Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa MI al-Qur’an Singosari: Studi Komparatif Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan yang Tinggal di Rumah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v3i12023p34-53

Keywords:

Studi Komparatif, Motivasi Belajar, Bahasa Arab, Pondok Pesantren, Lingkungan Rumah

Abstract

MI al-Qur’an Singosari memiliki siswa berlatar belakang mukim pondok pesantren (ponpes) dan mukim rumah. Ber­dasarkan rata-rata hasil belajar bahasa Arab siswa mukim ponpes sebesar 79,93 dan siswa mukim rumah 86,48 ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mukim rumah lebih bagus dibandingkan siswa mukim ponpes. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi, per­bedaan motivasi belajar bahasa Arab siswa yang tinggal di ponpes dan yang tinggal di rumah serta faktor-faktor yang mempengaruhinya. Mix method model sequential explanatory digunakan dengan populasi siswa kelas 2-5 sebanyak 138 siswa dengan 69 responden setiap kelompoknya melalui instrumen angket, obser­vasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 20.0 dengan uji independent sample t-test. Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai signifikansi pada motivasi belajar bahasa Arab siswa MI al-Qur’an antara siswa yang tinggal di ponpes dengan yang tinggal di rumah yakni 0,183 lebih besar dari 0,05 maka dapat disimpulkan H0 diterima dan Ha ditolak. Bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar bahasa Arab siswa antara mukim ponpes dengan mukim rumah dan ke dua kelompok menunjukkan motivasi sedang dengan 79,92 persen siswa mukim ponpes dan 82,27 persen siswa mukim rumah. Faktor-faktor yang mem­pengaruhinya meliputi faktor pembelajaran di lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal.

Kata kunci: studi komparatif; motivasi belajar; pondok pesantren; lingkungan rumah

Arabic Learning Motivation on al-Qur'an Islamic Elementary School Students at Singosari: A Comparative Study of Students Living in Islamic Boarding School with Living at Home

Islamic Elementary School (MI) al-Qur'an Singosari has students with the background of living in Islamic boarding school (ponpes) and home. Based on the average learning outcomes of Arabic students living in ponpes of 79.93 and this 86.48 students living in home shows that the learning outcomes of students living at home are better than students living in ponpes. This study aims to describe motivation, differences in the motivation of learning Arabic students living in Islamic boarding schools and living at home and the factors that influence it. Mix Method model Sequential Explanatory is used with a population of students in grade 2-5 as many as 138 students with 69 respondents each group through question­naire instruments, observations, and interviews. Data analysis techniques are carried out through SPSS version 20.0 application through the independent sample t-test. The results found that the significance value in the motivation of learning Arabic students of MI Al-Qur'an between students living in Islamic Boarding School and students living at home were 0.183 greater than 0.05, it could be concluded H0 was accepted and Ha was rejected that it was not. There is a significant difference in the motivation of learning Arabic students between living in ponpes and living at home and the two groups show moderate motivation with 79.92 percent of Ponpes Mukim students and 82.27 percent of Mukim home students. The factors that influence it include learning factors in the school environment and the neighborhood.

Keywords: comparative study; learning motivation; islamic boarding school; home environment

References

Abdullah, A. H., Sulaiman, A., & Ismail, A. W. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi terhadap Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Islam Dan Masyarakat Kontemporari, 10(1), 82–97. https://doi.org/10.37231/jimk.2020.10.1.112

Ainin, M. (2011). Fenomena Demotivasi dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah: Penyebab dan Alter¬natif Pemecahannya. Makalah Disampaikan Pada Acara Pengukuhan Guru Besar Dalam Bidang Pembelajaran Bahasa Arab Dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang Tanggal 28 April 2011.

Ainin, M. (2015). Pembelajaran Bahasa Arab Motivasional. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab (KONASBARA) I, 8–16. Retrieved from http://prosiding.arab-um.com/index.php/konasbara/article/view/4

Anggara, D. S., & Saiful, A. (2017). Modul Statistika Pendidikan Program Studi Pendidikan Ekonomi. Tangerang Selatan: UNPAM Press.

