Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Tulisan Pemelajar BIPA Tingkat Mahir

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i42023p557-568

Keywords:

BIPA, kesalahan berbahasa, morfologi sintaksis, tataran semantik

Abstract

BIPA adalah sebuah program yang bertujuan untuk menginternasionalkan bahasa Indonesia.  Saat ini program BIPA telah diminati oleh 44 negara. Salah satu lembaga program BIPA terdapat di Universitas Negeri Malang. Selama proses pembelajaran BIPA seringkali terjadi kesalahan berbahasa yang dilakukan pemelajar. Kesalahan berbahasa bisa terjadi dalam bentuk lisan dan tulisan. Peneliti akan berfokus pada kesalahan tulisan pemelajar BIPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrip­sikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pemelajar BIPA pada tataran morfologi sintaksis, seman­tik dan kesalahan ejaan bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa tulisan pemelajar BIPA tingkat mahir. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, simak dan catat. Metode analisis data menggunakan metode analisis kesalahan berbahasa Corder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 kesalahan pada tataran morfologi, 3 kesalahan sintaksis pada frasa, 3 kesalahan sintaksis pada klausa, 9 kesalahan sintaksis pada kalimat, 3 kesalahan pada tataran semantik, dan 4 kesalahan dalam ejaan bahasa Indonesia.

Kata kunci: kesalahan, berbahasa, tulis, BIPA

Indonesian Mistakes in the Writing of Advanced BIPA Students

BIPA is a program that aims to internationalize the Indonesian language. At present the BIPA program has been in demand by 44 countries. One of the BIPA program institutions is at Malang State University. During the BIPA learning process students often make language mistakes. Language errors can occur in spoken and written form. Researchers will focus on BIPA students' writing mistakes. This study aims to describe the forms of language errors in BIPA students at the level of syntactic morphology, semantics and Indonesian spelling errors. This research uses a qualitative descriptive research type. The research data is in the form of advanced-level BIPA student writing. The data collection method used is the documentation method, observe and record. The data analysis method uses the Corder language error analysis method. The results of this study indicate that there were 3 errors at the morphological level, 3 syntactic errors in phrases, 3 syntactic errors in clauses, 9 syntactic errors in sentences, 3 errors at the semantic level, and 4 errors in Indonesian spelling.

Keywords: error, language, writing, BIPA

References

Ani, I. F. K., & Suyitno, I. Ungkapan Pujian Pelajar BIPA dalam Akun YouTube BIPA Lembaga Bahasa Internasional (LBI) UI. Jolla: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(8), 1079-1094. DOI: https://doi.org/10.17977/um064v2i82022p1079-1094

Arimi, S. (n.d). Analisis Korelasi Kompetensi dan Materi Ujar Bipa di Inculs, FIB-UGM. KIPBIPA XI: Pengembangan BIPA pada Era Revolusi Industri 4.0

Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Erdogan, V. (2005). Contribution of Error Analysis to Foreign Language Teaching. Mersin University Journal of the Faculty of Education, 1(2), 261-270.

Faisal, M., Abdul, H. (Tanpa Tahun). Unit 6 Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Kajian Bahasa Indonesia di SD. Diperoleh pada tanggal 17 Mei 2022 melalui https://adoc.pub/unit-6-analisis-kesalahan-berbahasa-muh-faisal-abd-halik.html

Hanifia, Susanto, G., & Luciandika, A. . (2021). Topik-Topik dalam Buku Ajar BIPA Let’s Speak Indonesian: Ayo Berbahasa Indonesia 1. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(6), 808–824. https://doi.org/10.17977/um064v1i62021p808-824

Jazeri, M. (2013). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pebelajar Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (Bipa) Di Sanggar Kampung Indonesia Tulungagung. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 5(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.21274/ls.2013.5.1.1-10

Kemdikbud. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kemdikbud. Jaringan Lembaga Penyelenggara Program BIPA. Diakses melalui https://bipa.kemdikbud.go.id/jaga pada tanggal 14 April 2022

Kridalaksana, H. (2001). Kamus Linguistik. Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.

Kridalaksana, H. (2007). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama

Maesaroh, S. (2021). Analisis Kesalahan Pleonasme dan Kontaminasi pada Karangan Deskriptif Siswa SMA Negeri 1 Cepego. Kltitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 29-34. DOI: https://doi.org/10.32585/klitika.v3i1.1277

Pateda, M. (2010). Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta

Pratiwi, A., Suyitno, I., & Ariani, D. . (2021). Analisis Buku BIPA Literasi Komunikasi Berbasis Budaya 1 Berdasarkan Standar Penulisan Buku Ajar. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(6), 717–727. https://doi.org/10.17977/um064v1i62021p717-727

Pratiwi, V. A. (2012). Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Biografi Singkat Mahasiswa BIPA Darmasiswa Unesa Tingkat Madya. Bapala, 7(2), 1-5. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/33760.

Ramlan, M. (2001). Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono

Ramlan, M. (2009). Ilmu Bahasa Indonesia: Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV. Karyono

Sumadi. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: Asah Asih Asuh.

Susanto, G. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bipa Berdasarkan Kesalahan Bahasa Indonesia Pembelajar Asing. Jurnal Bahasa dan Seni, 35(2), 231-239

Yahya, M., Andayani., & Saddhono, K. (2018). Studi Kesalahan Penulisan Kalimat dalam Karangan Pelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastram dan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia, 5¬(1), 1-20. DOI: http://dx.doi.org/10.15408/dialektika.v5i1.6295

Downloads

Published

2023-04-30

How to Cite

Fiiarum, F. A. K. ., & Susanto, G. . (2023). Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Tulisan Pemelajar BIPA Tingkat Mahir. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(4), 557–568. https://doi.org/10.17977/um064v3i42023p557-568

Issue

Section

Articles