Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Kota Malang

Authors

  • Lailatul Fitriyah
  • Muhaiban Muhaiban Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1042-1064

Keywords:

pengembangan, buku cerita bergambar, pembelajaran berbicara bahasa Arab

Abstract

Abstract: The purpose of this research and development is to produce a product in the form of picture storybook for learning to speak Arabic for VIII grade students of MTsN 1 Malang and describe the feasibility of the product developed. This type of research is Research and Development using the model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). The types of data for this research and development are quantitative data and qualitative data. While the collection techniques carried out were filling in questionnaires and interviews. The results of this research and development are in the form of a picture story book that contains three themes, namely as-saa’ah (hours), yaumiyyaatunaa (our daily activities), and al-hiwayah (hobbies). This book contains 75 pages consisting of 6 picture stories, 26 vocabularies, 7 tarkib, and 36 exercises. Based on the results of product validation by media experts, material experts, practitioners, and students of class VIII-G MTsN 1 Malang, this picture story book product is declared valid and feasible to use.

Keywords: development, picture story book, speaking learning Arabic

Abstrak: Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa buku cerita bergambar untuk pembelajaran berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII di MTsN 1 Kota Malang dan mendeskripsikan kelayakan produk hasil pengembangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba dalam penelitian pengembangan ini adalah ahli media, ahli materi, praktisi, dan siswa kelas VIII G MTsN 1 Kota Malang. Jenis data penelitian pengembangan ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah pengisian angket dan wawancara.  Hasil penelitian pengembangan ini berupa buku cerita bergambar yang memuat tiga tema yaitu as-saa’ah (jam), yaumiyyaatuna (kegiatan kita sehari-hari), dan al-hiwayah (hobi). Buku ini berisi 75 halaman yang terdiri dari 6 cerita bergambar, 26 kosa kata, 7 tarkib, dan 36 latihan. Berdasarkan hasil validasi produk oleh ahli media, ahli materi, praktisi, dan siswa kelas VIII G MTsN 1 Kota Malang, produk buku cerita bergambar ini dinyatakan valid dan layak digunakan.

Kata kunci: pengembangan, buku cerita bergambar, pembelajaran berbicara bahasa Arab

References

Adipta, H., Maryaeni, & Hasanah, M. (2016). Pemanfaatan buku cerita bergambar sebagai sumber bacaan siswa SD. Jurnal Penelitian: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(5), 989–992. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6337

Al-Qasimi, A., & As-Sayyidi, M.A. (1991). Ath-Taqniyat At-Tarbawiyah. Mesir: Al-Munaddamah Al-Islamiyah Li At-Tarbiyah wa Al-Ulum Wa Ats-Tsaqofah (ISESCO).

Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Asrori, I. & Ahsanuddin, M. (2016). Media pembelajaran bahasa Arab dari kartu sederhana sampai web penjelajah dunia. Malang: CV. Bintang Sejahtera.

Asrori, I. (2018). Pembelajaran kemahiran lisan bahasa Arab. Proceedings of Konferensi Nasional Bahasa Arab IV, 166–175. Retrieved from https://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/267

Atiqoh, F. (2018). Teknik Maudhu’ Usbu’iy sebagai alternatif untuk meningkatkan penguasaan keterampilan reseptif dan produktif bahasa Arab. Proceedings of Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa, 2(2018), 197–212. Retrieved from https://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/196/185

Darmuki, A., Andayani, Nurkamto, J., & Saddhono, K. (2016). Model student learning to speak for education study language and literature Indonesia: Document analysis and needs learning to speak. Proceedings of International Seminar Prasasti III, 99–109. Retrieved from https://doi.org/10.20961/pras.v0i0.1452

Effendy, A.F. (2009). Metode pembelajaran bahasa Arab. Malang: Misykat.

Faizah, U. (2009). Keefektifan cerita bergambar untuk pendidikan nilai dan keterampilan berbahasa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Cakrawala Pendidikan: Jurnal Ilmu Pendidikan. 1(3), 249–256. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/302

Hanifah, U. & Hajib, Z.A. (2020). Ahdaafu Ta’liimi al-lughah al’arabiyaah fii manhaji alfaiin wa tsalaatsata ‘asyara (diraasah tahliiliiyah ‘ala ma’aayiir ‘aalamiiyah: auruubiiyah wa amriikiiyah). Almahaara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(2), 155–174. doi: https://doi.org/10.14421/almahara.2020.062.01

Ikrimah, L. (2016). Penggunaan media teks cerita bergambar untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas VII full day MTs Zainul Hasan Genggong Pajarakan Probolinggo. (Undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang). Retrieved from http://karya-ilmiah.um.ac.id/index.php/sastra-arab/article/view/51731

Izzan, A. (2011). Metodologi pembelajaran bahasa Arab. Bandung: Humaniora.

Nisa’, B.F. (2020). Buku percakapan berbasis pesantren “Hiwaruna” sebagai solusi inovatif dalam pembelajaran Kalam di Pondok Pesantren. Proceedings of Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa IV Jilid II,.101–113. Retrieved from https://prosiding.arab-um.com/index.php/semnasbama/article/view/638

Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Qur’an, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171–187. doi: http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Rufaiqoh, E. (2019). Wasaail Ta’lim al-Lughah al-Arabiyah. Lisan An Nathiq: Jurnal Bahasa dan Pendidikan Bahasa Arab, 1(1), 31–38. doi: https://doi.org/10.1234/lan.v1i1.3533

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tegeh, I.M., Jampel, I.N., Pudjawan, K. (2015). Pengembangan buku ajar model penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Proceedings of Seminar Nasional Riset Inovatif IV. 208. Retrieved from https://eproceeding.undiksha.ac.id/index.php/senari/article/download/507/352/

Zainab, N. (2017). Pengembangan buku cerita bergambar bahasa Jawa untuk meningkatkan keterampilan menulis dan berbicara siswa kelas II MI Sabilul Huda Senden Peterongan Jombang. (Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Retrieved from http://etheses.uin-malang.ac.id/6152/1/12140031.pdf

Downloads

Published

2021-08-30

How to Cite

Fitriyah, L. ., & Muhaiban, M. (2021). Pengembangan Buku Cerita Bergambar untuk Pembelajaran Berbicara Bahasa Arab Siswa Kelas VIII di MTsN 1 Kota Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(8), 1042–1064. https://doi.org/10.17977/um064v1i82021p1042-1064

Issue

Section

Articles