Anggraini, S., Siswanto, J., & Sukamto. (2019). Analisis Dampak Pemberian Reward And Punishment Bagi Siswa SD Negeri Kaliwiru Semarang. Mimbar PGSD UNDIKSHA, 7(3), 221–229. https://doi.org/10.23887/JJPGSD.V7I3.19393

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Atqiya, L. (2018). Studi Komparasi Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Mangkang Kulon antara Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dan Siswa yang Tidak Tinggal di Pondok Pesantren Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, N. C., & Aslan. (2015). Psikologi Belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini. Madinah: Jurnal Studi Islam, 2(1), 39–48. Retrieved from https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/madinah/article/view/159

Feby. (2019). Perbedaan Jam Belajar Sekolah di Negara Lain. Retrieved July 4, 2022, from www.gramedia.com website: https://www.google.com/amp/s/www.gramedia.com/literasi/perbedaan-jam-belajar-sekolah-di-negara-lain/amp/

Ferianti, F., & Hamzah, A. (2017). Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Tebak Kata Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Arab di MIN Kemu OKU Selatan. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 134–143. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1647

Firidianti, S. (2017). Studi Komparasi Hasil Belajar Santri yang Menetap di Pesantren dan Santri yang Menetap di Rumah pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Inayatullah Gasing Laut. Skripsi. Palembang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah.

Gani, Y. A., & Wahidah, Y. L. (2019). Penggunaan Metode Ganjaran dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab. Alsina: Journal of Arabic Studies, 1(1), 23–46. https://doi.org/10.21580/alsina.1.1.1459

Hafidhoh, N., & Indramawan, A. (2020). Manajemen Keluarga dan Masyarakat. Jurnal Dinamika Ekonomi Syariah, 7(2), 141–153. https://doi.org/10.53429/jdes.v7i2.92

Halimatuzzahroh, Fahmi, R., & Kusumah, M. W. (2020). Dirasah Muqaranah Baina Manhaj Kitâb Al-Arabiyah Bayna Yadaika Wa Manhaj Kitab Al-Arabiyah Li An-Nâsyîn (Al-Kitâb Al-Awwal Namudzajan). Ukazh: Journal of Arabic Studies, 1(2), 129–143. https://doi.org/doi: 10.37274/ukazh.v1i2.406

Hamdun, D. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Karakter di Sekolah Dasar. Fenomena: Jurnal Penelitian, 8(1), 39–54. https://doi.org/10.21093/fj.v8i1.304

Irham, M., & Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran (2nd ed.). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kemenag RI. (2022). Mengenal Satuan Pendidikan Pesantren: Formal dan Nonformal. Retrieved July 4, 2022, from www.kemenag.go.id website: https://www.kemenag.go.id/read/mengenal-satuan-pendidikan-pesantren-formal-dan-nonformal-doxdv

Keputusan Menteri Agama No. 183. (2019). Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada Madrasah. Jakarta. Retrieved from https://www.mgmpmadrasah.com/2019/08/download-kma-nomor-183-tahun-2019.html?m=1

Krismony, A., Parmiti, & Japa. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(2), 249–257. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i2

Kurniawan. (2018). Perhatian Orang Tua Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab Peserta Didik di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Smart School Makassar. Diwan: Jurnal Bahasa Dan Sastra Arab, 4, 105–122. https://doi.org/10.24252/diwan.v4i2.5616

Lahpai, N. H., & Ye, Y. (2015). A Comparative Study of Students Learning Motivation According to Their Gender and Grade at Laiza High School, Kachin State, Myanmar. Scholar: Human Sciences, 7(1), 70–78. Retrieved from http://www.assumptionjournal.au.edu/index.php/Scholar/article/view/1000

Muslimah, M. (2021). Persepsi Mahasiswa Terhadap Fenomena dan Tantangan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah. 2(1), 1–18. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2547

