Pembelajaran Menulis Dengan Model Daring Kelas IX SMP Negeri 21 Malang

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i52021p630-643

Keywords:

pembelajaran menulis, pembelajaran  daring, kendala pembelajaran  daring

Abstract

Abstract: This study aims to describe learning to write with the online model of class IX SMP Negeri 21 Malang starting from the planning, implementation, assessment and learning constraints with the online model. This study used a qualitative research design with a qualitative descriptive type. The results of this study indicate that the planning of writing lessons in online learning for class IX SMPN 21 Malang, experimental report texts, persuasive speech texts, and short stories were designed by teachers with an emergency online lesson plan model in one sheet format. The implementation of writing learning activities carried out in each meeting includes preliminary, core and closing activities. The implementation of writing learning is carried out through three stages, namely the pre-writing, writing, and post-writing stages. Assessment activities, which are carried out by teachers include attitude assessment and skills assessment. The technique used in the attitude assessment is the observation technique, while the technique used to get the skill value is by using the assignment technique. Obstacles in learning to write with an online model were experienced by teachers and students in the form of obstacles in planning, implementing, and assessing learning to write with an online model. Based on the discussion above, it can be concluded that the online learning to write model was carried out based on the recommendation of the Minister of Education and Culture based on the online emergency curriculum.

Keywords: writing learning, online learning, online learning obstacles

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran menuis dengan model daring kelas IX SMP Negeri 21 Malang mulai dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, penilaian dan kendala pembelajaran dengan model daring. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran menulis dalam pembelajaran daring kelas IX SMPN 21 Malang teks laporan hasil percobaan, teks pidato persuasif, dan teks cerpen dirancang oleh guru dengan model RPP daring darurat dalam format satu lembar. Kegiatan pelaksanaan pembelajaran menulis yang dilakukan dalam setiap pertemuan meliputi kegiatan pendahuluan, inti dan penuup. Pelaksanaan pembelajaran menulis dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu tahap pramenulis, menulis, dan pascamenulis. Kegiatan penilaian, yang dilakukan oleh guru meliputi penilaian sikap dan penilaian keterampilan. Teknik yang digunakan dalam penilaian sikap yaitu teknik observasi, sedangkan teknik yang digunakan untuk mendapatkan nilai keterampilan yaitu dengan menggunakan teknik penugasan. Kendala pembelajaran menulis dengan model daring dialami yang dialami oleh guru dan siswa berupa kendala dalam kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran menulis dengan model daring.  Berdasarkan pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis dengan model daring yang dilaksanakan telah berdasarkan pada anjuran Permendikbud dengan berpedoman pada kurikulum darurat daring.

Kata kunci: pembelajaran menulis, pembelajaran  daring, kendala pembelajaran  daring

References

Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.

Baskoro, D. G. (2020). Smart writing: Cerdas membuat karya ilmiah dengan 5 tahapan menulis. Yogyakarta: Deepublish.

Dalman. (2016). Keterampilan menulis. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Endrayanto, H. Y. S. (2019). Teknik penilaian kinerja: Untuk menilai keterampilan. Yogyakarta: PT Kanisius.

Gusty, S., Nurmiati, N., Muliana, M., Sulaiman, O. K., Ginantra, N. L. W. S. R., Manuhutu, M. A., & Warella, S. Y. (2020). Belajar mandiri: Pembelajaran daring di tengah pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis.

Isdisusilo. (2012). Panduan lengkap menyusun silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Yogyakarta: Kata Pena.

Khairunnisa, F. (2020). Problematika pembelajaran menulis teks narasi di Sekolah Menengah Pertama. Dalam Seminar Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(1), 145-151.

Mardiani, K. (2020). Analisis pembelajaran menulis teks fabel berbasis daring di SMPK Santo Yusup Mojokerto. (Skripsi tidak diterbitkan). Tulungagung: IAIN Tulungagung.

Means, B., Toyama, Y., Murphy, R., Bakia, M., & Jones, K. (2009). Evaluation of evidence-based practices in online learning: A meta-analysis and review of online learning studies. Washington, D.C: U.S. Department of Education.

Mulyasa, H. E. (2021). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi: Dalam Era Industri 4.0. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Maharani, A., Susanto, A., & Mutiarani, M. (2020). Dinamika pembelajaran berbasis daring peserta didik Kelas 9 SMP Muhammadiyah 19 saat pandemi. Dalam Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ.

Puteri, L. S. N. (2020). Keefektifan pembelajaran model Somatic Auditory Visual Intellectually (Savi) dan Model Auditory Intellectually Repetition (Air) dalam pembelajaran menulis teks persuasi melalui pembelajaran daring pada siswa Kelas VIII SMP (Disertasi tidak diterbitkan). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Pohan, A. E.. (2020). Konsep pembelajaran daring berbasis pendekatan ilmiah. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung

Rahardjo, M. (2017). Studi kasus dalam penelitian kualitatif: Konsep dan prosedurnya. Disampaikan pada mata kuliah Metode Penelitian, Sekolah Pascasarjana UIN Maliki Malang, Januari 2017. (Tidak diterbitkan).

Rusman. (2017). Belajar dan pembelajaran: Berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Kencana

Sarkadi, M. S. (2019). Tahapan penilaian pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013. Surabaya:Jakad Media Publishing.

Setiawan, A., Sugiarti., Mujiyanto, G., Sudjalil., Fajar, E., . . . Pangesti, F. (2020). Problematika pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia secara daring di masa pandemi. KESATUAN DALAM KEBERAGAMAN Paradigma Mutakhir Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 1, 114. Malang: UMMpress

Siddik, M. (2018). Dasar-dasar menulis. Malang: Tunggal Mandiri

Siregar, P. S., & Hatika, R. G. (2019). Ayo Latihan Mengajar: Implementasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar (Peerteaching dan Microteaching). Yogyakarta: Deepublish.

Supriadie, D. & Darmawan, D. (2012) Komunikasi pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutikno, M. S. (2021). Strategi pembelajaran. Jawa Barat: CV Adanu Abimata

Downloads

Published

2021-05-31

How to Cite

Nurprihardianti, V. E. P. ., & Harsiati, T. . (2021). Pembelajaran Menulis Dengan Model Daring Kelas IX SMP Negeri 21 Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(5), 630–643. https://doi.org/10.17977/um064v1i52021p630-643

Issue

Section

Articles