Proses Kognitif Bermuatan HOTS pada Pertanyaan, Tugas, dan Latihan dalam Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Kemendikbud Edisi Revisi 2017

Authors

  • Moktika Cahyarani Universitas Negeri Malang
  • Endah Tri Priyatni Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p420-443

Keywords:

HOTS, Bahasa Indonesia, Sastra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan proses kognitif bermuatan HOTS pada pertanyaan, tu-gas, dan latihan dalam buku teks siswa Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Kemendikbud Edisi Revisi 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan kajian teks terhadap konten HOTS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pertanyaan HOTS berdasarkan taksonomi Barrett dan taksonomi Bloom revisi. Tugas dan latihan HOTS berdasarkan taksonomi Barrett me-nuntut peserta didik untuk dapat menggunakan informasi yang tertuang dalam teks untuk diseleksi dan dijadikan sebagai dasar anggapan mengenai aspek tertentu dalam teks serta memberikan pen-dapat menggunakan kriteria tertentu. Tugas HOTS berdasarkan taksonomi Bloom revisi menuntut peserta didik untuk mampu membuat atau menyusun teks setelah menelaah aspek dalam teks dan mengevaluasinya berdasarkan kriteria tertentu. Latihan HOTS berdasarkan taksonomi Bloom revisi menuntut peserta didik untuk dapat menguraikan teks cerpen dan drama yang diklasifikasikan da-lam kategori tertentu, memperbaiki penulisan teks, serta mengomentari pementasan naskah drama berdasarkan kriteria tertentu. Peserta didik juga dituntut untuk dapat membangun karakter tokoh berdasarkan hasil analisis dan evaluasi yang telah dilakukan terhadap naskah dalam pembelajaran ekspresi lisan sastra.

Kata kunci: HOTS; bahasa Indonesia; sastra

Cognitive Process Containing HOTS in Questions, Tasks, and Exercises in Kemendikbud Revised 2017 Edition of The Bahasa Indonesia Student Textbook for 11th Grade High School

The purpose of this research is to describe cognitive processes containing analyzing, evaluating, and creating of HOTS levels in questions, assignments, and exercises in the Kemendikbud Revised 2017 edition of the Bahasa Indonesia student textbook for eleventh-grade high school. The results show that there are HOTS questions based on Barrett's taxonomy and Bloom's revised taxonomy. The HOTS assignments and exercises based on Barrett's taxonomy require students to be able to use the information contained in the text to be selected and used as a basis for assumptions about certain aspects of the text. Students are also required to be able to give opinions using certain criteria. The HOTS assignments based on the revised Bloom's taxonomy require students to be able to compose or compile texts after examining aspects in the text and evaluating them based on certain criteria. The HOTS exercise based on the revised Bloom's taxonomy requires students to be able to elaborate short stories and drama texts that are classified into certain categories, improve text writing, and comment on the staging of drama scripts based on certain criteria. Students are also required to be able to build character traits based on the results of the analysis and evaluation that has been carried out on texts in learning oral language in literacy.

Keywords: HOTS; Indonesian; literature

References

Bizimana, E., Mutangana, D., & Mwesigye, A. (2022). Improving Students’ Cognitive Process in Biology Using Concept Mapping and Cooperative Mastery Learning Strategies. International Journal of Evaluation and Research in Education, (Online), 11(2), 936-946.

Ciptaningrum, T.M. (2020). Tingkatan Berpikir dalam Buku Teks SMA Bahasa Indonesia. Skripsi, Universitas Negeri Malang.

Damaianti, V.S., Abidin, Y., & Rahma, R. (2020). Higher Order Thinking Skills-based Reading Literacy Assessment Instrument: An Indonesian Context. Indonesian Journal of Applied Linguistics, (Online), 10(2), 513-525.

Effendi, R. (2017). Konsep Revisi Taksonomi Bloom dan Implementasinya pada Pelajaran Matematika SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, (Online), 2(1), 72-78.

Fahim, M. & Bagheri, M.B. (2012). Fostering Critical Thinking through Socrates' Questioning in Iranian Language Institutes. Journal of Language Teaching and Research, (Online), 3(6), 1122-1127.