Na’immatussholilah, Hartatiana, & Sartika, I. D. (2021). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini Kelas Awal. Journal of Education Research, 2(4), 147–150. https://doi.org/10.37985/jer.v2i4.67

Ningtias, M. K., & Sholeh, M. (2013). Perbedaan Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar pada Siswa yang Menggunakan Sistem Boarding School dan Siswa yang Tidak Menggunakan Sistem Boarding School di SMA Muhammadiyah 1 Gresik. E-Journal Unesa, 1(1), 1–7. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inspirasi-manajemen-pendidikan/article/view/6221

Periantalo, J. (2015). Penyusunan Skala Psikologi: Asyik, Mudah & Bermanfaat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Peterria, V., & Suryani, N. (2016). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Cara Belajar, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Mengelola Peralatan. Economic Education Analysis Journal, 5(3), 860–873. Retrieved from http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj

Qibtiyah, L., & Alfinnas, S. (2019). Dafi’iyah Ta’allum al-Lughah al-’Arabiyyah Ladayya Talamiid al-Madrasah ats-Tsanawiyyah al-Hukumiyyah Sumenep wa al-Madrasah ats-Tsanawiyyah Nur al-Islam bi Sumenep. Al-Ta’lim Journal, 26(3), 87–96. https://doi.org/10.15548/jt.v26i1.484

Qomariyah, L. (2017). Tindak Tutur Direktif ( TTD ) Guru dalam Pembelajaran Bahasa Arab. 2(1), 1–18. https://doi.org/10.24865/ajas.v2i1.32

Rosidah. (2018). Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar Melalui Strategi Pembelajaran Aktif Learning by Doing. Qawwam: Journal for Gender Mainstreaming, 12(1), 1–16. https://doi.org/10.20414/qawwam.v12i1.748

Rudini, M., & Agustina, A. (2021). Analisis Motivasi Siswa dalam Mengerjakan Tugas Rumah Di SMA Al- Mannan Tolitoli. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 770–780. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.496

Rusydi, A., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan Teori dan Praktik dalam Pendidikan. Medan: CV. Widya Puspita.

Setiawan, I. (2020). Studi Komparasi Prestasi Belajar Bahasa Arab antara Peserta Didik dengan Motivasi Agama dan Motivasi Karir di Lembaga Kursus Jogja Course Center Yogyakarta. Al-Iman: Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 4(2), 287–307. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/4021

Stapleton, M. (2020). Pendidikan Berbasis Psikologi. Bandung: Nusa Media.

Subekti, M. Y. A. (2015). Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren Anak-anak. Ta’limuna, 4(1), 55–72. https://doi.org/10.32478/ta.v4i1.114

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suyitno. (2022). Penerapan Kompetensi Psikologi Guru dalam Peningkatan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1900

Tamjidnoor. (2012). Konsep Penerapan Aspek Afektif pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam, 2(2). https://doi.org/10.18592/jtipai.v2i2.1875

Umiani. (2021). Faktor Penghambat Pembelajaran Bahasa Arab di MTsN 5 Bireuen. At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 1(1), 142–164. https://doi.org/10.54621/jiat.v7i1.96

Uno, H. . (2010). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Uno, H. . (2016). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan (1st ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Undang Undang Nomor 20 (2003) Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. Retrieved from https://pusdiklat.perpusnas.go.id/regulasi/download/6

Ye, Y. (2016). an Investigation of Chinese New HSK Test Taker’s Learning Motivation in Thailand. ABAC Journal, 36(2), 20–36. Retrieved from http://www.assumptionjournal.au.edu/index.php/abacjournal/article/view/2478

Downloads

Published

2023-01-30

How to Cite

Rochmah, A. H. ., & Dariyadi, M. W. (2023). Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa MI al-Qur’an Singosari: Studi Komparatif Siswa yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan yang Tinggal di Rumah. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 3(1), 34–53. https://doi.org/10.17977/um064v3i12023p34-53

Issue

Section

Articles