Pengembangan Video Animasi Ciri Gotong Royong pada Profil Pelajar Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v4i32024p314-321Keywords:
ADDIE, video animasi, ciri gotong royong, profil pelajar PancasilaAbstract
Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan dengan teknik wawancara dan observasi, ditemukan bahwa siswa kelas IV SDN Pandanwangi 3 memiliki kemampuan bersosialisasi dan gotong royong yang minim. Mengingat kemajuan teknologi multimedia yang pesat, pendidik diharapkan mampu mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah video animasi bertajuk "Ayo Gotong Royong" yang menggambarkan ciri gotong royong dalam profil pelajar Pancasila, yang sesuai untuk siswa kelas IV. Video ini divalidasi oleh para ahli materi dan media, serta dievaluasi untuk memastikan kepraktisan bagi guru dan daya tarik bagi siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Berdasarkan data hasil uji validitas, video animasi ini memperoleh persentase sebagai berikut: dari ahli materi 90,6 persen (sangat valid), dari ahli media 92,8 persen (sangat valid), dari pengguna (guru) masing-masing 96,8 persen dan 100 persen (sangat valid). Uji coba terhadap siswa kelas IV menunjukkan hasil yang sangat positif dengan persentase sebagai berikut: uji coba perorangan 100 persen (sangat menarik), uji coba skala kecil 100 persen (sangat menarik), dan uji coba lapangan 97,9 persen (sangat menarik). Hasil validasi dan uji coba ini menunjukkan bahwa video animasi "Ayo Gotong Royong" berhasil memenuhi kriteria validitas dari ahli materi dan media, kepraktisan bagi guru, serta daya tarik yang tinggi bagi siswa. Dengan demikian, media video ini dianggap efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan bersosialisasi dan gotong royong siswa, serta dapat menjadi alat bantu yang inovatif dalam pembelajaran yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila.
References
Akbar, S. (2017). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Fauziyah, E., Praherdhiono, H., & Ulfa, S. (2020). Efektivitas Penggunaan Video dengan Pengayaan Tokoh dan Animasi terhadap Pemahaman Konseptual Siswa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(4), 448–455. https://doi.org/10.17977/um038v3i42020p448
Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media. Prosiding TEP & PDs, Tema: 1 No, 96–102.
Hizhar, D., & Arni, R. (2018). Validitas, Reabilitas, Praktikalitas, dan efektivitas Bahan Ajar Cetak Meliputi LKS, Handout, Brosur, Leaflet, Dan Wallchart. https://www.academia.edu/40678413/Pengembangan_Bahan_Ajar_Validitas_dan_Praktikalitas
Junaidi. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. 3(14), 12.
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 516–525.
Mahanani, P. (2018a). Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. In 2019. Universitas Negeri Malang.
Mahanani, P. (2018b). Penerapan Model Pembelajaran Together WIN dan STAD. Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 3(2), 188–195. http://journal2.um.ac.id/index.php/jktpk/article/view/7009/3534
Mahni. (2020). Dampak Gadget Terhadap Perilaku Sosial. 21(1), 1–9.
Mastaiah. (2020). Efektivitas Pembelajaran Dengan Menggunakan Media Berbasis Video Animasi Di Tinjau Dari Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Pecahan Di SDN Pasar Lama Tahun Pelajaran 2020/2021. https://idr.uin-antasari.ac.id/15376/2/AWAL.pdf
Mohid, S. Z., Ramli, R., Rahman, K. A., & Shahabudin, N. N. (2018). Teknologi Multimedia Dalam Pendidikan Abad 21. 5th International Research Management & Innovation Conference (5th IRMIC 2018), August, 1–9.
Mufarokah, A. (2015). Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Shalat Fardlu Pada Siswa Kelas II. 16–43.
Rodrigo Garcia Motta, Angélica Link, Viviane Aparecida Bussolaro, G. de N. J., Palmeira, G., Riet-Correa, F., Moojen, V., Roehe, P. M., Weiblen, R., Batista, J. S., Bezerra, F. S. B., Lira, R. A., Carvalho, J. R. G., Neto, A. M. R., Petri, A. A., Teixeira, M. M. G., Molossi, F. A., de Cecco, B. S., Henker, L. C., Vargas, T. P., Lorenzett, M. P., Bianchi, M. V., … Alfieri, A. A. (2021). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. In Pesquisa Veterinaria Brasileira (Vol. 26, Issue 2). http://www.ufrgs.br/actavet/31-1/artigo552.pdf
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.
Siswono, T. Y. (2019). Paradigma Penelitian Pendidikan.
Smith, J., Johnson, A., & Brown, K. (2023). The Effectiveness of Animated Videos in Enhancing Elementary Students' Understanding of Complex Concepts. Journal of Educational Technology, 45(2), 201-215.
Sugiyarti, L., Arif, A., & Mursalin. (2018). Pembelajaran Abad 21 di SD. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 439–444. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/10184
Suryani, D. (n.d.). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya (2018th ed.). Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.