Penerapan Metode Imla’ al-mandzur dan Imla’ al-istima’i untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas 7

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i12023p75-87

Keywords:

Imla' method, writing ability, arabic language

Abstract

Bahasa Arab merupakan salah satu alat yang digunakan untuk memajukan kemajuan ilmu pengeta­huan. Meskipun dapat membaca huruf Arab dengan baik, banyak siswa di Indonesia yang tidak mampu menulis bahasa Arab sesuai dengan pedoman tata bahasa yang baik dan benar. Oleh karena itu, penerapan pendekatan imla' diperlukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satu masalah yang dihadapi siswa ketika belajar bahasa Arab adalah mereka telah mempelajari bahasa tersebut di usia muda tetapi belum belajar menulisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan strategi imla' dalam meningkatkan keterampilan menulis kosakata siswa kelas VII MTs Negeri 5 Ngawi. Data dikumpulkan dari 34 siswa kelas 7 terdiri atas 20 perempuan dan 14 laki-laki. Sebagai metode pengumpulan data, observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes digunakan. Untuk menilai temuan observasi dan dokumentasi digunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif (menganalisis skor dengan melakukan serangkaian tes untuk mengetahui rata-rata skor siswa dan ketuntasan belajar siswa). Hasil penelitian dirancang untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyalin kosa kata bahasa Arab yang telah tertulis di papan tulis sebelumnya tanpa melihat teks, kemudian menulis kosa kata bahasa Arab yang terdiri dari potongan huruf hijaiyah untuk membentuk kata, dan menulis kosa kata bahasa Arab yang dibaca. dengan lantang oleh guru mengungkapkan rata-rata nilai pra siklus 63,7. Selain itu, rata-rata nilai siswa pada Siklus I mengikuti terapi mengalami peningkatan sebesar 74,6 persen. Selain itu penerapan metode imla’ al-mandzur dan imla’ al-istima’i menghasilkan peningkatan yang cukup besar sebesar 87,3 persen pada nilai rata-rata siswa pada Siklus II, setelah pengulangan Siklus I, bila menggunakan metode imla' metode al-mandzur dan imla' al-istima'i. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan imla' meningkatkan keterampilan menulis kosa kata bahasa Arab siswa.

Kata Kunci : metode imla’, kemampuan menulis, bahasa Arab

The Application of Imla’ al-mandzur and Imla’ al-istima’i Methods to Improve Arabic Vocabulary Writing Skills for 7th Grade Students

Arabic is one of the tools used to advance scientific advancement. Even though they can read Arabic script well, many students in Indonesia are unable to write Arabic according to appropriate and precise grammar guidelines. Therefore, the application of the imla' approach is required to resolve these issues. One of the problems that students made when learning Arabic was that they had learnt the language at a young age but had not yet learned to write it. This study aimed to determine the effectiveness of the imla' strategy in enhancing the vocabulary writing skills of seventh-grade pupils at MTs Negeri 5 Ngawi. Data were collected from 34 pupils in class VII which were 20 females and 14 males. As data gathering methods, observations, interviews, documentation, and tests were utilized. To assess the findings of observation and documentation, qualitative and quantitative data analysis techniques were employed (analyzing scores by conducting a series of tests to find out the average student score and student learning completeness). The results of the study designed to improve students' ability to copy Arabic vocabulary that had been written on the blackboard beforehand without looking at the text, then write Arabic vocabulary consisting of pieces of hijaiyah letters to form words, and write Arabic vocabulary that was read aloud by the teacher reveal an average pre-cycle value of 63.7. In addition, the average value of pupils in the first cycle following therapy has increased by 74.6 percentage points. In addition, the implementation of the imla’ al-mandzur and imla’ al-istima’i methods resulted in a considerable rise of 87.3 percent in the average score of students in cycle II, after repetition of cycle I, when using the imla’ al-mandzur and imla’ al-istima’i methods. Based on the research, one may conclude that the imla' approach enhances pupils' Arabic vocabulary writing skills.

Keywords: imla’ method, writing ability, arabic language

References

Abdullah, & Hamid, A. (1991). Ususu I’dad Al-Kutub At-Ta’limiyah Lighairi Nathiqina bi Al-Arabiyah. Darul Ghali.

Anugrahi, N. (2020). Efektivitas Pembelajaran Imla’ Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Kata Dalam Bahasa Arab Peserta Didik Kelas XI Madrasah Aliyah DDI Kaballangan KAB. Pinrang.

Ardyansyah, A., & Fitriani, L. (2020). Efektivitas Penerapan Metode Discovery Learning dalam Pembelajaran Imla’. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 229–244. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.2257

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Ed. Rev. V). Rineka Cipta.