Gozali, I., Lie, A., Tamah, S.M., & Jemadi, F. (2021). HOTS Questioning Ability and HOTS Perception of Language Teachers in Indonesia. Indonesian Journal of Applied Linguistics, (Online), 11(1), 60-71.

Gunawan, I. & Palupi, A.R. (2012). Taksonomi Bloom-Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, (Online), 2(2), 98-117.

Hanifia, Susanto, G., & Luciandika, A. (2021). Topik-Topik dalam Buku Ajar BIPA Let’s Speak Indonesian: Ayo Berbahasa Indonesia 1. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(6), 808–824. https://doi.org/10.17977/um064v1i62021p808-824

Harymawan, R.M.A. (1993). Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset.

Husni, T. (2022). Implementasi Budaya Literasi Baca Tulis Melalui Membaca Pemahaman. LPMP Aceh, (Online), http://lpmpaceh.kemdikbud.go.id/.

Iskandar, D. (2012). Apresiasi Drama dan Pembelajarannya. Direktori File UPI, (Online), http://file.upi.edu/.

Ismawati, E. (2013). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Kusdinar, N. (2011). Pembelajaran Apresiasi Drama di Kelas XI IPA Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional SMA Negeri 1 Banjar Patroman Jawa Barat. Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Kusuma, M. (2010). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Multi Kreasi Satudelapan.

Lie, A., Tamah, S.M., Gozali, I., & Triwidayati, K.R. (2020). Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Yogyakarta: Edisi Elektronik oleh Divisi Buku Digital PT Kanisius.

Liliani, E. & Budiyanto, D. (2020). Modul Membaca Sastra Berperspektif Ekoliterasi. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.

Muslich, M. (2010). Text Book Writing: Dasar-Dasar Pemahaman, Penulisan, dan Pemakaian Buku Teks. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Nurbaya, St. (2019). Teori dan Taksonomi Membaca. Yogyakarta: Kanwa Publisher.

Prijambodo. (2014). Monitoring dan Evaluasi. Bogor: PT Penerbit IPB Press.

Rakhma, D.A. (2019). Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Aljabar Bertipe PISA Melalui Pembelajaran Berdasarkan Teori APOS. Skripsi, Universitas Muhammadiyah Malang.

Rohman, S. (2020). Pembelajaran Cerpen. Jakarta: Bumi Aksara.

Rusyna, H. Adun. (2014). Keterampilan Berpikir: Pedoman Praktis Para Peneliti Keterampilan Berpikir. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Sepriyanti, N., Nelwati, S., Kustati, M., & Afriadi, J. (2022). The Effect of 21st-Century Learning on Higher-Order Thinking Skills (HOTS) and Numerical Literacy of Science Students in Indonesia Based on Gender. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Online), 11(2), 314-321.

Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). Analisis Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Universitas Abdurrab terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Servqual (Studi Kasus: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi dan Open Source, 3(1), 131–143. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.560

Sukatin, Pahmi, Firmansyah, Suciati, F.N., Defrian, A., Purnama, A.I., ... , Kuswara, M.I. (2022). Manajemen dan Evaluasi Kerja. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.

Suwandi, S. (2011). Model-Model Asesmen dalam Pembelajaran. Solo: Yuma Pustaka.

Widyartono, D. (2012). Proses Menulis. (Online), http://didin.lecture.ub.ac.id/.

Zahro, R. & Pertiwi, F.N. (2021). Analisis Komparasi Ketrampilan Inferensi Peserta Didik Ditinjau dari Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving dengan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran IPA. Jurnal Tadris IPA Indonesia, (Online), 1(1), 23-33.

Downloads

Published

2023-03-30

How to Cite

Cahyarani, M. ., & Priyatni, E. T. . (2023). Proses Kognitif Bermuatan HOTS pada Pertanyaan, Tugas, dan Latihan dalam Buku Teks Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI SMA Kemendikbud Edisi Revisi 2017. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(3), 420–443. https://doi.org/10.17977/um064v3i32023p420-443

Issue

Section

Articles