Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Tulisan Pemelajar BIPA Tingkat Mahir
DOI:
https://doi.org/10.17977/um064v3i42023p557-568Keywords:
BIPA, kesalahan berbahasa, morfologi sintaksis, tataran semantikAbstract
BIPA adalah sebuah program yang bertujuan untuk menginternasionalkan bahasa Indonesia. Saat ini program BIPA telah diminati oleh 44 negara. Salah satu lembaga program BIPA terdapat di Universitas Negeri Malang. Selama proses pembelajaran BIPA seringkali terjadi kesalahan berbahasa yang dilakukan pemelajar. Kesalahan berbahasa bisa terjadi dalam bentuk lisan dan tulisan. Peneliti akan berfokus pada kesalahan tulisan pemelajar BIPA. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan berbahasa pemelajar BIPA pada tataran morfologi sintaksis, semantik dan kesalahan ejaan bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa tulisan pemelajar BIPA tingkat mahir. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode dokumentasi, simak dan catat. Metode analisis data menggunakan metode analisis kesalahan berbahasa Corder. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 3 kesalahan pada tataran morfologi, 3 kesalahan sintaksis pada frasa, 3 kesalahan sintaksis pada klausa, 9 kesalahan sintaksis pada kalimat, 3 kesalahan pada tataran semantik, dan 4 kesalahan dalam ejaan bahasa Indonesia.
Kata kunci: kesalahan, berbahasa, tulis, BIPA
Indonesian Mistakes in the Writing of Advanced BIPA Students
BIPA is a program that aims to internationalize the Indonesian language. At present the BIPA program has been in demand by 44 countries. One of the BIPA program institutions is at Malang State University. During the BIPA learning process students often make language mistakes. Language errors can occur in spoken and written form. Researchers will focus on BIPA students' writing mistakes. This study aims to describe the forms of language errors in BIPA students at the level of syntactic morphology, semantics and Indonesian spelling errors. This research uses a qualitative descriptive research type. The research data is in the form of advanced-level BIPA student writing. The data collection method used is the documentation method, observe and record. The data analysis method uses the Corder language error analysis method. The results of this study indicate that there were 3 errors at the morphological level, 3 syntactic errors in phrases, 3 syntactic errors in clauses, 9 syntactic errors in sentences, 3 errors at the semantic level, and 4 errors in Indonesian spelling.
Keywords: error, language, writing, BIPA
References
Ani, I. F. K., & Suyitno, I. Ungkapan Pujian Pelajar BIPA dalam Akun YouTube BIPA Lembaga Bahasa Internasional (LBI) UI. Jolla: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(8), 1079-1094. DOI: https://doi.org/10.17977/um064v2i82022p1079-1094
Arimi, S. (n.d). Analisis Korelasi Kompetensi dan Materi Ujar Bipa di Inculs, FIB-UGM. KIPBIPA XI: Pengembangan BIPA pada Era Revolusi Industri 4.0
Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta
Erdogan, V. (2005). Contribution of Error Analysis to Foreign Language Teaching. Mersin University Journal of the Faculty of Education, 1(2), 261-270.
Faisal, M., Abdul, H. (Tanpa Tahun). Unit 6 Analisis Kesalahan Berbahasa dalam Kajian Bahasa Indonesia di SD. Diperoleh pada tanggal 17 Mei 2022 melalui https://adoc.pub/unit-6-analisis-kesalahan-berbahasa-muh-faisal-abd-halik.html
Hanifia, Susanto, G., & Luciandika, A. . (2021). Topik-Topik dalam Buku Ajar BIPA Let’s Speak Indonesian: Ayo Berbahasa Indonesia 1. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(6), 808–824. https://doi.org/10.17977/um064v1i62021p808-824
Jazeri, M. (2013). Analisis Kesalahan Berbahasa Tulis Pebelajar Bahasa Indonesia Untuk Penutur Asing (Bipa) Di Sanggar Kampung Indonesia Tulungagung. Jurnal Bahasa Lingua Scientia, 5(1), 1-10. DOI: https://doi.org/10.21274/ls.2013.5.1.1-10
Kemdikbud. (2016). Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Kemdikbud. Jaringan Lembaga Penyelenggara Program BIPA. Diakses melalui https://bipa.kemdikbud.go.id/jaga pada tanggal 14 April 2022
Kridalaksana, H. (2001). Kamus Linguistik. Edisi Ketiga. Jakarta: Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama.
Kridalaksana, H. (2007). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Maesaroh, S. (2021). Analisis Kesalahan Pleonasme dan Kontaminasi pada Karangan Deskriptif Siswa SMA Negeri 1 Cepego. Kltitika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 29-34. DOI: https://doi.org/10.32585/klitika.v3i1.1277
Pateda, M. (2010). Semantik Leksikal. Jakarta: Rineka Cipta
Pratiwi, A., Suyitno, I., & Ariani, D. . (2021). Analisis Buku BIPA Literasi Komunikasi Berbasis Budaya 1 Berdasarkan Standar Penulisan Buku Ajar. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(6), 717–727. https://doi.org/10.17977/um064v1i62021p717-727
Pratiwi, V. A. (2012). Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Biografi Singkat Mahasiswa BIPA Darmasiswa Unesa Tingkat Madya. Bapala, 7(2), 1-5. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bapala/article/view/33760.
Ramlan, M. (2001). Ilmu Bahasa Indonesia: Sintaksis. Yogyakarta: CV. Karyono
Ramlan, M. (2009). Ilmu Bahasa Indonesia: Morfologi Suatu Tinjauan Deskriptif. Yogyakarta: CV. Karyono
Sumadi. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia. Malang: Asah Asih Asuh.
Susanto, G. (2007). Pengembangan Bahan Ajar Bipa Berdasarkan Kesalahan Bahasa Indonesia Pembelajar Asing. Jurnal Bahasa dan Seni, 35(2), 231-239
Yahya, M., Andayani., & Saddhono, K. (2018). Studi Kesalahan Penulisan Kalimat dalam Karangan Pelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Dialektika: Jurnal Bahasa, Sastram dan Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia, 5¬(1), 1-20. DOI: http://dx.doi.org/10.15408/dialektika.v5i1.6295
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fitri Anugrah Kilisuci Fiiarum, Gatut Susanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.