Pengembangan E-Modul Bahasa Mandarin Perkenalan Diri sebagai Media Belajar Mandiri untuk Siswa Kelas X IBB SMA Laboratorium UM

Authors

DOI:

https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1428-1441

Keywords:

pengembangan, e-modul, Bahasa Mandarin, belajar mandiri

Abstract

Abstract: This research and development has the aim of developing an e-module for learning Chinese. The developed e-module is adapted from the Chinese syllabus for high school grade 10 KD 3.1, 3.2, 3.3 and uses the general theme, self-introduction. E-modul Perkenalan Diri is expected to help students of high school grade 10 study independently. This research uses the ADDIE development model which the development process has five steps; analyze, design, development, implementation, and evaluation. The type of data in this study is qualitative data and supported by quantitative. The instruments used in this research are daily notes and questionnaires for validators and students. The e-module developed has gone through a validation process carried out by material experts and media experts and has gone through a trial process with class X IBB students from SMA Laboratorium UM as the subject. Based on the results of material validation questionnaires, media validation questionnaires, and student questionnaires, e-modules get a worthy category to be used as independent teaching materials.

Keywords: developing; e-modul; Chinese Language; self learning

Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini memiliki tujuan untuk mengembangkan sebuah e-modul pembelajaran bahasa Mandarin. E-modul yang dikembangkan disesuaikan dengan silabus bahasa Mandarin untuk kelas X SMA KD 3.1, 3.2, 3.3 dan menggunakan tema umum perkenalan diri. E-modul Perkenalan Diri diharapkan dapat membantu siswa kelas X SMA untuk belajar secara mandiri. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dimana proses pengembangannya terdapat lima tahap yaitu tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Jenis data pada penelitian ini adalah data kualitatif yang didukung oleh kuantitatif. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah catatan harian dan angket untuk validator dan siswa. E-modul yang dikembangkan telah melewati proses validasi yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media serta telah melewati proses uji coba dengan subjek siswa kelas X SMA Laboratorium UM. Berdasarkan hasil angket validasi materi, angket validasi media dan angket siswa, e-modul mendapatkan kategori layak untuk digunakan sebagai bahan ajar mandiri.

Kata kunci: pengembangan; e-modul; bahasa Mandarin; belajar mandiri

References

Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak positif dan negatif pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 43–48. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v5i2

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124

Cerelia, J. J., Sitepu, A. A., Azhar, F., Pratiwi, I. R., Almadevi, M., Farras, M. N., . . .Toharudin, T. (2021). Learning loss akibat pembelajaran jarak jauh selama pandemi Covid-19 di Indonesia. Proceedings of Seminar Nasional Statistika X. doi: https://doi.org/10.1234/pns.v10i.91

Hanim, F. (2017). Pengembangan modul ‘我的日子’[wǒ de rìzi]’ Hari-hariku untuk pembelajaran keterampilan menyimak dan berbicara bahasa Mandarin kelas XI SMA (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Hutauruk, A. J. B., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa Pendidikan Matematika: Kajian kualitatif deskriptif. SEPREN: Journal of Mathematics Education and Applied, 2(1), 45–51. doi: https://doi.org/10.36655/sepren.v2i1.364

Huzaimah, P. Z., & Amelia, R. (2021). Hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 533–541. Retrieved from https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/537

Imansari, N., & Sunaryantiningsih, I. (2017). Pengaruh penggunaan e-modul interaktif terhadap hasil belajar mahasiswa pada materi kesehatan dan keselamatan kerja. VOLT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 2(1), 11–16. doi: 10.30870/volt.v2i1.1478

Latifah, N., Ashari, Kurniawan, E. S. (2020). Pengembangan e-Modul Fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. JIPS: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(1), 1–7. doi: https://doi.org/10.37729/jips.v1i1.570

Mardasari, O. R., Ventivani, A. Muyassaroh, L. U., & Padilah, W. R. (2021). Pengembangan e-modul interaktif sejarah kesusastraan Tiongkok sebagai alternatif media pembelajaran daring untuk mendukung kemandirian belajar. Proceedings of Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra (SELASAR) 5, 52–62. Retrieved from http://repository.um.ac.id/id/eprint/1159

Mila, J., Ahdar, A., & Natsir, E. (2021). Problematika guru dan siswa dalam proses pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19 di UPTD SMP Negeri 1 Parepare. AL MA’ARIEF: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya, 3(2), 101–110. doi: https://doi.org/10.35905/almaarief.v3i2.2346

Moleong, L. J. (2014). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ningsih, S. (2020). Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. JINOTEP: Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran, 7(2), 124–132. doi: 10.17977/um031v7i22020p124

Ratnasari, D. (2018). Pengembangan e-modul tata bahasa Mandarin berbasis android untuk belajar mandiri bagi siswa kelas XI IBB SMA Laboratorium Universitas Negeri Malang (Unpublished undergraduate thesis, Universitas Negeri Malang, Malang).

Siregar, S. (2016). Statistika deskriptif untuk penelitian dilengkapi perhitungan manual dan aplikasi SPSS (versi 17). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran daring kombinasi berbasis Whatsapp pada kelas karyawan prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. JANAPATI: Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 8(1), 81–86. doi: 10.23887/janapati.v8i1.17204

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. doi: 10.32585/jkp.v2i2.113

Yin, R. K. (2011). Qualitative research from start to finish. New York City: The Guilford Press.

Yulianti, C., & Gunawan, L. (2014). Mari kita belajar bahasa Mandarin Lai Women Xuexi Hanyu untuk SMA/MA kelas X. Bandung: Acarya Media Utama.

Downloads

Published

2022-11-09

How to Cite

Yasmin, S. N., Ardiyani, D. K. ., & Mardasari, O. R. (2022). Pengembangan E-Modul Bahasa Mandarin Perkenalan Diri sebagai Media Belajar Mandiri untuk Siswa Kelas X IBB SMA Laboratorium UM. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 2(10), 1428–1441. https://doi.org/10.17977/um064v2i102022p1428-1441

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)