Asrofi, I., & Halim, A. (2021). Efektivitas Metode Imla’ terhadap Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Menulis Bahasa Arab. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 10(2), 113. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v10i2.9304

Misykat. Arab. Bahasa Pengajaran Metodologi (2009). F. A. Effendy, .الموسوعة الغ ّراء في تعليم قواعد اإلمالء. مكتبة سمير منصور (2006). A. K. Fatah,

Febtriningsih. (2019). Meningkatkan Kemampuan Listening Skill Melalui Metode Dikte Pada Teks Deskriptif Smp Negeri 22 Surakarta. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, 11(3), 146–158. https://doi.org/10.24832/jpkp.v11i3.209

Hasani, Z. F. (2013). Penerapan Metode Imla’ Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas VIIC MTs Muhammadiyah 02 Pemalang. In Lisanul’ Arab: Journal of Arabic Learning and Teaching (Vol. 2, Issue 1).

Hermawan, A. (2018). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. PT Remaja Rosdakarya.

Izzan, A. (2007). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab (U. S. Artyasa (ed.); Edisi 2). Humaniora.

Jannah, P. N. (2019). Problems of Teachers in The Taeching of Imla for Students of the Ninth Semester in The Islamic Integrated Secondary School “Imam Syafi’i” East Java. Educan : Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 82. https://doi.org/10.21111/educan.v3i2.3581

Khafidh, M. (2016). Implementasi Metode Imla’ sebagai Peningkatan Kemampuan Menulis Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Kelas VII SMP IT Abu Bakar Umbulharjo Yogyakarta. Institutional Repository UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24344/

Martan, Zaid, A. H., & Mahmudi, I. (2021). Teaching Materials Development for Imlâ’ Lesson To Enhance Student’S Writing Skills. Arabiyat : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 8(1), 46– 59. https://doi.org/10.15408/a.v8i1.17559

Mu’in, A. (2004). Analisis Kontrastif Bahasa Arab dan Bahasa Indonesia (telaah Terhadap Fonetik dan Morfologi). Al Husna Baru.

Muhammad, A. (1981). Methode Khusus Pengajaran Bahasa Arab. Usaha Nasional.

Otoshi, J., & Heffernen, N. (2008). Factors predicting effective oral presentations in EFL classrooms. The Asian EFL Journal Quarterly, 10(1), 65–78.

Rahimi, M. (2008). Using Dictation to Improve Language Proficiency. The Asian EFL Journal Quarterly, 10(1).

Sadjad, A. (2019). Pembelajaran Aktif melalui Metode Imla’ untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Arab pada Siswa Kelas VIIA SMPN 2 Tulakan Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/ 2019. STAI NU Pacitan, 121–138.

Saroh, U. (2021). Penerapan Metode Dikte Pada Kegiatan Menulis Anak Kelas 2 Di SD Negeri Slawu 2 Kecamatan Patrang Kabupaten Jember. http://repository.unmuhjember.ac.id/id/eprint/11462

Sholihah, R., & Suharti. (2015). Sikap Dan Pemertahanan Bahasa Indonesia Siswa Kelas X SMA Internasional Budi Mulia Dua Yogyakarta. LingTera, 2. https://journal.uny.ac.id/index.php/ljtp/article/view/7375

STANSFIELD, C. W. (1985). A History of Dictation in Foreign Language Teaching and Testing. The Modern Language Journal, 69(2), 121–128. https://doi.org/10.1111/j.1540-4781.1985.tb01926.x

Susanti, & Asyrofi, S. (2020). Efektivitas Metode Imla’ Manzur Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah. Aphorisme, 1(2), 1–22.

Tarigan, H. G. (1987). Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa. Thu’aimah, A. (1989). Ta’lim al-‘Arabiyyah Li Ghair al- Nathiqina Biha. ISESCO.

Widayati, A. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelitian, VI(1), 87–93.

Zaid, A. H., Martan, & Wicaksono, E. B. (2020). Tashmim al-Kitab al-Madrasiy fi Darsi al-Imla’i li Tanmiyyati Maharah al-Kitabah. International Journal of Arabic Language Teaching, 2(2).

Zaida, A. R., & Primaningtyas, M. (2021). Penerapan Metode Imla pada Mata Pelajaran Kitabah Kelas IX di Pondok Pesantren Hamalatul Quran II Sleman Yogyakarta. Jurnal Ihtimam, 3(2), 107–132. https://doi.org/10.36668/jih.v3i2.230

Zainuddin, A. (2016). Tashmīm Al-Kitāb Al-Ta’līmī Fī Māddati Al-Imlā’ Al-Arabī Lil Kātibīna Bilughāti Ukhrā. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 29–39.

Press. Darussalam .أصول التربية و التعليم مقرر للصف الثالث (2007). I. Zarkasyi,

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Prastyo, M. A. N., & Kholisin, K. (2023). Penerapan Metode Imla’ al-mandzur dan Imla’ al-istima’i untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Kosa Kata Bahasa Arab Siswa Kelas 7 . JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(1), 75–87. https://doi.org/10.17977/um064v3i12023p75-87

Issue

Section

Articles