Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek Menggunakan Metode Alih Wahana untuk Siswa Kelas XI

Authors

  • Fitra Nur Fadila Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v1i32021p416-425

Keywords:

bahan ajar, menulis cerita pendek, alih wahana, siswa kelas XI

Abstract

Abstract: The background behind this research on the development of teaching materials to write short stories using the vehicle transfer method is the result of a needs analysis conducted by researchers by observing learning activities in class, as well as interviews with one of the Indonesian Language teachers and class XI students at SMAN 1 Tumpang, Malang Regency. Based on the results of observations and interviews that have been conducted, the researcher found that the activities in the classroom still tend to be monotonous and students find it difficult to find short story ideas so that the themes developed are less varied. The purpose of this research development is to produce teaching materials to write short stories using the vehicle transfer method by referring to the content description, systematic, linguistic, and appearance that is appropriate for learning. This study uses the ADDIE development model. ADDIE development procedures consist of (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, and (5) evaluation. Based on the results of the feasibility test, this teaching material product received an average score of 90.05% which has product criteria that are very feasible to be implemented in learning activities.

Keywords: teaching material, writing short stories, transferring, class XI students

Abstrak: Hal yang melatarbelakangi penelitian pengembangan bahan ajar menulis cerita pendek menggunakan metode alih wahana ini adalah hasil analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti dengan cara melakukan pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran di kelas, serta wawancara kepada salah satu guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas XI di SMAN 1 Tumpang, Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara yang telah dilakukan, peneliti menemukan bahwa kegiatan di dalam kelas masih cenderung monoton serta siswa merasa kesulitan dalam menemukan ide cerita pendek sehingga tema yang dikembangkan kurang bervariatif. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan produk bahan ajar menulis cerita pendek menggunakan metode alih wahana dengan mengacu pada deskripsi isi, sistematika, kebahasaan, dan tampilan yang layak untuk pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan ADDIE terdiri atas (1) analisis, (2) desain, (3) pengembangan, (4) implementasi, dan (5) evaluasi. Berdasarkan hasil uji kelayakan, produk bahan ajar ini mendapat rata-rata skor 90,05% yang memiliki kriteria produk sangat layak untuk diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran.

Kata kunci: bahan ajar, menulis cerita pendek, alih wahana, siswa kelas XI

References

Damono, S.D. (2018). Alih wahana. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fitryana, D. (2011). Peningkatan keterampilan menulis cerpen melalui media berita dengan metode latihan terbimbing pada siswa kelas X.3 SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga. Skripsi (Online). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Karkono. (2009). Perbedaan makna novel dan film Ayat-Ayat Cinta: Kajian Ekranisasi. Jurnal Atavisme, 12(2), 167-180.

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E.D. (2018). Pengembangan bahan ajar menulis cerpen dengan media storyboard pada siswa kelas X SMA. Diglosia, 1(1), 1-12.

Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Muslich, M. (2010). Textbook writing. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurgiyantoro, B. (2015). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada.

Nurhadi. (2017). Handbook of writing: Panduan lengkap menulis. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Pargito. (2010). Penelitian dan pengembangan bidang pendidikan. Tesis (Online). Lamongan: Pendidikan IPS PPs-UNILA.

Prasaja. (2016). Pengembangan bahan ajar modul menulis teks cerita pendek berdasarkan teknik storyboard untuk siswa SMA/MA Kelas XI. Skripsi (Online). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Prastowo, A. (2015). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif: Menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Siswanto, W. (2008). Pengantar teori sastra. Jakarta: PT Grasindo.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukistiono. (2017). Pengembangan bahan ajar menulis teks cerpen menggunakan pendekatan berbasis teks dengan metode cerpen-gram untuk siswa SMP/MTS Kelas IX. Tesis (Online). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Taum, A. (2017). Pengembangan media pembelajaran menulis cerita pendek berbasis multimedia video scribe untuk kelas XI IPA SMA Negeri 3 Kupang. Skripsi (Online). Yogyakarta: Universitas Sanatha Darma.

Wahyuningtyas, R.N., Maryaeni, & Roekhan. (2016). Pengembangan bahan ajar menulis cerita pendek dengan konversi teks untuk siswa kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(7), 1330-1336.

Downloads

Published

2021-03-31

How to Cite

Fadila, F. N. . (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerita Pendek Menggunakan Metode Alih Wahana untuk Siswa Kelas XI. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(3), 416–425. https://doi.org/10.17977/um064v1i32021p416-425

Issue

Section

Articles