Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar

Authors

  • Lailatul Fitriah PPG Universitas Negeri Malang
  • Maytha Esterya Lumban Gaol PPG Universitas Negeri Malang
  • Nadilla Resti Cahyanti PPG Universitas Negeri Malang
  • Nursila Yamalia PPG Universitas Negeri Malang
  • Nisa Maharani PPG Universitas Negeri Malang
  • Irma Tri Iriani PPG Universitas Negeri Malang
  • Surayanah Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650

Keywords:

Culturally Responsive Teaching, keberagaman, kualitas pengajaran, analisis pembelajaran

Abstract

Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) telah menjadi fokus utama dalam literatur pendidikan untuk meningkatkan kualitas pengajaran yang menghargai keanekaragaman budaya peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan CRT dalam pembelajaran di kelas 2 SDN Pandanwangi 3 Malang. Pene­litian ini berupa kualitatif deskriptif, menggunakan metode observasi dan wawan­cara. Hasil wawancara dengan guru di kelas 2B menunjukkan bahwa peserta didik tertarik dengan tarian tradisional Bantengan, yang berasal dari daerah asal Malang. Selain itu, hasil observasi menunjukkan bahwa peserta didik lebih terlibat dalam kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan budaya responsif CRT. Pelajar aktif bertanya dan menjawab pertanyaan guru. Selain itu, pendekatan pembelajaran CRT dianggap berhasil apabila peserta didik dapat membangun rasa saling menghormati terhadap keragaman budaya, baik yang dimiliki oleh orang lain maupun diri mereka sendiri. Adapun hasil wawancara dengan guru kelas 2C me­nunjukkan bahwa guru masih belum memiliki pemahaman yang mendalam tentang pendekatan pembelajaran budaya responsif. Guru juga menjelaskan bahwa belum memberikan perhatian yang cukup pada penerapan pendekatan ini. Me­nurut data yang dikumpulkan dari observasi yang dilakukan di kelas 2C selama kegiatan pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan CRT, peserta didik menunjukkan minat dan antusiasme untuk belajar. Ini terjadi ketika peserta didik belajar tentang keberagaman di sekolah.

References

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.

Assyauqi, H. M., & Thohir, M. A. (2024). Peran Mahasiswa PPG Prajabatan sebagai Agen Perubahan dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Bahasa Inggris untuk Mewujudkan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(4), 340–345. https://doi.org/10.17977/um064v4i42024p340-345

Banks, J.A., & Banks, C.A.M. (Eds.). (2019). Multicultural Education: Issues and Perspectives.

Brown-Jeffy, S., & Cooper, J.E. (2011). Toward a Conceptual Framework of Culturally Relevant Pedagogy: An Overview of the Conceptual and Theoretical Literature.

Castagno, A.E., & Brayboy, B.M.J. (2020). Culturally Responsive Schooling for Indigenous Youth: A Review of the Literature.

Depdiknas, (2006). Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

El Rida, L., & Setiawan, D. (2024). Pengembangan Learning Management Platform Berbasis Web Materi Tata Surya Kelas VII SMP sebagai Upaya Keberpihakan pada Peserta Didik. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 74–82. https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p74-82

Gay, G. (2000). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice.

Gay, G. (2002). Preparing for culturally responsive teaching. Journal of teacher education, 53(2), 106-116.

Gay, G. (2018). Culturally Responsive Teaching: Theory, Research, and Practice.

Hammond, Z. (2014). Culturally responsive teaching and the brain: Promoting authentic engagement and rigor among culturally and linguistically diverse students. Corwin Press.

Howard, T. C. (2019). Why race and culture matter in schools: Closing the achievement gap in America's class-rooms. Teachers College Press.

Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP)

Labelle, M. T. (2010). Closing the achievement gap in America's classrooms: Why race and culture matter in schools.

Ladson-Billings, G. (1995). Toward a theory of culturally relevant pedagogy. American educational research journal, 32(3), 465-491.

Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, I. W. (2023). Meningkatakan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembela-jaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. Journal of Science and Education Re-search, 2(2), 44-48.

Maniates, H. (2016). Culturally responsive teaching and the brain. Multicultural Perspectives, 18(2), 118-120.

Nasution, D. N., Efendi, U. R., & Yunita, S. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Culturally Respon-sive Teaching Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas V Sekolah Dasar. Js (Jurnal Sekolah), 8(1), 171. https://doi.org/10.24114/js.v8i1.55063

Nasution, D. N., Efendi, U. R., & Yunita, S. (2023). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Culturally Respon-sive Teaching pada Mata Pelajaran PPKN Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah, (1), 171-177.

Ni’mah, Z., & Susanto, A. (2023, April). The Essence of “Merdeka Belajar” as a Transformational Culture Change in Indonesian Education. In Proceeding International Conference on Religion, Science and Educa-tion (Vol. 2, pp. 225-230).

Nieto, S. (2015). The light in their eyes: Creating multicultural learning communities. Teachers College Press.

Paris, D., & Alim, H. S. (Eds.). (2017). Culturally sustaining pedagogies: Teaching and learning for justice in a changing world. Teachers College Press.

Salma, I. M., & Yuli, R. R. (2023). Membangun Paradigma tentang Makna Guru pada Pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Era Abad 21. Jurnal Teknologi Pendidi-kan, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.47134/jtp.v1i1.37

Siwatu, K.O. (2019). The Culturally Responsive Teaching Self-Efficacy Scale: Validation with a New Sample of Teachers.

Sleeter, C.E. (2017). Critical Race Theory and Culturally Responsive Teaching.

Sofiuddin, A., & Saputra, M. (2024). Profil Guru Pancasila Ditinjau dari Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewanta-ra. Journal of Innovation and Teacher Professionalism, 2(1), 92–100. https://doi.org/10.17977/um084v2i12024p92-100

Subechina, C., & Ratnawati, N. (2024). Integrasi Budaya Islam pada Pendekatan Culturally Relevant Teaching dalam Kurikulum Merdeka. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(5), 496–502. https://doi.org/10.17977/um064v4i52024p496-502

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Villegas, A.M., & Lucas, T. (2002). Educating Culturally Responsive Teachers: A Coherent Approach.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Fitriah, L. ., Gaol, M. E. L. ., Cahyanti, N. R. ., Yamalia, N. ., Maharani, N. ., Iriani, I. T. ., & Surayanah, S. (2024). Pembelajaran Berbasis Pendekatan Culturally Responsive Teaching Di Sekolah Dasar. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 4(6), 643–650. https://doi.org/10.17977/um064v4i62024p643-650

Issue

Section

Articles