta: Andi Offset.

Suyanto, M. (2003). Strategi Periklanan pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, F. & Chandra, G. (2016). Service, Quality dan Satisfaction. Yogyakarta: Andi Offset.

Widiyanto, I. &Prasilowati, S. L. (2015). Perilaku Pembelian Melalui Internet. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 17(2), 109-122. DOI: 10.9744/jmk.17.2.109-112.

Downloads

Published

25-02-2021

Issue

Section

Articles